Shi DKK

189 15 2
                                    

-Sekolah-

Shi ke ruang guru dulu mau izinin Zhao. "Itu adek kamu baru kelas sepuluh kok udah songong. Kakaknya anak osis, adeknya songong. Kamu ngajarin yang gak bener ya sama adek kamu?" Sun Jian yang jadi guru sejarah plus walasnya Zhao ngomong.

Shi kicep, "Kagak Pak. Saya ngajarin yang baik-baik. Emang dia songong, Pak?"

"Iya. Masa ya, kemaren dia jambakkin rambut cewek."

"Waduh. Kok gitu, pak?"

"Mereka berantem, main jambak-jambakan udah kayak bocah. Ya udah, gih kamu masuk. Ntar telat."

"Iya Pak, saya permisi." Shi keluar ruang guru. Tapi tengah jalan dia ketemu Cao Pi lagi jongkok depan kelas. "Pi! Ngapain lu?" Shi nanya.

Pi ngeliat Shi, "Lu tau nggak sih? Motor gua disita bokap."

"Lah, napa disita dah?"

"Ketawan pulang malem abis dari rumah Zhao Yun, terus ya gitu bokap marah."

"Terus tadi lo naik apa?"

"Gua dianter Om gua. Pokoknya kalo gua gak pulang sama om gua, motor gua disita sebulan."

"Buset babelu ngeri juga. Emang lu pulang jam berapa?"

"Jam 3. Emang malem banget, tapi ya gak usah sita motor juga."

"Lagian nekat lu pulang jam 3, ngapain aja lo sama Zhao Yun?"

"Maen bola doang di PS."

"Yaudah, ayo masuk kelas."

Shi ngajak Cao Pi masuk. Karena mereka sekelas dan sebangku, jadi gak aneh ngeliat mereka deket kayak maho. "Mana si Zhao?" Pi nanya.

Shi garuk pala, "Dia mencret gara-gara gagal debus.

"Lah kok bisa?"

"Dia sok-sokan makan balsemnya babe gua. Terus gagal deh, ya udah mencret. Untung aja babe gua gak tau kalo balsemnya dimakan Zhao."

"Kalo tau gimana?"

"Jangan tanya dah. Waktu itu aja gua jual cincin kawinnya, gua digaplokin bolak-balik."

"Cincin kawin lu jual? Bego lu!" Cao Pi napsu. "Terus cincin kawinnya gimana?"

"Ya, gua ambil lagi diem-diem. Untung yang jual kagak liat." Shi garuk pala. "Terus pas babe gua liat tuh cincin lagi, dia langsung beliin gua motor."

"Kalo waktu itu gua pernah, ngilangin motor babe gua. Gua dijambakin ampe rontok. Gara-gara itu sekarang gua potong rambut."

"Lagi kok bisa motor ilang?"

"Gua parkir di depan rumahnya Jiang Wei, terus ada pengemis lewat, gara-gara gua gak punya duit, gua kasih tuh motor."

"Buset! Itumah bukan ngilangin!" Shi melotot. "Gua tau niatlu baik, tapi men, ngasih motor..." Tiba-tiba Zuo Ci masuk. Kan dia walasnya Shi sama Pi.

"Yak, gak usah baca doa, langsung aja bapak keluar." Karena dia males jadi walas, dia langsung keluar.

Pulang sekolah, Shi sama Cao Pi janjian mau pulang bareng. Gara-gara rumahnya cuma beda RT, jadi mereka pulang bareng. "Gua mau ke bu Zhurong dulu, si mak minta capcay."

"Ah gak papa. Gua juga bisa bungkusin kangkung buat babe." Cao Pi bilang. Dia barusan ijin ama babenya kalo dia pulang bareng Shi. Dan alhamdulillah dibolehin.

"Lu berasa nyogok babelu dah." Shi ngomong ngasal. Dia ngambil motornya terus ngeboncengin Cao Pi. Tapi tiba-tiba Jia Chong datengin mereka bawa motor. "Pi, Shi, mau pulang?" Suaranya yang kayak om-om ngagetin mereka.

"Eh Chong. Gue mau ke warung bu Zhurong dulu. Ada pesenan dari nyokap. Kenapa? Mau ikutan?"

"Di bu Zhurong ada saksang, gak? Ngidam berat nih gua."

"Wah kalo itu ada di laponya om gue!" Tiba-tiba Cao Pi nyaut. Jia Chong girang.

"Dimana tuh laponya omlu? Enak gak?"

"Ada di deket rumah gue. Belom pernah nyoba, sih. Tapi menurut penduduk sekitar, rasanya top bener."

"Kalo gitu gua ikut." Jia Chong ikut konvoi. Mereka nyampe di warung bu Zhurong. "Bu, beli capcay dong. Yang biasa buat bu Sima, yak!"

Si ibu langsung girang. "Kamu anaknya bu Sima? Iiiih cakep ye! Ibu gratisin fuyung hai deh!"

"Ah, gak usah repot bu."

"Udah! Ibu gratisin fuyung hai sama ayam!" Terus bu Zhurong langsung masak. Jia Chong turun dari motor. Cao Pi yang tadi abis ngecek ban motor Jia Chong langsung deketin Shi. "Udah pesen?" Pi nanya sante.

Shi ngangguk. "Lu pesen, gih."

"Kagak jadi dah. Babe gua pegi. Sisa om gua aja ndiri di rumah."

"Lah, bawain sesuatu lah."

"Dia udah makan biasanya. Ntar juga kalo dia laper jalan ama gua."

"Oh, kalo lu Chong? Gak bawain sesuatu buat babelu?"

"Nanti gue mau beli saksang aja."

"Ya udah. Sori yak jadi nunggu."

"Santai aja bro." Akhirnya mereka bertiga nunggu masakannya jadi. Pas udah jadi, Shi bayar, terus langsung ngabur ke rumah Shi.

-Rumah Shi-

"Pi, yakin gak mau gua anter pulang?" Shi nanya muka sok prihatin.

"Gak usah. Gua jalan kaki aja dari sini."

"Lah lu gimane, katanya lu mau nunjukin lapo pamanlu." Jia Chong nyaut. Pi jawab, "Oh iya. Noh, gua bareng Jia Chong aja."

Lagi nego asik-asik, Zhang Cunhua keluar. Mukanya girang. "Eeh! Ada Cao Pi! Mau main?"

"Eh, nggak tante. Tadi dianter sama Shi. Nih, mau jalan lagi sama Jia Chong."

"Udah makan belom? Ayok makan!" Chunhua narik Cao Pi masuk. Liat gituan, Shi liatin Jia Chong. "Udah Chong, makan dulu di tempat gua."

"Waduh, jadi gak enak gua."

"Udeh, sekalian maen. Yuk." Shi ngedorong Jia Chong masuk. Di dalem udah ada Zhao lagi maenan golok. "Eh kakak udah pulang. Wah ada mas Jia Chong! Tumben main ke sini!"

Jia Chong nyengir. "Abis dipaksa kakakmu, sih."

Shi kaget. "Dih, sejak kapan lu bedua akrab dah? Kagak pernah tau gua."

"Mas Chong tuh kakak klub debus di sekolah."

"Emang ada klub kayak gitu di sekolah? Gua osis tapi gak pernah tau ada klub begituan."

"Terselubung, kak." Zhao bediri terus ngerangkul Chong. "Mas, kemaren mas waktu tanding lawan Deng Ai ngapain? Kok bisa menang?"

"Aku? Aku ngunyah kapak, Zhao."

"Waah...Mas udah bisa debus mulut? Aku lagi latihan nih. Kemaren makan balsem eh gagal. Diare deh."

"Kamu coba makan plastik dulu aja. Kalo udah jago makan plastik, baru naik level ke beling. Kalo udah beling, baru nanti naik ke logam."

"Gitu, Mas? Plastik tuh plastik bungkusan?"

"Bukan. Plastik kayak buat piring."

"Oooh! Piring plastik? Oke! Nanti kucoba deh!" Zhao ngabur. Shi deketin Chong. "Lu serius ada klub kayak gituan di sekolah?"

"Ada. Lebih tepatnya komunitas aja sih. Berbagi trik-trik debus, tukeran jin, atau main debus bareng, ya komunitas lah. Tempat ngobrol." Chong jawab. mukanya datar.

"Terus adek gua ikutan?"

"Iya. Dia paling jago loh kalo debus fisik. Kayak nyolok jarum ke kulit, atau ngasah piso, dia paling jago."

Denget gituan Shi geleng-geleng, "Ada ye hobi kayak gitu. Biasanya ngambil jin dari mana?"

"Kalo lo pengen ya ntar juga dateng ndiri."

"Oh gitu. Kalo jin bikin pinter ada gak?"

"Kalo itu gue belom tau. Yang jelas, kalo jin debus, dia bakal dateng sendiri." Jia Chong jawab nyante aja. Padahal gua tau, dia ngajarin Shi hal yang kagak beres.

Sima Family: Antara Ibu, Bapak, dan Anak-anakTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang