10. Salah Paham

1.3K 274 27
                                    

A/n: GUYS, THANK YOU! Udah 700+ votes aja, terhura saya :')

#RanggaDilan#

Kalo mau bandingin suasana dunia luar ama suasana hati Dilan, bedanya hampir kayak langit dan bumi. Eh, bukan. Lebih ke Merkurius ama Neptunus sebenarnya. Di Jakarta, matahari rasanya sedeket jaraknya ke Merkurius. Panas. Sedangkan hati Dilan, mungkin badai es di Neptunus bakal kalah kalo dibandingin ama suasana hatinya.

Milea aja galau. Mau kipasan apa selimutan. Jauh dikit dari Dilan, hawa panas Jakarta langsung berasa di kulitnya. Deket dikit, dinginnya bikin tulang ngilu.

(Yaa mungkin, ini agak sedikit berlebihan sih. Tapi sayang, gaada metafora yang bisa deskripsiin situasi sekarang lebih baik dari ini)

"Lan, udah"

Diantara lemari ama dinding, Dilan lagi ngambek, sayangnya. Sohibnya satu ini lagi jongkok di lantai sambil nyenderin jidat di samping lemari. Untuk bujukin Dilan, Milea pun ikut-ikutan jongkok di sebelahnya.

Milea nepuk-nepuk bahu Dilan pake tangan kanan, nyoba bujukin yang punya kontrakan.

"Positive thinking, lah. Kali aja yang si om bawa tadi itu temennya"

Ngebujukin Dilan udah Milea lakuin sejak dari café. Yaa namanya aja sahabat super suportif, gak mungkin lah dia biarin sahabatnya ini dalam keadaan 'kelabu' gini. Yakan?

(Yaa kalo gak dibujukin juga, ni anak bakalan ngambek tembus sebulan pasti di café. Dilan kalo dibiarin ngambek, dia suka nyanyi lagu galau recehan soalnya. Suaranya sih bagus, tapi sayangnya lagu pilihannya itu kadang bikin sakit telinga)

"Temen, temen," awan gelap imajiner makin lebar di sekitar Dilan, bikin buku kuduk Milea joget-joget. "Temenan kok pake 'love-love' an segala. Gak mungkin"

"Ya love doang kan? Gak aneh juga, ih"

"Gak aneh gimana?"

Kedua mata Milea mulai sipit. "Kamu kan sering godain Lia. Inget gak kemaren, kamu ajakin poligami?"

Memori percakapan kemaren langsung nongol di pikiran Dilan. Yang bersangkutan langsung cepet-cepet noleh kearah Milea. Sayangnya, kesannya malah mirip komik horror legendaris Korea yang sempet ngetop di internet dulu.

(Milea yang kaget ampe jatoh ke lantai. Untung tadi lagi jongkok doang)

"Yakan itu beda, Lia"

Kedua mata Milea makin cipit. "Beda gimana? Yang ada mah parahan kita juga, Lan"

"Bedanya, kita temenan"

Dua detik setelah ngomong gitu, Dilan balik lagi nyenderin jidat di lemari. Makin galau kayaknya tuh anak.

Milea pun, balik lagi ke posisi jongkok.

"Emang kamu tau darimana kalo mereka bukan temenan?"

Dilan muter kepalanya lagi biar bisa face to face ama Milea. Bedanya ama tadi, ekspresi di mukanya malah makin horror.

"Lah kamu?" aura gelap imajiner di sekeliling Dilan makin gelap - "tau darimana kalo mereka cuman temenan?"

(Siang itu, Milea yang kena skak mat Dilan, langsung lari jauh ke dalam kontrakan sohibnya itu)

#RanggaDilan#

Niatan Rangga sehabis date ama Dilan itu gak muluk-muluk. Dia cuman pengen ceritain kisah cinta 'instan' dia ama Dilan ke Cinta, temen SMA sekaligus asisten pribadinya. Biar nanti, pas dia ama Dilan udah jadian, Cinta nggak kepoin hubungannya.

(Firasat Rangga tentang Cinta yang 'ngejebak' dia buat ketemu ama Dilan masih kuat, btw. Kalo bener, paling ini yang pengen perempuan itu denger)

Setidaknya, niatannya cuman itu.

"I knew it, btw," jawab Cinta setelah Rangga selesai nyeritain kisahnya. Tuh kan. Tapi ekspresinya kok kaget?

"Lalu?"

"Kaget aja kamu jadian ama Dilan butuh waktu selama ini"

Nada bicara Cinta kayak pengen ngajak gelud Rangga. Wajar lah kalo area sekitar dahi Rangga mulai tegang.

"Cinta, saya dan Dilan baru bertemu sekitar seminggu lalu. Dia bahkan belum tahu nama saya"

"Ya salah kamu," Cinta mendengus. "Kenalan segala pake dibuat ribet"

Bener juga sih. Rangga pengen setuju, tapi sayang, dia gengsi.

"Sayangnya, tidak semua orang seperti kamu, Cinta. Pintu pun kalau bisa, sudah kamu ajak pacaran"

Cinta geleng-geleng. "Sayangnya," tekannya. Pandangan mata Cinta sengaja dia alihkan dari muka Rangga.

"Kalo aku yang tertarik ama Dilan itu, pasti kita berdua udah jadian sekarang"

Pernyataan Cinta sukses bikin Rangga hilang kontrol, lalu ngambil dokumen dimejanya buat tabokin kepala asistennya itu.

"Kamu saya pecat"

##

(("Pecat, pecat," Cinta, sambil mijitin area korban tabokan Rangga tadi, langsung buru-buru lari ke pintu ruangan Rangga.

"Pecat aja, biar aku dahuluin kamu nembak si Dilan"

Dokumen melayang dari Rangga sayangnya cuman kena pintu. Cinta keburu lari soalnya.))

##

Rangga yang baru aja sampe di depan café, kaget pas liat Cinta yang lagi nyender di tiang telepon. Kayaknya sih, lagi nungguin dia.

"Yakali aku suka sama Dilan itu, 'ngga," Cinta lalu kodein arah café pake jempolnya. Pandangan Rangga refleks ngikutin arah yang Cinta tunjuk. Orang yang sedang berdiri di kasir -

"Kalo yang itu, mungkin"

- Milea.

#RanggaDilan#

Selamat Pagi, Om Ganteng (a Rangga/Dilan story) Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang