Sekolah atau Rumah?

243 19 2
                                    

Gue dan abang gue dulu satu sekolah. Meskipun beda kelas dan beda gedung, tetep aja kita satu sekolah.

Disekolah gue, setiap kelas itu gedungnya dipisah. Kelas 1 digedung A, kelas 2 digedung B, dan kelas 3 di gedung C. Jarak dari gedung satu ke gedung yang lain lumayan deket, tapi butuh banyak tenaga buat menyebranginya.

Waktu itu, gue lagi di lab kimia dan ada praktek bedah hewan. Tiba-tiba ringtone hape gue bunyi tanda telepon masuk. Pas gue angkat, terdengarlah suara dari seberang sana yang sumpah demi apapun bisa bikin telinga pecah. Gak di loudspeaker pun suarana tetep kedengeran jelas banget.

"Victa, bisa kamu keluar sebentar? Suara siapa itu? Mengganggu pendengaran saja." ujar guru kimia gue dengan nada ketus. Gue bungkukin badan trus langsung keluar dari kelas.

"Halo bang? Bisa pelan sedikit? Mr. Rick marah sama gue tadi gara-gara suara lu kayak ibu-ibu pkk." gue nyerocos karena kesel. Temen-temen dikelas ngeliatin gue kayak ngeliat kutu. Tatapan nya seolah mengatakan kalo gue harus dibasmi segera.

"DEK! LO LIAT BUKU PR MATEMATIKA GUE GAK? ADUH MAMPUS GUE KALO TUH BUKU KETINGGALAN DIRUMAH. HARI INI ADA PELAJARAN MRS. SARAH! BISA MAMPUS GUE KALO GAK NGUMPULIN TUGASNYA. DEK, TOLONGIN GUE. GIMANA NIH? GUE BELUM MAU MATI DEK. ADOOOOHHHH, VICTA PLIS BANTUIN GUE. LU TAU KAN MRS. SARAH KAYAK GIMANA? AYOLAH DEK BANTU GUE." bang Vict teriak-teriak kayak orang kesetanan. Ada ya, setan kesetanan?

"Bang, pelan-pelan dong. Gue belum jawab woy. Jangan ngeluh dulu elah." ujar gue ketus.

"Coba lu check tas lu, siapa tau buku pr gue nginep disana. Tas lu kan kayak kantong doraemon, apa aja ada." bang Vict ketawa gila. Gue cuma ngedumel sambil ngambil kunci loker dari saku baju lab gue.

"Bentar ya bang." gue jalan kearah loker tas yang letaknya gak jauh dari lab dan ngambil tas gue.

"Ada dek?" sumpah nih orang kagak sabaran.

"Bentar woy, gue lagi nyari." gue ngobok-ngobok tas gue dan tiba-tiba tatapan gue tertuju pada sebuah buku bersampul kertas berwarna biru laut. Ada stiker yang bertuliskan nama si empunya buku. Victo Dallas.

"Ada bang. Sini dah ambil bukunya." gue ngeluarin buku itu trus nutup tas dan juga loker gue. Tiba-tiba suara abang gue jadi pelan trus ada suara anak-anak bilang, "Good Afternoon, Mrs. Sarah!"

Firasat gue gak enak. Pasti abang gue bersekongkol sama temen sekelasnya supaya gue yang nganterin buku itu ke gedungnya. Kalian gak tau, betapa jauhnya jarak gedung A sama gedung C. Ditambah lagi sekarang jam setengah 12 siang. Matahari lagi semangat-semangatnya bersinar terang.

"Iya bang, gue anter. Gue udah paham kok." gue langsung pasrah trus matiin telpon. Rasanya gue pengen sehari aja terbebas dari abang gue. Sehari aja.

Setelah dapet izin dari Mr. Rick, gue langsung jalan menuju kelas bang Vict yang tepatnya ada di gedung C. Gue jalan sendirian ditengah lapangan. Disengat cahaya matahari. Gue pun bisa buka perusahaan air mineral karena keringet gue udah berhasil bikin sekolahan hampir banjir.

Tiba-tiba, ada cowok nyamperin gue. Kayaknya dia kakak kelas, soalnya dia dateng dari perpus gedung C. Dia nyengir trus ngeliatin gue terus.

"Ngapain dek panas-panas gini ditengah lapangan? Kena hukum guru?" dia ketawa trus ngeliatin gue dari atas sampe bawah.

"Mau jilatin lapangan. Kepo amat sih nanya-nanya." gue jawab ketus trus langsung jalan cepet ke arah gedung C. Kakak kelas itu malah ngetawain gue.

Gue naik tangga dan nyari kelas abang gue. Akhirnya gue liat papan kayu kecil dipinggir pintu yang bertuliskan 'XII-7'. Gue bersyukur trus ngetok pintu kelas itu. Tiba-tiba ada anak cowok bukain pintu kelas. Mukanya datar banget.

"Nyari siapa dek?" dia nanya, tapi nada nya kayak lagi ngomong biasa.

"Kak Victo ada? Mau ngasih buku PR nya." gue pasang tampang muka imut dan polos.

Cowok itu noleh kebelakang trus teriak manggil bang Vict. Yang dipanggil langsung lari kearah pintu trus mukanya langsung sumringah bahagia.

Dia ngambil buku PR nya trus langsung masuk lagi kekelas. Gue cuma berdiri didepan pintu yang perlahan menutup.

Gue nunda pelajaran gue dan rela dimarahin Mr. Rick gara-gara suaranya yang kenceng banget kayak sirine ambulance. Trus gue berjemur ditengah lapangan dan diketawain kakak kelas gila. Gue naik tangga nyari kelasnya pas ketemu gak disambut hangat sama sekali. Dengan polosnya dia ambil bukunya trus ngilang gitu aja.

Rasanya itu sakit banget. Pengen banget gue tarik bang Vict, gue seret trus gue lempar dari lantai 2. Trus bikin dia ngerasain panasnya berjemur dilapangan. Tapi apa daya, dikelasnya ada Mrs. Sarah yang seremnya ampun-ampunan. Gue cuma bisa diem aja kayak orang tolol.

Gue balik kekelas dan dapet salam dari Mr. Rick yang katanya nunggu gue diruangannya buat bedah kodok disana. Gue rasanya mau ngilang aja dari dunia ini supaya gak diganggu lagi sama bang Vict.

Tuhan, apa salah Victa? Menderita amat hidup yang Victa jalanin. Hikz.

----------

Mari kita bersama-sama menundukkan kepala dan berdoa buat sahabat kita Victa.
Sabar ya nak, Tuhan kan berikan jajanan gopean.

Jangan lupa Vote dan Comment~

My Stupid BrotherTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang