Sekarang saya akan bahas khusus buat cerita detektif ya. Soalnya dari genre MT sesungguhnya ini sub genre yang paling saya suka. Teman-teman pasti tahu kan detektif terkenal Shinichi Kudo. Ya, dialah yang membuat saya jatuh cinta pada genre ini sejak kelas 4 SD 😂. Saat itu saya sudah bercita-cita bahwa suatu saat saya akan menulis kisah yang lebih bagus dari Detective Conan.
Nah apa sajakah macam-macam cerita detektif.
1. Whodunnit
2. Hardboiled
3. Cozy misteri
4. Inverter
5. Locked room misteryItulah 5 jenis cerita detektif yang saya ketahui. Apa bedanya? Mari kita bahas satu-satu.
1. Whodunnit
Ini jenis kisah detektif klasik yang paling sering digunakan dalam cerita detektif. Pembaca disuguhkan bukti-bukti lalu ditantang untuk menebak siapa siapa si pembunuh. Whodunnit berasal dari kata who is do it?Katanya nih tahun 2013 lalu di Amerika ada reality show yang judulnya whodunnit. Sekelompok orang dikarantina di suatu tempat terus nanti salah satu peserta ada yang meninggal (yang pasti meninggal bohong-bohongan alias rekayasa). Terus peserta lainnya disuruh menebak siapa pelakunya. Kalau jawabannya salah, dia akan menjadi korban pada episode selanjutnya. Kayaknya seru ya reality show-nya. Indonesia nggak bikin begituan ya? Pengen ikutan. 😂😂
2. Haidboiled
Cerita detektif yang kejam dan penuh dengan kekerasan. Entah kenapa klo denger tipe ini keinget sama spa boiled egg, itu tuh telur rebus yang dilempar ke hot spring di game Harvest moon 😂😂😂. Biasanya nih cerita detektif ini berhubungan sama geng dan mafia gitu. Tokoh detektif nya kebanyakan detektif partikelir atau detektif swasta. Detektifnya nggak akur sama polisi, karena kebanyakan polisi di cerita ini korup gitu. Cerita detektif ini tidak menonjolkan misteri, tapi lebih kepada pesan moral bahwa bagaimana kebenaran harus ditegakkan.3. Cozy mistery
Artinya misteri yang nyaman. Jujur saya nggak paham nyaman itu gimana 😅😅😅. Cozy mistery ini katanya kebalikan dan hardboiled. Kalau hardboiled penuh adegan kekerasan dan baku hantam, cozy mistery nggak ada. Ini cerita misteri yang minim aksi kekerasan, makanya dianggap nyaman. Biasanya terjadi dalam lingkup skala kecil dengan cara pembunuhan yang tidak tampak menyakitkan, misalnya diracun atau didorong dari atas. Gitulah kira-kira. Whodunnit, hardboiled sama cozy mistery sebenarnya nggak banyak bedanya. Menurut saya hardboiled and cozy mistery ini pecahan dari whodunnit gitu, soalnya mereka lebih spesifik.4. Inverter
Ini kebalikan dari whodunnit. Kalau dalam tipe whodunnit kita disodorkan bukti dan disuruh nebak siapa pelakunya, dalam inverted kita malah sudah dikasih tahu siapa pelakunya tapi disuruh nebak bagaimana cara si pelaku membunuh korbannya.5. Locked room mistery
Misteri ruang tertutup. Biasa disebut juga kejahatan yang sempurna atau mustahil dilakukan. Kebanyakan sih kasusnya pembunuhan, walau terkadang ada juga yang pencurian gitu. Ini menurut saya tipe cerita detektif yang paling sulit. Sampai sekarang juga saya belum bisa bikin jenis cerita detektif kayak gini 😅😅😅. Semoga suatu saat bisa ya.Ini saya dapat sebuah cerita tentang locked room mistery dari blognya detective_id yang dibikin sama teman saya Bang Fadli. Katanya ini kisah nyata yang sampai hari ini belum terbongkar siapa pelakunya.
Alkisah, ada seorang pengusaha laundry sebut saja namanya si X. Si X ini terlihat pulang ke rumah oleh tetangga. Tak lama setelah si X masuk sekitar 15 menit kemudian, terdengar suara gaduh kayak orang ribut oleh seorang tetangga. Tetangga itu ketakutan lalu memanggil seorang polisi yang kebetulan lagi patroli. Polisi itu lalu masuk ke rumah dan nggak Nemu siapa-siapa. Cuman ada satu ruangan yang terkunci. Si polisi mencoba masuk tapi jendela dan ruang terkunci dari dalam. Cuman ada jendela kecil semacam ventilasi gitu di atas pintu yang cukup dilewati anak kecil aja. Akhirnya si polisi minta bantuan seorang anak kecil buat masuk dari jendela itu dan buka pintunya dari dalam. Akhirnya mereka menemukan si X, pengusaha laundry itu tewas di dalam ruangan. Penyebabnya karena ditembak. Ada dua tembakan, satu ditangan dengan bekas luka bakar (artinya si pembunuh menembak dalam jarak dekat), satu lagi tepat di dada. Masalahnya tidak ditemukan senjata di dalam ruangan. Bahkan selongsong peluru juga nggak ada. Lalu ke mana perginya si pembunuh? Katanya sih sampai hari ini kasus ini belum terpecahkan.
Saya mau berimajinasi dikit ya 😂😂😂. Menurut saya, si X ini kenal di si pelaku dan nggak menduga si pelaku bakal bunuh dia. Soalnya tembakan di lengannya dari jarak dekat. Mungkin kronologi kayak gini, X si korban lagi ngobrol sama si pelaku. Lalu si pelaku nembak tangannya. X kaget di langsung lain masuk ke kamarnya, pasti dia mau ngunci pintu dia ditembak lagi sama si pelaku tepat di jantungnya. X masih ada sisa tenaga, jadi dia masih sempat kunci pintu biar si pelaku nggak ikut masuk dan dia aman. Akhirnya X malah mati dalam ruang tertutup. 😂😂😂😂 Begitulah imajinasi saya.
Lalu siapa pelakunya? Saya curiga sama si polisi itu. Soalnya dia melakukan tindakan yang aneh gitu. Ngapain dia nyuruh anak kecil masuk lewat ventilasi buat buka pintu? Kenapa nggak langsung didobrak aja pintunya? Ini kan bahaya kalau si pelaku masih ada di dalam, si anak bisa dibeteti. Tapi tindakan si polisi menunjukkan seolah dia yakin si pembunuh tidak ada dalam ruangan. Wkwkwk ini cuman analisis orang awam pecinta cerita misteri aja 😂😂😂😂.
Bagi teman-teman yang mau belajar tentang cerita model-model kayak gini saya sarankan baca komiknya Motohiro Katou yang judulnya QED dan CMB. Hampir semua tipe cerita detektif ada di sana dengan penjelasan yang sangat logis. Kalau Detective Conan biasanya penjelasannya kadang nggak logis sih 😅.
KAMU SEDANG MEMBACA
How To Make Mistery/Thriller Story [END]
Non-FictionBikin cerita bergenre misteri/Thriller itu susah nggak sih? Saya akan bagi tips bagaimana cara menulis cerita misteri di sini. Silakan baca bagi yang penasaran. Warning! Penuh dengan kesesatan. 😂😂😂😂 update kalo sempet.