10. Lo gak kepikiran buat batalin kan?

23.1K 1.5K 21
                                    

Ada yang manggil-manggil nama gue. Tanpa mengalihkan mata gue yang lagi fokus sama bola basket yang gue pantulin ke badan ring pun gue udah tau siapa.

"DAVO" teriakannya kali ini bikin gue langsung pantulin bola basket ke tanah lalu jalan ke sisi lapangan.

Gue masang tampang datar. Ngadepin cewek didepan gue yang lagi nyengir tanpa dosa.

"Sori, Vo. Kelas gue baru kelar" jelasnya seakan tau apa yang emang harus dia omongin.

Gue bersedekap.

"Telat lima belas menit. No need any reasons" tegas gue sambil ngambil tas yang sengaja gue taruh di bangku yang letaknya disisi lapangan.

Jalan ngelewatin tuh cewek yang masih diam mandangin gue dengan matanya yang dibulatin.

Sesuai omongan yang gue lontarin kemarin, sehabis pulang sekolah gue nungguin dia buat ngajarin dia emteka.

Sebenarnya gue malas banget nyempatin waktu berharga gue buat 'ngajar' cewek itu. Kurang kerjaan emang Bu Lila, ngasih gue tugas gak penting kayak gini. Guru-guru yang ampe bejamuran bertebaran disekolah ini mau dikemanain kalau ngasih materi tambahan untuk satu cewek ini aja harus gue?

Emang. Gue udah fix gak niat buat ngeladenin nih cewek, tapi kasian juga kata gue. cewek kayak dia perlu di reparasi biar gak malu-maluin akreditas sekolah ini saat kelulusan nanti. Setidaknya gue bisa bikin dia pintaran dikit.

"Vo, Lo gak kepikiran buat batalin kan?" ternyata dia udah nyadar dan ngejar gue. nampakin tampang innocentnya. Bikin gue hampir ayunin tangan gue ke pipinya. Pengen nyubit. Tapi gue bukan tipe cowok sefrontal itu. Sori aja.

"Gue gak bilang batal" jawab gue.

Dari ekor mata, gue bisa ngeliat Dia senyum lebar. Gue hela napas. Gue harus bisa ngadepin nih cewek.

**

"Kalo elo mau ngebedain gimana itu transpos matriks, lo bisa ngeliat dari perubahan elemennya yang semula baris dijadiin kolom gitu juga sebaliknya. Liat nih, kalo misalnya nama matriks elo simbolin pake huruf A, berarti bisa lo notasikan transpos dari A yaitu A dipangkatin t, ngerti gak?" Tanya gue diakhir penjelasan.

Gue mutusin ngajarin dia dikelasnya, sama kayak waktu itu, Cuma batal karena tuh cewek langsung ngacir gitu gue ngatain dia bego. Sensi banget jadi cewek, niat gue iseng doang padahal.

Tuh cewek masih juga nampakin wajah sok berpikir keras sambil fokusin matanya ke materi yang gue terangkan tadi.

"Gimana? Ngerti kan lo?" Tanya gue lagi dengan dikit nampakin raut gak sabar.

Dia ngalihin matanya kini natap ke gue kemudian ngangguk pelan.

"Gue ngerti sih, lumayan" jawabnya ragu.

Gue hampir aja keselek permen yang sedang gue emut pas ngedenger jawabannya itu.

"Eh, gue gak mau tau. Pokoknya lo harus benar-benar ngerti. Kalau masih gak ngerti, Tanya aja sama guru emteka" tegas gue setelah meneguk air mineral disamping gue. kerongkongan gue perlu dinetralin buat ngebentak ini cewek.

Gila aja. Gue udah jelasin sebanyak tadi dan susah payah gue lambatin demi ngikutin daya tangkap otak nih cewek. Well, sebenarnya gue gak tau nih cewek cepet atau gak nangkap pelajaran, jadinya gue jelasin step by step biar dia gak minta gue buat ngulangin. Walaupun diminta gue juga malas ngikutin maunya dia.

Dia malah gelengin kepalanya kuat-kuat.

"Gue gak mau. Bu Nora nyeremin. Iya deh, gue ngertiin aja apa yang lo jelasin tadi. Ntar gue mantepin lagi di rumah" ucapnya sambil ngambil sepotong gorengan yang tadi dibelinya dikantin sebelum nyusul gue kesini.

Gue Cuma mandangin dia dengan dahi mengernyit. Nih cewek santai amat ngomong gitu? Niat belajar gak sih? Belum tentu yang gue jelasin tadi dia ngerti kan?

"Kenapa Vo? Lo mau? Nih" tawarnya gitu nyadar gue lagi mandangin dia. Piring berisi gorengan dia sodorin ke hadapan gue.

"Gue gak minat" tolak gue ketus. Beresin segala perlengkapan yang gue punya diatas meja.

Emang tampang gue kayak lagi pengen gorengan apa? Dasar cewek aneh.

"Loh, Udah mau balik, Vo?" Tanyanya dengan masang tampang gak rela.

Gue naikin sebelah alis ngeliat tingkah anehnya.

"Gue udah ngabisin setengah jam buat ngajar lo, masih belum cukup?" ucap gue lebih ke nyatain daripada nanya.

Dia diem. Mikir sesuatu. Gak nyadar sama bibirnya yang kinclong sama minyak gorengan.

Gue mutar mata, ngerogoh sesuatu didalam tas gue. Keluarin sebungkus kecil tisu. Gue sodorin ke mukanya bikin dia natap tisu yang ditangan gue sama muka gue bergantian.

"Bibir lo udah kayak kecelup minyak goreng sebelanga. Nih, lap tuh bibir" Gue goyangin tisu ditangan gue karena dia masih juga bengong.

Gak lama, tisu ditangan gue berpindah ke tangannya. Mukanya memerah sambil ngelap bibirnya sendiri. Gue tersenyum kecil ngeliat masih ada cewek yang unik kayak dia. Gitu aja malu.

"Gue duluan. Ntar kalo elo gak ngerti masih bisa nanya sama gue" ucap gue akhirnya gitu udah bersiap ngacir pulang kerumah.

Dia ngangguk-ngangguk sebelum potongan gorengan yang baru akan masuk kemulutnya.

"Iya, Vo. Makasih ya."

Gue cuma bergumam kecil sebelum ngelangkahin kaki keluar kelas. Tapi ada sesuatu dibenak gue bikin gue balik lagi jalan ke tuh cewek yang masih asik mencomot gorengan. Dia bulatin mata dengan pandangan bertanya ngeliat gue.

"Siniin hape lo" perintah gue sambil julurin telapak tangan.

Gak pake hitungan, dia udah naruh hapenya ditangan gue.

Gue ngetik pin BBM gue lalu balikin lagi ke dia.

"Invite gue. Ntar lo bisa hubungi gue lewat BBM aja" ucap gue yang dianggukinya dengan mata dibulatin. Gue langsung balik badan keluar kelas.

Gue tau dia udah ngendarain motornya jadi gue gak perlu nawarin dia buat pulang bareng. Kayak yang kemaren-kemaren gue lakuin. Gak sengaja sih ketemu dia. Dan gue kasian sama tampangnya yang innocent itu.

Notif BBM gue bunyi gitu gue sampe di parkiran. Gue senyum lagi ngeliat dia udah invite gue. Dahi gue dikit ngernyit ngeliat PPnya. Dia lagi sama satu cowok. Dikit mesra menurut gue. Tapi akhirnya gue ngangkat bahu gak peduli. Bukan urusan gue.[]

LoviceTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang