-Rumah Sima-
Ibu sama bapaknya lagi nonton tipi sambil makan rengginang yang ada di kaleng Monde bekas jaman lebaran yang udah melempem. Tapi bodo amat, semoga kagak keracunan. Mereka berdua nonton DW Academy, acara dangdut gitu. Pas lagi enak-enak nonton, bel rumah bunyi.
"Shi! Tolong bukain!" Ibunya teriak gegara ngidol DW Academy. Shi yang lagi ngelapin kulkas nurut. Dia buka pintu.
Pas dibuka ternyata Bli Gan Ning, tukang nganter paket. Dia ngasih Shi kerdus gede. "Tumben gua liat lu." Bli Gan Ning basa-basi. Shi senyum doang. "Lu kagak sekolah?"
"Hari Sabtu libur kali Bli." Shi jawab sambil nerima si paket ama tanda tangan.
"Oh, gua kira sekolah. Gimana, gua denger lu debus?"
"Bukan gua, Zhao yang debus."
"Ooh...yaudah dah." Bli Gan Ningnya ngangguk-ngangguk sambil senyum. Gegara awkward dan dia harus nganter paket lagi, jadi dia dadah-dadahan.
Kembali ke Shi, ternyata itu paket buat bapaknya. "Apaan nih? 11 in 1?" Shi jalan mau ngasih kerdus ke bapaknya. Ternyata bapaknya beli alat pijet lumba-lumba 11 in 1.
"Wah alat pijet bapak udah dateng!" Bapaknya, Sima Yi girang. "Kemaren lagi diskon nih 70%."
"Barang bekas gak tuh?" Shi nanya kagak yakin. Kan biasanya orangtua gampang diboongin iklan.
"Nggak, ini baru. Bapak beli langsung dari toko resmi."
"Lagian fungsinya apaan aja dah 11 in 1?"
"Banyak. Pijet pala, pijet muka, refleksi, shiatsu-"
"SST! Diem! Kang Zhou Yu mau manggung!" Tiba-tiba ibunya ngamuk. Dia udah semingguan ngidol Zhou Yu yang masuk final. "Pak! Pak! Liat sini pak! Kang Zhou Yu mau nyanyi Bom Nuklir!"
"Yaelah, nyanyi Bom Nuklir doang."
"Ih! Cakep dia! Pokoknya pada diem ya!" Gegara takut diamukin ama si ibu, Sima Yi duduk nonton DW Academy lagi. Terus si Shi balik ngelapin kulkas.
"Awalnya saya nyanyi keliling. Pake gerobak. Pernah juga saya masuk orkes, tapi disuruh nyanyi bawa uler sanca. Tiga tahun saya hampir keracunan uler sanca, akhirnya, saya coba masuk DW Academy. Alhamdulillah, saya sekarang masuk final. Terima kasih DW Academy dan seluruh fans saya. Dukung terus saya, ya!"
"Tuh Shi, coba bayangin! Awalnya dia dangdut keliling, sekarang dia finalis DW Academy! Hebat banget kan dia! Kamu harusnya bersyukur punya bapak, punya ibu. Hidupnya enak. Dia tidur di kolong jembatan!" Abis si Zhou Yu selese nyanyi, ibunya ngomong komparatif. Shi yang abis ngelapin kulkas cuci tangan.
"Iya dah bu."
"Kang Zhou Yu itu sekarang tinggalnya di sono, Bojong Chibi, deket rumahnya Pak Liu Bei. Bapak pernah lewat, kecil gitu satu petak. Depannya banyak karangan bunga ama bendera kuning ampe ke jalan-jalan." Bapaknya nyaut. "Bapak kirain kan orang meninggal, pas dibaca bekas acara selametan dia masuk final."
"Serius di Bojong Chibi? Deket dong. Sekali-kali ibu mau mampir dong!"
"Ngapain sih bu? Orang gak kenal juga. Kalo mau nonton live, minggu depan dia manggung di rumahnya Liu Bei. Oh ya, bakal ada lomba debus, kamu gak kasih tau Jia Chong, Shi?"
Shi nengok ke bapaknya. "Kapan pak?"
"Minggu depan. Kan yayasannya pak Liu Bei ulang tahun, nah bikin pesta rakyat. Bakal ada lomba-lomba kan. Salah satunya debus. Si Zhao ditawarin gak mau, katanya malu."
KAMU SEDANG MEMBACA
Sima Family: Antara Ibu, Bapak, dan Anak-anak
HumorLu baca aja dah. Tentang kehidupan sehari-hari keluarga Sima, tapi di dunia modern. Bapaknya pasrah, ibunya galak, anak-anaknya ambisius dan tukang debus.