Bagaimana cara mendapatkan Ilham untuk menulis naskah MT. Di sini naskah misteri/thriller saya singkat jadi MT aja ya. Biar nggak kepanjangan nulisnya. 😂😂😂
Ibaratnya kepala kita ini adalah teko. Kalau mau menuangkan isinya tentu harus diisi dulu. Kalau mau nulis MT juga harus sering baca referensi MT. Pengen belajar nulis MT tontonnya drama Korea romantis terus ya nggak bisa, Sayang. Kalau mau niat belajar nulis MT tonton Gone Girl, Girl on the train, dan film MT lainnya. Baca banyak buku bertema MT. Lama-lama ide itu akan muncul sendiri. Yakin aja.
Beberapa ide saya pun terinspirasi dari film, novel maupun komik yang biasa saya baca. Kayak Dilatasi waktu, itu terinspirasi dari Detektif Conan sama rumus fisika. 😂 Klo Who Am I terinspirasi dari film Korea School 2015, di mana di tokoh utama hilang ingatan. Sementara untuk Trapped in The Past terinspirasi dari campuran film dan komik. Klo ide kasus pembunuhan yang dianggap bunuh diri sudah cukup sering di Conan dan QED. Sementara kisah hantu dan persahabatannya terinspirasi dari Orange dan Anohana. Well, terkadang film yang nggak misteri juga bisa modifikasi jadi misteri juga. Tentunya asal kita sudah punya cukup banyak materi MT.
Satu penulis Indonesia yang selalu menginspirasi saya adalah Tante S. Mara Gd dengan kisah Kapten polisi Kosasih dan Gozalinya. Saya sudah mengagumi beliau sejak pertama membaca karya-karya. Bahasanya dan latar cerita yang mengambil setting di Jawa timur itu membuat saya merasa lebih mudah untuk membayangkannya. Beda rasanya kalau saya baca novel terjemahan kayak Agatha Christie dan Sherlock Holmes, saya tuh kurang imajinasi jadi kesulitan membayangkan setting nya. Apalagi novelnya Eyang Agatha kayaknya selalu bikin ngantuk dan bosen di bagian awalnya 😅😅😅. Kalau Sidney Sheldon juga bagus sebenarnya, namun saya agak kurang nyaman gitu dengan selingan adegan ena-ena yang cukup eksplisit.
Komik-komik detektif juga perlu dibaca. Kalian wajib deh baca komik karya Motohiro katou seperti QED, CMB dan Rocketman. Tiga komik itu pasti bikin kalian terpukau sama kepiawaian sang mangka.
Intinya adalah semua berawal dari membaca. Jangan harap kalian bisa menulis naskah yang bagus kalau nggak pernah membaca. 😊😊😊
KAMU SEDANG MEMBACA
How To Make Mistery/Thriller Story [END]
Non-FictionBikin cerita bergenre misteri/Thriller itu susah nggak sih? Saya akan bagi tips bagaimana cara menulis cerita misteri di sini. Silakan baca bagi yang penasaran. Warning! Penuh dengan kesesatan. 😂😂😂😂 update kalo sempet.