6. Upacara

50 4 2
                                    

Hari senin lagi, kenapa sih hari senin cepet banget datengnya daripada hari sabtu? Apalagi tiap senin sibuknya bisa dua kali lipat dibanding hari biasa, dari mulai berangkat lebih pagi, upacara, pelajaran bahasa Inggris yang sampai sekarang gue ga...

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Hari senin lagi, kenapa sih hari senin cepet banget datengnya daripada hari sabtu? Apalagi tiap senin sibuknya bisa dua kali lipat dibanding hari biasa, dari mulai berangkat lebih pagi, upacara, pelajaran bahasa Inggris yang sampai sekarang gue gak pernah paham. Gue pengen tidur-tiduran lagi di rumah.

Sekarang, gue lagi jalan ke lapangan buat upacara. Dimas yang ada di samping gue entah sibuk ngomongin apa sama Arista, gue gak tahu dan gak mau tahu. Hari ini gue sama Dimas gak berangkat bareng, dia berangkat bareng sama Arista. Eh, gak tahunya mereka berdua malah jemput gue di kelas.

Perasaan gue apa kabarnya?

Yah, agak cenut-cenut tapi gue masih bisa bertahan, gak tau kalo lima menit lagi. Di saat kayak gini tiba-tiba gue kangen banget sama Ara, sayangnya dia sekarang lagi olimpiade ekonomi tingkat provinsi di Malang. Alamat deh, gue gak bisa kabur dari mereka berdua. Untungnya aja gue beda kelas sama mereka berdua.

“Len, lo diem amat dah. Sariawan?”

“Gak. Eh, itu barisan kelas gue. Bye...” Tanpa babibu gue langsung jalan ke arah barisan gue yang memang terpisah dari meraka. Gue baris di tengah, depan tiang bendera pas sedangkan mereka di pojok kanan dekat pintu gerbang. Gue dapet barisan agak belakang karena temen-temen gue udah berebut di barisan depan, salah kalo kalian mikir barisan depan itu panas, di sekolah gue barisan depan itu malah yang gak kena paparan sinar matahari.

Di samping kiri gue barisan kakak kelas sedangkan di samping kanan gue barisan anak ips dua. Panas matahari mulai melancarkan aksinya padahal upacara baru aja di mulai. Pura-pura sakit kayaknya seru buat di coba.

“Hai!” ucap seseorang di samping kiri gue. Gue menoleh sebelum akhirnya gue nyesel udah noleh. Kenapa kakak kelas songong ini ada di sebelah barisan kelas gue sih?! Seharusnya dia kan jarak dua barisan sama barisan kelas gue! Sial, gue hari ini kayaknya ngenes banget deh. Akhirnya gue memutuskan noleh ke depan lagi pura-pura gak denger apa-apa.

“Jangan pura-pura gak denger deh, entar lo beneran gak bisa denger loh!” ucapnya dengan nada yang bikin gue pengen nyekek dia.

Gue menoleh sedikit dengan tatapan tajam yang kata temen-teman gue tergolong tatapan judes banget. “Emang lo siapa sampai gue harus dengerin omongan lo? Gue kenal lo aja enggak.” Gue tahu balasan gue ini agak gak sopan karena gimana pun dia masih kakak kelas gue, tapi ya bodo amat.

Dia tertawa keras yang buat gue otomatis melotot karena ini lagi upacara dan guru-guru lagi keliling buat mastiin suasana kondusif. Temen depan gue sampe noleh kepo ke arah kami. “Sumpah lo gak kenal gue? Wow! gue pikir satu sekolah ini udah pada kenal gue, ternyata enggak yah?”

Ya ampun, kayaknya gue baru kali ini nemu spesies manusia macam ini. Percaya dirinya gede banget sampe gue pengen geplak wajah songongnya. Dikira dia presiden gitu semua orang harus tahu dia siapa. Lagu Indonesia Raya berkumandang tanda pengibaran bendera, dengan segera gue menoleh ke depan dan hormat dengan tangan membentuk sudut sembilan puluh derajat.

“Tapi sumpah lo gak tahu gue?” ucapnya lagi setelah pegibaran bendera selesai sambil menunjuk dirinya sendiri.

“Emang penting tau tentang lo?” Gue agak bohong sih, gue tau ini cowok gara-gara Ara waktu itu. Tapi ngapain juga ngomong kalo gue tau dia siapa, gak penting!

Dia menyodorkan tangannya di depan gue, “Kenalin gue Gio. Kakak kelas lo dan basis The Real.” ucapnya dengan senyum songongnya yang malah buat gue kesel berkali lipat.

Gue hanya melirik sekilas lalu menatap ke depan lagi yang sekarang udah masuk ke amanat pembina upacara, yang kali ini pembinanya Bu Selvi, guru geografi tapi ngomongnya selalu pake bahasa Inggris yang bikin gue gak pernah nyambung sama geografi. Kalo dipikir lagi, kok gue jarang banget nyambung sama pelajaran yah? Nasib, nasib.

“Mampus lo di cuekin yo...” Ucap kakak kelas yang berdiri di depan Gio sambil cekikikan.

“Pelet lo kurang mempan tuh Yo kayaknya,” ucap seseorang lagi yang berada di belakang Gio sebelum akhirnya ada Bu Anita yang dateng buat ceramahin mereka dengan wajah judes. Gue udah ketawa setan dalam hati, dan nyukurin kesialan mereka.
Mampus, kena karma kan lo-lo pada.

 Mampus, kena karma kan lo-lo pada

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
YouTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang