Dikutip dan disunting dari:
http://katsushika-akademia.forumotion.com/t16-rp-glossary
Atau lihat di link eksternal yang kami sediakan.
=====================
IC [In Character]
In Character merujuk pada dunia di mana karakter berada, yang terpisah dari dunia si player. Seorang karakter berbicara pada karakter lain disebut In Character Interaction.
Mary Sue atau sering disebut 'Sue' adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada karakter-karakter utama yang hampir sempurna, nyaris tidak memiliki kekurangan dan umumnya menjadi pusat dari karakter-karakter lain. Karakter Mary Sue biasanya merupakan sosok yang ideal di mata playernya dan umumnya player tersebut memaksakan konsep bahwa karakternyalah yang terbaik. 'Mary Sue' bisa digunakan untuk merujuk karakter pria maupun wanita, tap pada karakter pria umumnya digunakan ungkapan 'Marty Sue, 'Gary Stu' dan nama-nama lain yang mirip.
NPC [Non Player Character]
Dalam dunia game, sering digunakan untuk merujuk karakter-karakter yang tidak dapat dimainkan dan hanya sebagai pelengkap cerita. Dalam roleplay/RP, NPC merujuk pada karakter-karakter yang hanya sebagai pelengkap jalan cerita utama.
OOC [Out Of Character]
Out Of Character merujuk pada dunia di mana si player berada yang terpisah dari dunia si karakter. Bisa dibilang, player bermain sebagai dirinya sendiri.
Out Of Character juga bisa digunakan untuk merujuk sikap atau sifat seorang karakter yang sama sekali berbeda dari seharusnya. Sifat karakter yang tidak konsisten (selalu berubah-ubah) disebut OOC.
RL [Real Life]
RL atau IRL (In Real Life) adalah kalimat yangs ering dipakai para netter/surffer--orang-orang yang berkecimpung di dunia internet—untuk menyatakan kehidupan mereka/non internet.
RP [Role Playing]
Roleplay adalah sebuah permainan di mana para pemain/playernya mengibaratkan diri sebagai seorang karakter fiktif dan saling bekerja sama menciptakan sebuah cerita. Para player diharapkan bermain sesuai dengan sifat dan watak karakter fiktifnya.
PM [Puppet Master]
Merujuk pada author, penulis atau orang-orang yang berada di balik seorang karakter. Bedakan dengan istilah 'PM' yang berarti Private Message.
One Line
RP yang hanya terdiri dari satu baris satu kalimat saja.
Spam/Junk
Postingan tidak berguna. Biasanya hanya berisi iklan atau celoteh tidak berarti.
Metagame
Metagame adalah istilah yang digunakan untuk merujuk sikap seorang karakter yang mengetahui fakta yang seharusnya hanya diketahui oleh Puppet Master/authornya. Ibaratnya, sang karakter bisa mengetahui segalanya yang terjadi, secara IC. Padahal fakta itu hanya dimiliki oleh si author secara IRL.
Godgaming [Godmoding]
Adalah sikap menggerakkan karakter lawan sesuai dengan keinginan sendiri tanpa ada kesetujuan dari kedua belah pihak.Ada tiga jenis God Moding.
1. God Moding yang merugikan player lain
Contoh God Moding jenis ini:Adam melancarkan bogem mentah ke arah Satrio. Tanpa membiarkan Satrio membalas, ia melanjutkan dengan tiga tendangan beruntun ke arahnya. Tanpa membiarkan sang ketua kelas melawan, ia mengakhiri serangannya dengan melakukan tendangan cangkul tepat di tengkuknya hingga ia tak sadarkan diri. Adam tersenyum penuh kemenangan.
"Heh, ternyata cuma segitu kekuatanmu," katanya dengan nada mengejek.
Seperti yang kalian lihat sendiri, karakter Satrio bahkan tidak sempat membalas atau membela diri karena Adam sudah 'menghabisinya' dan membuatnya pingsan dalam satu post. Tipe God Moding seperti ini sangat merugikan player lain.
Bila teman RP-mu melakukan God Moding jenis ini atau kalian melihat ada yang melakukan God Moding jenis ini, harap lapor/PM ke admin. Dengan keterangan, apakah God Moder ini merugikan kalian dalam post tersebut, atau kalian hanya kebetulan melihat hal ini.
God Moding jenis ini DIIZINKAN bila:
Puppet Master dari karakter yang melakukan Godmoding dan karakter yang dirugikan telah melakukan kesepakatan terlebih dahulu secara pribadi. (Contohnya kalian yang punya karakter Adam janjian melakukan kesepakatan dengan PM dari karakter Satrio, bila ceritanya akan jadi seperti ini).
Untuk menghindari tipe God Moding ini, apabila ada adegan action, berilah lawan RP kalian kesempatan untuk 'membalas', atau deskripsikan kalau tidak semua 'serangan' kalian kena, atau lawan sempat melancarkan satu-dua serangan.
Bila kalian tidak sengaja melakukan God Moding dan baru saja menyadarinya, lekaslah untuk mengedit postingan kalian.
2. God Moding yang membuat karakter lain OOCLuthfi tersenyum dengan penuh maksud pada Nindya. "Hei, kau terlihat sangat cantik hari ini!" bisiknya menggoda sang ketua kelas.
Wajah Nindya langsung merah padam, dia langsung memalingkan wajahnya dari pria itu, berusaha menyembunyikan wajahnya yang sudah seperti tomat.
Kalian mengerti? Kalau tidak, akan saya tekankan di sini kalau sang author Nindya membuat karakternya datar dan tidak mudah berekspresi di depan orang lain. Tapi di post ini, sang author Luthfi membuat Nindya menjadi karakter cewek yang malu-malu kucing. Tentu godmoding seperti ini akan merugikan author Nindya.
Untuk menghindari tipe godmoding seperti ini, kalian haruslah mengenal seluk-beluk karakter lawan main kalian yang akan kami posting di part tertentu.
3. God Moding yang membuat karakter lain tidak nyaman
God Moding tipe ini biasanya terlihat seperti karakter yang haus perhatian, atau agak mengarah ke 'Mary Sue/Gary Stu'.Contoh:
Sandra memasuki ruangan pesta dengan langkah tegap dan anggun, dan dalam sekejap semua orang menahan nafas. Para pria terpesona dan berbisik-bisik membicarakan betapa cantiknya ia, dan para wanita dipenuhi tanda tanya, siapakah wanita anggun yang sudah menarik perhatian seluruh hadirin tersebut.Atau.
Luthfi tertawa pahit dan menjawab, "maafkan aku kalau begitu. Tapi kalau boleh jujur, aku sangat tidak suka perangaimu itu."Ia nyengir pada Sandra. Semua orang kaget mendengar kata-katanya. Karena sangat tidak pantas seorang ketua OSIS mengatakan itu di hadapan banyak orang. Suasana menjadi sunyi dan semua memandang mereka dengan wajah pucat.
Untuk post pertama selain membuat merasa tidak nyaman dengan karakter Mary Sue-mu, kalian akan membuat orang lain sinis pada kalian. Karena tak semua orang akan terpesona melihat karaktermu. Mungkin ada beberapa orang yang berpikiran, "emang lo secantik itu, ya? Idih males banget, deh."
Untuk tipe post kedua, mungkin kalian bisa melakukannya tanpa sengaja, tapi itu membuat orang lain tidak nyaman. Kenapa? Karena di post itu semua orang yang menjadi pucat wajahnya seakan-akan peduli dengan si karakter Luthfi. Padahal, pasti ada juga yang enggak peduli sama sekali. Mungkin ini berkaitan dengan godmoding di poin kedua.
Bila ada karakter yang melakukan God Moding seperti ketiga poin ini, sangsi yang akan dikenakan adalah seperti yang tertera dalam Basic Rules di part sebelumnya.
Original Character [OC]
Karakter original buatanmu sendiri yang dibuat berdasarkan imajinasimu atau terinspirasi dari karakter orang lain.
RW
Singkatan dari Real World. Sama artinya dengan IRL.
KAMU SEDANG MEMBACA
Special Class [ Roleplay ]
РазноеStatus:: CLOSED Di masa depan yang tidak terlalu jauh, di mana Indonesia telah menjadi salah satu negara maju di dunia. Indonesia membangun sebuah pulau buatan bernama Samudera Biru di tengah Laut Jawa. Pulau ini dibangun dengan berbagai konsep tekn...