25. Bed Scene

169K 22.9K 1.7K
                                    


Gue lagi asik ngetik di laptop saat mati lampu tiba-tiba. Gue buru-buru save dokumen, matiin laptop dan bawa keluar kamar.

Tau-tau, rumah gue sepi.

Emang rese. Tiap keluar nggak ada yang ngomong gue. Ya emang kadang mereka ijin gue juga nggak denger sih keasikan ngetik.


TAPI YA TETEP AJA GUE SENDIRIAN.


Gue jadi keluar rumah, ngeliat deretan rumah pada mati. Mata gue ngeliat satu rumah yang baru aja nyala. Tanpa pikir panjang gue ngunci rumah, langsung lari bawa hape ke rumah itu. Ya tentu aja.... rumah si GM.


"Arkaaaa!!!" panggil gue depan rumah. Tanpa sadar udah semangat sampai lari ke sini.

Sebenarnya bisa aja gue nyelonong kayak yang mamahnya pernah bilang langsung masuk aja kalau ke rumah. Tapi ya tetep aja ibu ngajarin buat selalu salam dulu dan nunggu dipersilahkan si tuan rumah.

Gue nunggu agak lama kali ini. Sampai Kang Eri keluar buru-buru.

"Maaf mbak, tadi abis nyalain genset," katanya ngeringis. "Nyari Mas Yaya? Mas Yayanya lagi sakit, nggak enak badan."

"Ha?" Gue jadi kaget, "sakit apa?"

"Nggak tau, mbak. Tadi minta dibeliin bubur sama bikinin teh. Cuma di kamar seharian."

Gue diem lama. Tapi nurut dan masuk. Kang Eri lagi bahas pemadaman bergilir di komplek. Tapi gue nggak terlalu nyimak. Mau nyepetin langkah ke kamar Arka tapi nggak enak juga sama Kang Eri yang masih curhat.

"Mau minum apa mbak?"

"Bawain air putih banyak-banyak aja, kang. Yang agak anget. Buat Arka," jawab gue sebelum belok ke kamar Arka.

Gue ngintip, lalu perlahan masuk. Ngeliat sang mama duduk di ranjang dengan kepala Arka tiduran di paha mamahnya.

Jujur aja, sampai sekarang gue masih nggak percaya si murid idaman dan panutan ini aslinya seanak mami ini.

"Eh, Lea?" sapa mama Arka sadar duluan keberadaan gue. Arka noleh sebentar, tapi buang muka dan malah ngulet sama mamahnya.

Gue ngeringis sambil masuk agak kikuk. "Maaf ya tante nggak salam.... Lagi mati lampu, di rumah sendirian," kata gue sambil masuk ke dalam.

"Katanya ada pemadaman bergilir ya? Udah di sini aja, udah makan?"

"Udah," Gue ngelirik Arka, "Arka sakit tante?"

"Hm. Tapi udah nggak anget, tinggal pusingnya," jawab mama Arka dengan tenang ngusap-ngusap kepala Arka lembut. "Mas, mamah tinggal ya. Ada Lea nih," pamit mamah Arka coba buat ngejauh.

Arka cuma gumam pelan. Gue senyum singkat sama Mamah Arka yang beranjak dan kemudian keluar dari kamar.

Arka makin meluk boneka ungu yang dari tadi dia pegang. Dan sekarang mejemin mata sambil buang muka dari gue.

He?

Gue langsung ngedeket ke sisi ranjang tempatnya ngadap. "Kenapa lo sakit nggak ngomong gue?"

"Emang lo peduli," jawab Arka masih dengan mata ketutup.

"Ck, paan sih. Biasa juga ngadu kalau ada apa-apa," kata gue sambil duduk di sisi ranjang. Karena emang biasanya Arka tuh buawel banget. Tapi sekarang malah nggak ngomong kalau sakit.

Kang Eri datang, bawa air putih pesanan gue dan taruh di meja. Lalu pamit pergi lagi.

"Itu, minum air putih banyak-banyak," kata gue dorong pelan Arka.

Einstein ✔ ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang