Amal Terbaik (Ihsanul Amal)

623 24 0
                                    

Assalamualaikum readers shalih/ah yang katanya ingin hijrah tapi belum tau mau mulai darimana.. hihi
Kali ini ane mau mengupas apa sih Ihsanul amal itu dan bagaimana sih cara memperoleh amalan terbaik.
Langsung aja yuk

Amal terbaik yaitu amal
yang apabila kita lakukan akan diterima Allah Swt jika memenuhi dua rukun. Pertama, amal itu harus didasari oleh keikhlasan dan niat yang murni (hanya mengharap keridhaan Allah swt). Kedua, amal perbuatan yang kita lakukan itu harus sesuai dengan sunnah Nabi saw.

Syarat pertama menyangkut masalah batin. Niat ikhlas artinya saat melakukan amal perbuatan, batin kita harus benar-benar bersih.

Innamal a’maalu bin-niyyaat, sesungguhnya amal perbuatan itu tergantung niatnya.” (Bukhari dan Muslim).

Berdasarkan hadits itu, maka diterima atau tidaknya suatu amal perbuatan yang kita lakukan oleh Allah swt. sangat bergantung pada niat kita.

Sedangkan syarat yang kedua, harus sesuai dengan syariat Islam.Syarat ini menyangkut segi lahiriah. Nabi saw. berkata, “Man ‘amala ‘amalan laisa ‘alaihi amrunaa fahuwa raddun, barangsiapa yang mengerjakan suatu perbuatan yang tidak pernah kami perintahkan, maka perbuatan itu ditolak.” (Muslim).

Tentang dua syarat tersebut, Allah swt. menerangkannya di sejumlah ayat dalam Alquran. Di antaranya dua ayat ini. Allah Swt Berfirman:siapakah yang lebih baik agamanya daripada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia pun mengerjakan kebaikan….” (Q.S. An-Nisa: 125)

Yang dimaksud dengan “menyerahkan diri kepada Allah” di dua ayat di atas adalah mengikhlaskan niat dan amal perbuatan hanya karena Allah semata. Sedangkan yang yang dimaksud dengan “mengerjakan kebaikan” di dalam ayat itu ialah mengerjakan kebaikan dengan serius dan sesuai dengan sunnah Rasulullah saw.

Jadi, niat yang ikhlas saja belum menjamin amal kita diterima oleh Allah swt., jika dilakukan tidak sesuai dengan apa yang digariskan syariat. Begitu juga dengan perbuatan mulia, tidak diterima jika dilakukan dengan tujuan tidak mencari keridhaan Allah swt. Dan ibadah itu tidak hanya shalat, zakat, puasa, haji dll tetapi segala sesuatu apapun yg kita kerjakan jika niat kita iklas dan caranya benar juga termasuk ibadah. Betapa nikmatnya islam ini.. Semangat mengkaji Islam terus ya shalih/ah

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Kodrat Hati Sang Humaira Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang