Banyak org org menunda hijrah lantaran mengaku dirinya belum dapat hidayah, gak mau nutup aurat katanya belum dapet hidayah, gak mau sholat katanya belum dapet hidayah, gak mau puasa katanya belum dapat hidayah.
Bukankah hidayah itu dijemput bukan ditunggu? Ibaratkan kita pengen kaya tapi gak mau usaha, pengen hidup enak tapi gak mau kerja ibaratkan gitu deh..
Pola pikir manusia kaya gitu itu kacau keinginannya pengen masuk surga, ngebahagian orgtua tapi disuruh ngejalankan perintah Allah ogah.Yuk deh kita kupas abis apa itu hidayah.
Berbicara tentang hidayah berarti membahas perkara yang paling penting dan kebutuhan yang paling besar dalam kehidupan manusia. Betapa tidak, hidayah adalah sebab utama keselamatan dan kebaikan hidup manusia di dunia dan akhirat. Sehingga barangsiapa yang dimudahkan oleh Allah Ta’ala untuk meraihnya, maka sungguh dia telah meraih keberuntungan yang besar dan tidak akan ada seorang pun yang mampu mencelakainya.
“Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk (dalam semua kebaikan dunia dan akhirat); dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka merekalah orang-orang yang merugi (dunia dan akhirat)” (QS al-A’raaf:178).
Nah bagaimana kebutuhan manusia kepada hidayah Allah Ta'ala?
Allah Ta’ala memerintahkan kepada kita dalam setiap rakaat shalat untuk selalu memohon kepada-Nya hidayah ke jalan yang lurus di dalam surah al-Fatihah yang merupakan surah yang paling agung dalam Al-Qur-an, karena sangat besar dan mendesaknya kebutuhan manusia terhadap hidayah Allah Ta’ala.
“Berikanlah kepada kami hidayah ke jalan yang lurus”. (Alfatihah:6)
Oleh karena itu, Tiada yg lebih indah dalam hidup seseorang dari dirinya yang disapa hidayah, dan berjuang untuk berhijrah 😊