6. Penting banget gitu?

24.6K 1.6K 23
                                    

Pas jam istirahat, gue milih duduk dibawah pohon sambil belajar emteka sekalian merhatiin Davo yang lagi maen basket dilapangan sana. Gue pake headset dengerin musik untuk tetap fokusin konsentrasi gue daripada ngedenger suara teriakan cewek-cewek yang lagi sorakin cowok-cowok ganteng lagi main basket.

Gue berkeluh kesah mandangin rumus matriks. Gerr. Ribet banget sih, pusing nih otak gue. Salah satu pokok bahasan yang bikin gue harus mutar otak. Nggak susah sih, Cuma rada bingung aja mana yang harus dikalikan juga mana yang musti dinambahin.

Gue dongak mandangin Davo. Tuh cowok lagi asyiknya maen basket. Nggak mikirin gue yang lagi merana disini. Gue butuh elo, Vo. Cuma elo satu-satunya yang gue harapin buat ngajarin gue emteka juga nerima cinta gue. Yaelah, kenapa otak gue koslet gini sih. Perasaan sebelumnya gue nggak se-belingsatan kayak gini deh sama cowok yang gue suka. Bikin gue hela napas.

"Woi. Ngapain elo lesehan dibawah pohon kayak gini?" suara cowok yang ikutan duduk disebelah gue bikin gue nengok.

Gue melengos gitu ngeliat Raka. Gebetan gue sebelum Davo. Kelas sebelah, sebelahnya lagi. Bukan cowok populer kayak Davo tapi lumayan cogan. Orangnya baik juga asik. Itu yang bikin gue suka sama dia dulu. Tapi pas gue mutusin buat move on, gue malah jadi nggak suka kalau dia deket-deket gue. itu sih yang gue lakuin ke mantan-mantan gebetan gue. kayak cewek-cewek lainnya ngelakuin hal yang sama ke mantan pacarnya. Cuma kasusnya beda. Gue suka, pendam dalam hati. Gitu gue ngerasa udah nggak nyaman sama perasaan kayak gini. Gue mutusin move on, nelangsa sendiri deh gue. Padahal si cowoknya sama sekali nggak nyadar sama apa yang gue rasain. Gue aneh? Emang.

"Lo nggak liat, gue lagi belajar?" jawab gue balik nanya. Sebelumnya gue udah matiin musik jadinya gue bisa ngedenger Raka ngomong apaan.

"Gitu ya. Gue kirain elo lagi perhatiin mereka" jelasnya sambil nunjuk kearah yang dia maksud pake tatapan.

Gue ikutan noleh. Tepat. Gue emang lagi perhatiin mereka. Lebih ke Davo tepatnya. Tapi nggak mungkin gue harus ngaku sedetil itu.

"Ngapain coba gue merhatiin mereka? Mending gue belajar" elak gue. nih cowok kepo banget deh.

Raka ngangkat bahu "Ya gue nebak doang."

"Sok tau deh lo, Ka" cibir gue lalu kembali fokus sama emteka.

"Gue emang sok tau" sahutnya.

Gue mendelik ke Raka "Omongan lo nggak penting banget deh. Udah pergi aja sana. Nggak usah ganggu gue" usir gue sambil ngibasin tangan kayak ngusir serangga.

"Iya, iya. Gue pergi. Sensi banget sih" Raka berdiri lalu pergi nggak tau kemana. Gue mendengus pelan.

Ya. Gue emang rada sensi. Sori ya Ka, lo jadi korban perasaan gue. seandainya gue nggak suka sama lo dulu. Mungkin sekarang gue bakal senyumin lo kayak gue senyumin Davo. Ah, gue emang aneh.

Bel masuk berbunyi. Bikin gue buru-buru beresin perlengkapan gitu ngeliat anak-anak udah berlarian masuk ke kelas. Biasa. Penghuni sekolah ini emang segitunya, kayak ngedenger alarm kebakaran.

"aw" desis gue gitu nabrak seseorang pas gue balik badan. Gue dongak dan langsung melongo. Dia Davo. Masih lengkap sama baju basketnya. Gue nengok kelapangan, kosong.

Gue balik natap Dia lagi. Nyipitin mata. "Elo mau nagih duit yang gue pinjam itu ya?" Tanya gue. Yakali. Emang ngapain coba Davo ngebuang waktu Cuma pengen ngomong gak penting buat dia?

Davo mutar mata. "Bentar pulang sekolah. Gue ngajarin elo emteka" jawabnya gak sesuai isi pertanyaan gue dan langsung ngilang gitu aja.

Gue garuk-garuk kepala. Tadi Davo ngomongin apaan ya? Kalau nggak salah sih tadi dia pengen ngajarin gue emteka. Hah? Serius itu tadi yang gue dengar? Senyum gue ngembang gitu nyadar. Yes. Gue bakal diajarin sama Davo, Tapi kenapa tuh cowok tiba-tiba mau-mau aja ya?

**

"Dengar. Gue ngajarin elo karena tadi gue ditegur Bu Lila. Pasti elo yang ngelaporin gue. Iya kan?" Davo mandangin gue tajam bikin gue nelan ludah. Dikit deg-degan juga.

Pulang sekolah gue langsung semangat nungguin davo didepan kelas. Gitu sekarang kita berdua udah duduk berhadapan, gue udah dituduh macam-macam. Elah, emang sih. Gue ngelapor ke Bu Lila kalau Davo nggak bisa ngajarin gue. Ya, gue bilang juga nggak apa-apa. Gue bisa belajar sendiri. Nggak taunya Bu Lila nggak terima. Dan nggak taunya juga Davo bakal ditegur.

"Iya sih. Soalnya Bu Lila nanya ke gue udah sejauh mana elo ngajarin gue -gue jawab aja belom sejauh yang ditargetin. Elo ngajarin gue aja nggak mau. Tapi gue bilangnya lo nggak bisa karena satu dan lain hal. Tapi ternyata Bu Lila negur lo" jelas gue.

Davo mendengus kasar. Makin cakep aja. "Lain kali bilang aja gue udah ngajarin lo"

Yee. Gue pengen kali elo ngajarin beneran. Gue kan pengen ngeliat elo terus juga deket-deket sama lo. Nggak tau apa gue benar-benar berharap. Please bantu wujud-tin impian gue, Vo.

"Bisa aja sih. Tapi kalau akhirnya nilai gue bakal tetap sama. Pasti Bu Lila curigalah" jawab gue.

"Lo begonya se-gimana sih? Ya. Belajar kalau mau nilai lo naik" ucapnya jengkel.

Gue sakit. Sakit hati. Tega banget sih Davo ngatain gue bego. Padahal momen kayak gini nih yang gue tunggu. Dengerin Davo banyak ngomong. Elah. Marah-marah mulu dari tadi. Ngatain lagi.

"Bisa nggak, elo jalani tugas elo aja yang diperintahin Bu Lila buat ngajar gue? Nggak usah pake ngatain gue bego" balas gue gak terima. Gue segera keluarin buku emteka. Ngebuka dengan lumayan kasar kayak tiap lembaran. Masa bodoh. Gue lagi badmood.

"Kalau lo nggak bego, ngapain juga butuh bantuin gue buat ngajarin lo?"

Gue nutup buku dengan kasar. Dongakin kepala, mandangin Davo datar. Gue udah nggak tahan.

"Cukup. Gue emang nggak sepintar elo. Tapi gue nggak bego. Satu lagi. Nyesal banget gue udah nganggap elo cowok yang care. Nyatanya semua cowok populer sama aja. Jutek, ngeselin. Juga suka ngerendahin orang lain. Ma-ka-sih, udah luangin waktu berharga elo Cuma buat ngatain gue." ucap gue nahan kesal langsung ngacir keluar kelas. Nyeret tas gue.

Gue hentakin kaki. Kenapa sih Davo gitu banget. Gue berharap terus, gitu dikasih kesempatan. Dia malah ngebikin gue ilfeel. Ah, gue rada nyesal suka sama elo, Vo. Tapi gue sama sekali ngga bisa benci elo. Hati gue belum siap mutusin untuk move on (lagi). Ya. Karena gue masih berharap elo mau 'ngeliat' gue.

Gue nengok ke belakang. Davo nggak ngejar gue. Penting banget gitu? Emang gue berharap kayak gimana sih. 'Maafin gue.' 'sorry tadi gue nggak sengaja ngomong gitu' 'Gue becanda, hehe' heuh. Otak gue masih juga mikir kayak gitu. Please deh. Stop ngayal yang nggak mungkin.[]

LoviceTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang