Tertarik baca karena...

6.7K 1.5K 300
                                    


Ada yang request untuk membahas kasus ini. Jadi, baiklah akan aku bahas sesuai pengalaman aku pribadi.

Dulu saat aku masih SMA. Pokoknya, saat awal-awal baca Wattpad. Setiap jam, pasti aku sempat-sempatin untuk baca Wattpad.

Entah saat jam istirahat, lagi makan ketoprak, lagi jam kosong, lagi di angkot (bahkan, pernah angkotnya sampai kelewatan komplek rumah aku. Alhasil, aku harus jalan lumayan jauh), dan tentu aja saat aku gabut malem-malem.

Aku selalu baca, baca, dan baca. Dulu sih, di Wattpad masih banyak cerita yang bagus tapi belum terbit. Hehe. Jadi, aku kayak nggak pernah kehabisan bahan bacaan. Kalo penasaran, cerita apa yang pernah aku baca, bisa cek readinglist aku! Siapa tau kita satu aliran atau jaman! Hoho.

Faktor-faktor yang membuat aku tertarik membaca suatu cerita itu adalah ...

1. Cover: Kalau menarik atau unyu, pasti aku langsung klik dan baca sinopsisnya. Tapi, pernah sih aku baca bukan karena covernya bagus. Covernya biasa aja, tapi judulnya menarik. Jadi, aku coba baca. Dan ternyata, KEREN!

2. Sinopsis: Kalau sinopsisnya aja rapi, dan bikin penasaran, pasti aku langsung mulai baca.

3. Rekomendasi teman: Kalau di kelas aku, palingan dulu tuh cuma dikit yang main wattpad. Jadi, kita kayak tuker-tukeran bacaan.

"Lo udah baca Cinta Pangeran Es? Baca deh, SERU BANGET, SYIF!"

"Oke oke! Lo udah baca Revered Back? Astaga! Wajib baca! Keren gilaaaa, AL!"

"Sip deh, nanti gue baca! Lo sekarang lagi baca apa?"

"Oh, gue lagi mulai nulis cerita. Baca dong, Al!"

"Nggak, ah. Males. Kalo jadi buku, baru deh nanti gue baca. HAHA."

"Kampret."

Yak, kira-kira dialog aku dan temanku seperti itu. Kita ngomong pakai suara yang bersemangat kayak fangirl. Aduh, masa-masa yang indah. Aku kangen masa-masa itu, aku jadi merasa tua sekarang.

4. Rekomendasi teman satu groupchat: Yak, aku punya grup buat ngerumpi gitu. Dan kadang bahas cerita aku, kadang bahas cerita wattpad yang lagi hits. Gitu deh pokoknya.

5. Rank: Kadang-kadang, aku baca cerita yang rank-nya masuk sepuluh besar. Awalnya, penasaran aja HAHA. Tapi, seru-seru ternyata.

Oke, kayaknya itu aja faktor-faktor awal ketertarikan aku untuk membaca sebuah cerita.

Oh iya, banyak di wattpad yang viewersnya dikit tapi ternyata dalamnya BAGUS BANGET. Jadi, jangan pakai faktor berdasarkan viewers saat memilih cerita ya! Boleh, tapi jangan SELALU.

Karena ... yah, banyak banget di wattpad yang ceritanya BAGUS, tapi penulisnya kurang bersosialisasi ... jadi, viewersnya kalah deh sama cerita yang gitu deh.

Intinya, jangan menilai buku dari viewers, yaaaa!

Curahan Hati Penulis AmatirTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang