"Kelompok penikmat kopi"

334 6 4
                                    

               Tadinya aku mau mengantar Rinjani sampai depan rumahnya, tapi gak jadi karena rumah kita sebelahan. Lucu kalau aku jadi mengantarnya sampai rumah, lalu disuruh masuk sama ibunya dan kita solat berjamaah dirumah rinjani. Bukannya gak mau, cuma belum siap aja jadi imam yang baik. Soalnya, praktek solat mayat aja aku masih main-main.
                  Aku berjalan dari ruang tamu, menuju ruang tengah.
  
    'Itu apa?' tanya ibu, menunjuk kearah foto yang aku genggam.
      
      'oh iya! Aku lupa!'

    'Hah?, lupa apa?'
      
         'Aku mau nyuruh ibu cerita!'

      'Kurang ajar kamu sama orangtua nyuruh-nyuruh!' kata ibu,sedikit kesal.

    Aku tersenyum.
          
        'Bu, cerita tentang PDKTnya ibu sama ayah dong.' lanjutku.
     
           'Hah?? Tumben-tumbenan kamu'
      
        'Penasaran aja, hehe'

              'Yaudah, nanti ibu ceritain. Tapi abis solat magrib ya, udah adzan tuh.'
             Aku mengangguk, dan pergi ke toilet untuk mengambil wudhu. Karena kalo ngambil uang, gabakal ada. Jujur saja, aku kadang masih bolong-bolong solatnya. Tapi, ibu suka mengingatkanku untuk tetap berada dijalan yang benar, dan aku bersyukur akan hal itu.
                Aku pergi menuju kamar, lalu lekas melaksanakan solat. Tiba-tiba aku mendengar teriakan dari arah gerbang rumahku.

     'SADAAAM!!!!'

     'RINGGOOO SADAAAM!!!'
 
           Aku lihat dari arah jendela kamar, seseorang dengan motor supra hitamnya melambai-lambaikan tangan kearahku.

       'SINI!!!!' teriaknya.

      Jelas, orang itu dede. Dia satu-satunya orang yang memanggilku sadam.katanya, Sadam terdengar seperti nama-nama orang bandung kebanyakan. Jujur, aku tidak peduli. A.k.a 'kumaha sia de'.
         
             Kubuka jendela kamarku.

        'GAMAU!' teriakku.

    'MAUNYA APAA?!!'

         'KOPI KAPAL API?!!'

    Dede mematikan mesin motornya. Dia turun dari motor, mengambil batu yang ada didepan rumah, lalu menghampiri jendela kamarku.

      'JUSTRU AING MAU NGAJAK NGOPI GOBLOG!!' kata dede, sambil melemparkan batu kearahku.

        Aku menghindari lemparannya.

           'GOBLOG, KALO KENA KEPALA GIMANA TOLOL?!!'

          'SEKALIAN AING ANTERIN KERUMAH SAKIT, ABIS GITU NGOPI' kata dede, sambil tertawa.

              'GALUCU BEGO, TUNGGU!'

           'OKEE.'

          Kuganti baju dan celana dengan stelan bermain. Aku takut masuk angin kalo keluar rumah malam-malam pakai boxer, Aku turun dari kamar.
          'Mau kemana bos?' kata ibuku yang sedang menonton diruang tengah.

          'Mau kedepan dulu mimi peri'

         'Siapatuh mimi peri?'
    
            'Artis!'

          'Kalau gitu, ibu cantik dong' katanya terlihat senang.

              'Iyaa' kataku,sedikit tertawa.

         Aku berjalan menghampiri ibu.
Aku sodorkan tanganku.
  
          'Hati-hati dijalan' kata ibu, sambil menyalami tanganku.

        'Minta uang ibu! Bukan mau salam!'
  
           Ibu tertawa.

          'sepuluh ribu aja ya, biar besok bisa beli sambel terasi' kata ibu sambil merogoh saku bajunya.

KELABUTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang