Enemy

698 32 3
                                    

"Apaan nih?" tanya Caca yang baru saja memasuki kelas dan mendapatkan kelas nya sangat berantakan dan kotor.

"Gua kan kemaren udah piket, mana piket sendirian" Caca mulai memungut kertas dan sampah plastik yang ada di lantai dan juga di atas meja.

Caca sendirian di kelas, ia memang sengaja untuk datang lebih pagi karena akan ada ulangan Fisika di jam pertama.

Selama sekitar lima belas menit ia membersihkan kelas sendirian. Dan ia bertanya-tanya mengapa jam segini belum ada temannya yang datang.

"Hufft" Caca duduk di kursi nya dan menyeka keringat yang ada di wajah nya menggunakan tisu yang ia bawa.

Rasanya sangat lelah membersihkan kelas yang cukup luas sebanyak dua kali dan bekerja sendiri.

Caca menyandarkan kepala nya di meja sambil mencoba mencari angin dari kipas di kelas. Memejamkan mata dan..

"Ca!" panggil Beby.

Caca membuka matanya perlahan dan melihat kelas sudah ramai.

"Ca kok lu tidur sih?" tanya Beby.

"Udah jam tujuh, sebentar lagi Bu Rara masuk loh" lanjut Beby.

"Hah?! Serius?! Gua belum belajar!" kata Caca panik dan langsung mengambil buku Fisika nya di dalam tas.

"Lu sih! Gua bangunin daritadi malah enak banget tidur nya" kata Beby.

"Selamat pagi anak-anak!" kata Bu Rara.

"Pagi Buu" sahut seisi kelas.

"Silahkan berdoa dulu" kata Bu Rara sambil duduk.

*

Di kantor guru pada jam istirahat pertama, Caca menghadap Bu Rara yang merupakan guru Fisika dan merangkap sebagai wali kelas.

"Kenapa nilai kamu jadi jeblok kaya gini?" tanya Bu Rara.

"Euhh maaf Bu, saya belum belajar" jawab Caca.

"Kenapa bisa?" tanya Bu Rara.

"Saya cerita ya bu?" Caca meminta izin.

"Ya silahkan" kata Bu Rara.

"Jadi gini Bu, ibu kan ngasih tau ulangannya kemarin, nah kemarin itu saya piket sendiri karna saya piket bareng anak cowo semua. Soalnya kemaren saya abis dari perpus trus pas balik ke kelas udah sepi banget dan kelas masih kotor dan berantakan. Sepulang sekolah, saya lelah banget Bu, jadi habis mandi saya langsung tidur dan saya bangun pukul satu dini hari dan itu masih kerasa lelah banget jadi saya tidur lagi Bu sampe saya bangun pukul empat dan saya baru rapihin buku pagi itu juga. Saya ada niat mau belajar di sekolah jadi saya berangkat lebih awal setengah jam, trus pas nyampe kelas, entah kenapa kelas jadi berantakan banget dan banyak sampah, yaudah saya beresin lagi lah Bu kelas nya, sendirian juga, saya lelah trus saya tidur Bu. Pas bangun, ibu nya udah masuk kelas, maaf ya Bu" jelas Caca .

"Masuk akal. Yasudah, kamu ikut remedial ya Caca, nanti tentang kelas yang berantakan itu, ibu akan ke kelas setelah istirahat ini, karena setelah ini pelajaran Pak Udin kan? Kebetulan Pak Udin sedang ada urusan di luar sekolah" kata Bu Rara.

Short StoriesTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang