Penutup

1.8K 224 13
                                    

Seorang penulis, genre apa pun itu. Harus peka terhadap lingkungannya. Mengamati sekitar, menangkap fenomena yang ada tapi tidak disadari oleh sebagian besar orang. Misalnya saja bom bunuh diri kemarin di Surabaya. Atau peristiwa-peristiwa teroris lainnya yang akhir-akhir ini marak terjadi.

Teman-teman pasti tahu Negeri di Ujung Tanduk -nya Bang Tereliye kan? Bang Tere mengamati situasi ekonomi Indonesia saat itu lalu mengangangkatnya menjadi sebuah novel. Atau Dan brown yang sering mengangkat tema Iluminati.

Ide cerita berada di mana saja, tergantung kapasitas kita, mampukah kita menangkap ide itu lalu merangkainya menjadi sebuah manuskrip?

Faktor usia dan pendidikan menurut saya juga cukup mendukung. Sejak SD saya sudah tergila-gila dengan cerita misteri. Tapi baru sembilan tahun kemudian saya berhasil menulis kisah misteri pertama saya setelah saya lulus kuliah D3. Setelah lulus S1 malah semakin banyak yang bisa saya tulis. Menurut saya hal ini terjadi karena kognitif saya yang semakin berkembang ditambah dengan pengalaman melahap naskah misteri yang sudah semakin banyak.

Sepertinya sudah cukup banyak tips yang saya uraikan di sini. Selebihnya tergantung dari diri kalian sendiri. Membaca buku sebanyak apa pun tak akan menjadikan kalian penulis jika kalian tidak punya tulisan. Maka mulailah menulis. Jangan pedulikan bagus atau tidaknya tulisanmu. Rasakan saja rasa senang dan kebahagiaan ketika menulis. 😊😊😊

Sepertinya cukup sekian tips gajeh dari saya. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa di naskah selanjutnya. 😘😘😘

How To Make Mistery/Thriller Story [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang