-Kelas-
Ceritanya Guan Xing sebangku ama Jia Chong. Dia dari pagi ampe istirahat bikin laporan kegiatan Jia Chong buat diterbitin di JCFC.
"Chong, gua denger kemaren pas ultah yayasannya bapaknya Liu Shan, lu lomba debus kalah yak?" Xing nanya sambil diem-diem motretin Jia Chong yang melototin jendela. Si Jia Chong duduknya di samping jendela, katanya biar iteman dikit, biar dipoto mukanya jelas.
"Iya nih."
"Kok bisa? Lu kan jago."
"Ada mamang-mamang namanya Wei Yan, dia yang jadi juara satu."
"Emang dia hebat?"
Jia Chong ngangguk. "Debus mulut ama bodinya udah tingkat dewa. Awalnya dia gerogotin batako terus dia minum cat plitur. Baru endingnya dia nyebur ke truk molen."
"Buset! Truk molennya nyala?"
"Bukan nyala lagi. Sisa batako yang dia makan dia cemplungin ke situ. Jadi dia digiling barengan ama batako ampe batakonya alus."
"Dianya kagak kenapa-napa?"
"Kaga. Jinnya kuat banget soalnya dia pake tiap hari. Gua denger dari Cao Pi, dia kuli langganan bapaknya. Kalo bikin rumah dari nol, sehari jadi. Makanya tiap tahun rumahnya Cao Pi kan modelannya lain-lain. Nah, itu pake dia."
"Anjir, sakti."
Pas lagi enak-enak ngobrol, Pak Lu Bu, wali kelasnya mereka masuk bawa gebukan punggung. Seisi kelas langsung kicep.
"Yak, ikrar dah." Pak Lu Bu duduk di meja guru. Matanya jelalatan ngeliatin anak pada ikrar. "Bentar, lu yang duduk di deket jendela perasaan mulutnya gak gerak."
Semua anak yang duduk di deket jendela langung gedein suara kayak bocah nyautin amin pas taraweh. Pak Lu Bu matanya tajem ke arah Guan Xing. Xing mau gak mau ikrarnya teriak. Sujud sukur ikrarnya udah selese, tapi masih ada tadarus.
"Lu yang tadi ikrar mulutnya mingkem, mimpin tadarus." Mampus, si Xing ditunjuk pake gebukan punggung. Dia sambil gemeteran, bediri mimpin tadarus.
"Bismillahirrohmanirrohim..." Guan Xing mimpin tadarus. Dia baca ampe satu ain tapi pak Lu Bu masih terus baca. Mampus dah, tadarusnya lama banget. Si Guan Xing makin gemeteran. Sebenernya dia gemeter bukan gegara takut ama Pak Lu Bu, tapi gegara dia nahan boker.
BREEEK!
Seisi kelas tiba-tiba diem. Semuanya ngeliatin Guan Xing. Dia bener-bener sekuat tenaga nahan boker tapi malah jadi kentut.
"Wah Pak, celana saya robek." Xing kipak. Semuanya pada gak ketawa, pada nahan, soalnya kalo ketawa takut ama Pak Lu Bu. Tapi gegara itu, alhamdulillah tadarusnya selesai.
Guan Xing duduk lagi. Jia Chong ngeliatin dia, mukanya datar. "Lu ngapain sih ampe celanalu robek?" Chong nanya bisik-bisik.
Xing gosok-gosok paha. "Anjir gila kaki gua gemeter ampe lemes. Nahan split gua."
Siangnya, pas istirahat, Jia Chong, Guan Xing, Sima Shi, sama Cao Pi makan berempat di kantin. Mereka nyobain nasi ayam sambel gledek yang baru buka.
"Wah jir, tadi Pak Lu Bu nyuruh gua mimpin tadarus. Lama banget buset gua ampe gemeteran." Xing ngomong. Cao Pi sama Sima Shi ngakak.
"Lu pasti ikrarnya lip sync." Cao Pi ngomong sambil gerogotin kulit ayam gledek.
"Iyak. Tapi gitu-gitu dia tau jir."
"Enak kelas kita dong! Bapaknya baru masuk langsung keluar. Katanya males."
"Enak lagi kelasnya adek gua. Bapaknya gak pernah masuk dong. Katanya pake jin, cuma ngeliatin lewat batu." Shi nyaut. Bikin si Cao Pi inget.
KAMU SEDANG MEMBACA
Sima Family: Antara Ibu, Bapak, dan Anak-anak
HumorLu baca aja dah. Tentang kehidupan sehari-hari keluarga Sima, tapi di dunia modern. Bapaknya pasrah, ibunya galak, anak-anaknya ambisius dan tukang debus.