Hajatan

88 9 0
                                    

-Rumah Sima-

Shi sama Zhao jaga rumah. Bapak-ibunya pergi kondangan. Mereka nonton acara masaknya Huang Gai di tipi.

"Kak lu laper gak?"

"Laper gua. Di kulkas ada apaan?"

Zhao buka kulkas. Isinya cuma aer. "Aer doang. Lu mau beli mak Zhurong?"

"Bosen gua. Lagipula gua kagak ada duit. Lu?"

"Yah, gua juga."

Denger Zhao, Shi langsung panik. Mukanya pucet. "Ibu ngasih kita duit gak?"

"Kagak tau, gua bangun udah gak ada ibu." Adeknya jawab nyante. Kakaknya makin paknik.

"Coba telepon ibu atau bapak."

"HP ibu gak nyala. Pas nelepon bapak, gua lupa bapak gaptek."

"Yaelah, coba lu cari di kendi kek, dimana kek, siapa tau ibu naro duit sebelom pegi." Cuma bisa disuruh, Zhao kesel.

"Lu ikut bantu nyari dong kak!" Nyadar dia dzalim, Shi akhirnya bantuin Zhao nyari duit.

"Gua nemu nih!" Nemu titik terang, Shi nemu duit di altar. Ngeliat gitu, adeknya mikir.

"Itu bukannya sajen yak?"

"Kita pake aja." kakaknya jawab kurang ajar.

"Jangan, gila kali lu kak! Ntar gua kena karma. Dikutuk buyut!" Si adek ngerengek. Kakaknya diem aja, mikir.

"Yaudah, kalo gitu ngutang dulu di mak Zhurong kali ya?"

"Yah, masa ngutang? Gak enak ah." Pas lagi panik, tiba-tiba HP Zhao bunyi. Dapet sms dari Liu Shan.

Hadirilah sunatan masal hari ini pukul 12.00! Gratis!

[Khusus untuk tamu VIP, anak yatim, duafa, dan fakir miskin]

Akan ada acara menarik:

- Sunatan Masal

- Dangdut koplo karawang

- Nasi box

- Snack

- Doorprize menarik

Alamat: Rumah Liu Bei

Ngeliat ada kata nasi box, Zhao napsu. "Eh kak! Di rumah Liu Shan lagi ada sunatan masal! Free nasi box!" Denger gituan, kakaknya girang.

"Wah, serius?"

"Iyak. Khusus tamu VIP, anak yatim, duafa, sama fakir miskin. Kan kita lagi simulasi fakir miskin, kita kesana aja nontonin orang disunat!"

"Yaudah yuk! Jalan sekarang!" Mereka akhirnya boncengan ke rumah Liu Shan.

-Gang rumah Liu Shan-

Nyampe sono rame bener. Orang-orang pada ngantri ampe keluar gang. Zhao ama Shi yang abis markir motor ikut baris. Palanya dongak, penasaran di depan ada apaan kok rame banget.

"Anjrit rame banget."Zhao ngomong. Dia disenggol ibu-ibu yang ikut ngantri tapi dorong-dorongan.

"Ngantrinya aja sejam. Gua keburu maag akut." Shi nimpalin. Eh tiba-tiba dia dicolek bapak-bapak.

"Dek, mau sunat yak?"

"Hah?" Ngeliat bapak-bapaknya berotot, Shi kaget. "Kaga Pak." Dia jawab nyante.

"Oh....kalo saya mah ikut-ikutan baris." Lah, bapaknya malah cerita. "Tadi saya nganterin ponakan saya, dia kan abis sunat, terus bakal ada dangdut koplo. Ya saya ikutan."

Sima Family: Antara Ibu, Bapak, dan Anak-anakTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang