Sanggabuana ( Perjalanan Pulang)

6.1K 362 30
                                    

Sekitar jam 10an gw ma popo tidur buat kumpulin tenaga untuk perjalan turun nanti sore. Tapi gw ga bisa tidur lama soalnya karena sebelum berangkat gw "doping" dulu (yg tau diem2 aja ya hahahaha)

Sekitar jam 11 gw kebangun. Liat yg lain pada pules banget tidur nya padahal si popo juga ngedoping tapi si agung mah engga.

Daripada bengong akhirnya gw jalan2 lah sendirian keliling puncak. Gw liat2 maqam yg ada disitu dan ke maqam yg katanya punya Sanggabuana a.k.a Cakrabuana. Asli puanjang banget maqam nya. Sayang ga gw foto karna hp gw mati waktu itu karna lowbatt ga bawa powerbank juga. Yang penasaran googling aja ya.

Pas udah gw kelilingin semua gw putusin buat balik lg ke tempat temen2 gw molor. Eh trus gw ketemu si kakek2 yg ngobrol tadi jalannya balik lagi pincang ma bungkuk beda sama pas waktu dia lg trance. Trus kaya baru ketemu soalnya dia nanya "nyampe puncak jam berapa?" ya gw jawab "tadi bah jam 6"

Pas gw nyampe ke tempat temen2 gw ternyata popo dah bangun lagi masak air buat bikin kopi.

"darimana jun?" tanya popo
"keliling doang ga bisa molor soalnya" jawab gw
"oh. Eh tar ke cai kahuripan yu. Ga jauh katanya cuma 10menit dari sini. Daripada ke pancuran mas yg tadi kita ambil air kan jauh"ajak popo ke gw
"yaudah ayo. Gw juga pengen mandi anjir. Tapi mendung men. Gpp emang? Trus si agung gimana?"tanya gw
"gpp lah belum ujan ini. Si agung biarin aja kasian kecapean"timpal popo

And then kita pergi ke cai kahuripan. Klo di bahasa indonesiain cai=air kahuripan=kehidupan. Jadi artinya air kehidupan atau mungkin menurut gw sih air sumber kehidupan untuk masyarakat sini. Perjalanan nya lumayan turunan nya curam ditambah jalan setapak nya sempit. Jadi kalo papasan sama orang yg naik dari situ yg satu harus minggir dulu. Sebelah kanan kalo mau turun itu tebing nah sebelah kiri itu jurang cuy. Karna curam ya mau ga mau gw turun nya harus lari karna kalo jalan pasti cape karna kan kita harus nahan berat badan sendiri. Tapi harus hati2 karna tracknya kebanyakan batu jadi licin. Gw aja jatuh berapa kali hahaha. Sambil turun itu gw mikir, turunan nya kaya begini kebayang dah tar naik nya pasti cape banget. Jadi mau ga mau harus lari lagi naik nya. Ya, gw kalo nemu tanjakan curam yg ga terlalu jauh jarak nya gw suka lari. Bukan songong ato sok jago ya. Karena menurut gw kalo jalan pasti cape banget karna bawa berat badan. Kalo lari kan enak cape nya sekalian pas diujung tanjakan.

Abis mandi dan ambil air kita balik lagi ke tempat kita istirahat prepare buat pulang. Tapi cuaca ga mendukung banget. Langit gelap tanda mau hujan. Dan ga lama emang hujan deras banget. Kabut juga turun akhirnya kita tunda dan sepakat turun nanti abis ashar sekitar jam 3an.

Gw sih pengen nya nginep. Tapi agung ga bisa soalnya kerja. Logistik yg dibawa juga kayanya ga cukup buat nginep. Akhirnya kita turun jam 3.15an. Tanah basah akibat abis hujan ditambah langit mendung dan banyak kilat. Tapi kalo kita ga turun sekarang bisa kemaleman di hutan. Soalnya batre senter kita dah mau habis jadi sinar nya dah ga terlalu terang bisa bahaya. Kita bawa senter 2 sama headlamp 1. Tapi headlamp batrenya habis semntara senter dah meletet nyala nya.

Baru 10 menit jalan hujan udah turun. Itu petir nya kenceng banget boooosssss. Gw dah ngeri aja apalagi dari kecil gw takut sama petir hehehehe. Akibat sering ditakut2in sama emak gw nih waktu kecil ditambah lagi pernah hampir kesamber waktu kerja di lapangan. Tapi mau ga mau kita tetep jalan. Yg gw takutin itu petir nyamber pohon trus pohon nya tumbang.

Jalan nya licin banger karna ada air nya dan memang tanah nya kebanyakan tanah merah. Sering banget kita jatuh. Yg palimg parah agung kalo ga gw ma popo pegang ransel nya bisa jatuh dia ke jurang gara2 jatuh ke pleset.

Perut lapar, capek, haus dan kedinginan tapi tetep kita jalan. Jujur gw dah ga kuat sebenernya. Kita mutusin buat tetep jalan sampe di warung yg kemarin banyak orang buat istirahat sama makan.

INDIGO ACTIVITY ( Kisah Nyata )Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang