"Makasih ya Sus."
Entah udah berapa ratus kali gue denger ucapan itu dari para pasien.
Gondok? Kesel? Keki? Bt? Dan jawaban Semuanyaa adalah IYA Gondok! Iya Kesel! Iya Keki! Iya Bt! Jelasssss.
Pernah tuh yaa gue udah baik bgt ke pasien sampe dia minta ambilin minum, gue ambilin. Minta dibukain bungkus obatnya gue bantuuuuu. Tapi di akhir tetep manggil gue SUS. Ya kadang bingung aja gituu gue udah pake Jasko yang modelan snelli tuh, gak kaya FK lain yang kebanyakan jaskonya model jas lab, tapi masih aja di panggil Sus. Why oh why??
Tapi lama lama gue udah sebodo amat sih. Manggil Sus ya monggo. Manggil Dok ya Alhamdulillah mungkin aura Dokternya di diri gue mulai keliatan. Wkwkwk
Tapi tapi tapi serius deh panggilan 'Dok' dari pasien tuh kaya ada magis tersendiri gitu. Bisa bikin mood bagus meski baru di bantai konsulen... iya se lebay itu...
Ucapan "terima kasih dok" dari pasien juga ada kekuatan magis buat gue.
Kemarin ada pasien di iGD Nenek umur 70an, beliau punya riwayat DM yang udah 4 bulan ini gak minum obat. Dan sekarang beliau datang dengan keluhan nyeri di kakinya kalau jalan, dan dari pemeriksaan fisik sih tampak kaya ada efusi minimal di lututnya, DKnya sekarang itu OA bilateral + DM tidak terkontrol. Beliau sampe nangis karna nyeri dilututnya bikin berhenti jualan dan gak bisa nyari uang buat keluarga. Dalam hati gue sedih amat udah umur 70 taun masih aja mikirin nyari uang untuk keluarganya. Dan gue coba gali juga alasan kenapa Nene ini gak minum obat DM sampe 4 bulan, eeeeh tiba-tiba beliau malah nangis dan bilang kalau beliau gak punya uang untuk beli obat DM nya. Mulai lah keluhan si Nenek macem macem keluar, dan gue cuma bisa ngelus ngelus kakinya karna antara gak tega dan juga awkward karna jd tempat curhat beliau.
Naaah singkat cerita gue mau pasang infus ke Nenek tersebut karna beliau harus di rawat inap. Selesai infus, beliau bilang makasih gitu ke gue dan bahkan menyebut nama gue karna lihat dari Name tag. Happy??? BANGET!!!! Beliau bahkan juga mendoakan banyak hal untuk gue, sampe masalah jodoh juga wkwkkwk.
Besoknya ps di ruangan, gue samperin lagi itu Nenek, dan beliau happy banget liat gue datang sampe bilang makasih berkali-kali. Padahal dalem hati sih gue yang terima kasih ke beliau karna beliau udah bikin gue happy dan PD dengan panggilan Dokter yang beliau berikan ke gue. Ya semoga Amanah yaaa gue dengan gelar dokter ini walaupun masih Dokter Muda.
KAMU SEDANG MEMBACA
Catatan Koas
RandomKoas alias Co-Ass alias Co-Assistant alias Asistennya Asisten alias Kesetnya Keset Isinya curhat colongan sebagai koas aja sih. Tapi pasti lebih banyak ngeluhnya.