Udah hampir dua minggu gue gak ada interaksi sama Ardan, paling cuma papasan di ruang tengah atau di depan kamar mandi sebentar, abis itu udah, gak ada percakapan sama sekali. Gue gak tau gimana kelanjutan hubungan dia sama pacarnya tapi sampe sekarang, dia gak pernah ngomongin ceweknya di kost lagi.
Jujur, gue kangen.
Kangen bercanda sama dia, kangen ribut gak jelas, kangen rebutan sendal teplek kamar mandi, kangen ledek-ledekan kalo abis ngambil wudhu buat sholat jamaah, kangen rebutan sendok, kangen makan indomie berduaan tiap malem.
Dia apa kabar ya? Selintas sih, keliatannya baik-baik aja, tapi dalemnya?
Dih ngapain juga gue mikirin dia, belom tentu dia mikirin gue?
"Woy bengong aja." Suara Bang Opay yang tiba-tiba itu bikin buyar semua pikiran gue tentang Ardan, dia duduk di sebelah gue.
"Sakit?" lanjutnya, gue menggeleng pelan.
"Kok pucet?" tanyanya lagi, "gue belom mandi." jawab gue singkat.
"Dih gak nyambung." Kata Bang Opay, gue diem, dan akhirnya Bang Opay milih buat nyalain tv, nonton berita.
"Kartun aja sih, Dan." Ucap gue, Bang Opay kaget.
"Oh ada yang malarindu?" Bang Opay menyimpulkan, gue cuma bisa nyengir.
"Gak pernah ngobrol lagi, ya?" Tanyanya, gue mengangguk pelan.
"Salah gak sih bang?" Tanya gue pasrah, Bang Opay lantas matiin tv dan ubah posisi duduk jadi menghadap ke arah gue.
"Menurut Dinda, itu salah gak?" Bang Opay balik nanya, gue geleng-geleng kepala, "Gak tau." cicit gue pelan.
"Udah nyoba buat negor Ardan?" Tanyanya lagi, dan lagi-lagi gue cuma bisa geleng kepala.
"Ardan pernah negor Dinda?"
"Nggak pernah.....Kayaknya Ardan takut deh Bang sama Dinda, sejak Dinda ngomel waktu itu..." Lirih gue pasrah.
"Dinda ngerasa bersalah berarti." Kata Bang Opay, akhirnya gue ngangguk-ngangguk.
"Dinda kudu minta maaf." Ucap Bang Opay memberi saran.
"Takut...."
"Kok takut?"
"Takut suka lagi sama Ardan...."
Bang Opay mengambil posisi nyaman, dia natap gue dengan mata teduh khasnya itu,
"Gini ya Din, punya perasaan suka sama orang itu gak salah, tergantung gimana kamu bersikap setelahnya aja. Sekarang abang tanya, kamu maksain Ardan buat suka sama kamu? Nggak kan? Kamu paksa Ardan buat putusin pacarnya? Nggak juga kan? Berarti kamu gak salah apa-apa. Yang lagi kita omongin sekarang itu hubungan pertemanan kamu sama Ardan, sebelum kamu suka sama Ardan, kamu emang udah temenan kan? Yaudah, gak usah diganggu hubungan pertemanannya, kalian tetep bisa temenan, kan?" Nasihat Bang Opay yang panjang lebar itu sukses bikin gue diem.
Gue egois gak sih kalo masih berharap lebih sama Ardan?