1. kanker itu takdir

1.1K 38 2
                                    

Kisah nyata yang terinspirasi oleh

Dewi Yanthi Razalie

Seorang penderita kanker stadium 4, tengah berjuang menghadapi penyakitnya sejak tahun 2013 lalu. Sel kanker yang sudah menyebar hingga ke tulang dan organ-organ tubuhnya, membuat kesempatan untuk bisa sembuh menjadi sangat kecil.

Namun ia tak pernah patah semangat. Dengan prinsip hidupnya, "Yakin, Iman dan Ikhlas," ia menjalani kondisi ini hari demi hari dengan penuh semangat dan optimisme. Ia tak menyerah pada penyakit yang mematikan ini. Sambil menjalani perobatan, ia terus menikmati hidup dengan selalu melakukan aktivitas layaknya orang sehat. Catatan perjalanan hidupnya berjuang melawan kanker dituangkannya kedalam sebuah tulisan penuh inspirasi di laman Facebooknya. Berikut nukilan tulisan beliau yang bisa jadi pembelajaran bagi mereka yang juga mengidap kanker dan juga orang awam yang bisa mengambil hikmah darinya.

Aku sudah 60x lebih menyaksikan proses sakratul maut 60 orang lebih para pasien KANKER Stadium 4, dari detik ke detik. Sudah 35x aku membuktikannya, firasatku lah yang benar dan tepat, sedangkan omongan ucapan dokter selalu meleset. Karena entah kenapa aku sangat bisa membedakan, antara seseorang yang sedang menjalani proses kematiannya, dengan seseorang yang masih bisa bertahan hidup dan masih lama tiba ajalnya.

Di Indonesia, tidak pernah ada dokter ahli kanker, yang ada hanya dokter bedah kanker, itupun untuk bedah kanker payudara dan leher.

Bahkan di RS Dharmais sekalipun yang merupakan Pusat Kanker Nasional itu tidak ada. Dokter bedah kanker pun jumlahnya tidak banyak di setiap RS. Bisa dicek, di RSPP, Dharmais, RSCM, RSPI, dan lain-lain. Dengan jumlah pasien yang selalu mengantri panjang setiap jam prakteknya. Masing-masing dokter pun tidak mempunyai pengetahuan yang cukup tentang kanker. Pasien sering disuruh mencari informasi sendiri melalui internet. Padahal semakin lama semakin banyak orang Indonesia terkena kanker. Kita harus bantu seluruh masyarakat untuk semakin mengerti banyak hal tentang kanker. Supaya tidak semakin banyak korban bertambah yang salah bertindak dan salah mengambil keputusan. Kasihan. Mumpung kita masih bisa berbuat.

Mumpung aku masih dikasih kesempatan untuk membantu menjelaskan. Aku sebagai bukti nyata, bukan hanya sekedar "katanya" dan "katanya". TUHAN menciptakan KANKER memang dengan sifat yang sangat unik. Tidak banyak orang yang sanggup menghadapinya. Tidak hanya bagi pasien, tapi juga keluarga.

KANKER itu ada beraneka ragam jenis dengan karakter yang juga berbeda-beda. Ada jenis KANKER yang hanya dengan rajin meminum kunyit putih pun sudah bisa pecah benjolannya lalu mengeluarkan nanah dan orangnya bisa hidup sehat secara fisik walaupun kadang benjolan itu tetap suka muncul lagi dan timbul lagi.

KANKER sifatnya memang unik, suka muncul lagi dan muncul lagi, sifatnya kambuhan, kalau sudah sekali terkena serangan KANKER maka KANKER akan menetap selamanya di dalam tubuh tidak akan pernah sembuh, paling-paling hanya bersembunyi sementara saja, jadi tidak ada istilah SEMBUH untuk KANKER. Wajib dikendalikan agar tidak kambuh. Pemicunya harus dihindari. Pemicu nomer satu adalah EMOSI atau stres, itu paling jahat untuk KANKER, dibanding salah makan atau salah obat atau kecapekan. Jauhi dan hindari hal-hal yang bisa memancing emosi dan stres. Jadikan hidup nyaman dan bahagia. Manfaatkanlah waktu yang ada.

Sampai detik ini, aku tidak pernah menemukan seseorang yang terkena kanker tapi bisa hidup sehat selama belasan tahun atau bahkan puluhan tahun tanpa melalui operasi dan hanya minum herbal atau pengobatan alternatif lainnya. Tapi aku sudah banyak bertemu dengan orang-orang yang terkena kanker dan bisa hidup sehat selama belasan tahun bahkan puluhan tahun sesudah ia melakukan operasi di RS. Ada yang sudah 13 tahun, 26 tahun, bahkan lebih dari 30 tahun. Herbal atau minuman-minuman dan makanan-makanan kesehatan lainnya hanya untuk menunjang stamina, kekuatan, daya tahan tubuh, tenaga. Bukan untuk mengobati apalagi menyembuhkan kanker. Jangan salah kaprah. Otak manusia sampai detik ini belum bisa menemukan, apa sih sebetulnya penyebab seseorang terkena kanker, dan juga apa obat yang bisa diminum untuk menyembuhkan kanker. Yang ada hanyalah tindakan yaitu operasi, kemoterapi, radiasi, dan ablasi. Hanya itu saja.

Please Go Away CancerTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang