Hai para umat manusia yang nyebut semua minuman 'Aqua',
Menyebut semua penyedap makanan 'Micin',
Dan menyebut semua mie instan 'Indomie'.
Yang enggak, berarti bukan umat. Tapi manusia. NGOMONG APASIH GUE?
Gue balik lagi nulis ini Wattpad yang udah lama tak terjamah, suasana yang ramai di tengah kota, slalu waspadalah kalau berjalan—MALAH NYANYI.
Gue sudah lama menghilang dari perfacean bumi ini karena satu alasan, satu tujuan, dan satu penghambat.
Alasannya antara lain:
- Gue mau UNBKTujuannya:
- Gue ngilang karena mau fokus UNBK.
Penghambatnya:
-UNBK
Gue sampe nggak tau kalau Anya geraldine putus sama Okky gara-gara fokus UNBK. Gue juga ketinggalan kabar kalau Awkarin baikan sama temen-temen lamanya.
Tapi tenang, hidup gue nggak bergantung dengan empat huruf itu. Gue mau menceritakan kejadian mistis saat UNBK.
Tunggu, ini bukan wattpad horor. Tapi ini jadi horor gara-gara ada soal 'HOTS' yang kecampur di soal gue dan temen-temen gue.
MULAI.
Gue mendapat sesi pertama di hari pertama, begitupun Siwi.
Gue kelas C, dia kelas B. Kita sesi yang sama namun tak se-lab-komputer. Kayak mamang-mamang jualan cilok tapi nggak punya saos. KAGAK NYAMBUNG GBL*.
Oke, jadi hari pertama itu pelajaran Bahasa Indonesia. Waktu itu gerimis, dingin, dan sepi. Adek kelas gue libur, ENAK LU YE?
Gue duduk TEPAT di belakang AC. Bersyukur gue nggak defekasi, gue cuma mengeluarkan hasil ekskresi lewat uretra 2 kali.Bagi lo semua yang UNBK tahun ini pasti tau, waktu itu ada masalah di pusatnya. Saat gue mau login itu nggak boleh. Jadi gue nggak mau mencet, takut dosa.
Jam 7 pagi tanggal 23 April gue masuk ke dalam lab. Semua gawai (=gadget) sudah dikumpulkan di keranjang. Termasuk komputer kepala sekolah.
Gue nunggu sampe jenggotan, serius. Dari jam 7 pagi ada di lab kerjaan gue cuma istigfar, baca Al-Fatihah, baca 3 surat terakhir, doa ujian, sampe ayat kursi.
Sampe akhirnya si Mas-mas yang mengkontrol semua komputer bilang, "Boleh login! Tokennya saya tulis di depan."
Gue bingung mau nangis atau bahagia, otak gue udah kacau gara-gara nunggu dari jam 7 SAMPAI JAM SETENGAH 10. Ya, gue baru mulai jam setengah 10. Harusnya gue udah logout akun jam segitu.
Waktu pulang gue tanya ke Siwi, "Siw, tadi lu nunggu sampe jam setengah 10?"
Katanya, "Iya, gue sampe liat Sailor Moon ngancurin planet Namek lagi."
"Salah animasi, goJEK."
***
Besoknya adalah UNBK Matematika. Gue dapet sesi ke-3, alias terakhir. Gue berharap agar tidak hujan, dan itu terkabul.
Suasananya beda, agak mencekam. Sampai pada akhirnya kepala sekolah gue dateng dan nanya, "Siapa yang belum datang?"
Temen-temen gue serentak jawab, kecuali gue, karna gue bodoamat. "ANCA, BUU!!"
Lantas kepsek gue langsung marah-marah, dia langsung menghubungi semua nomor yang ada, suruh satpam ngejemput ke rumah dia, dia sibuk nanyain 'Si Anca rumahnya di mana?' ke temen-temen gue.
Ketua kelas gue juga ikut stres, dia nanya-nanya juga ke temen-temen gue yang deket sama Anca. Udah kayak lagi ngegeledah tas pecandu narkotika. Galak.
Tapi karena ketua kelas gue adalah orang yang paling jenius, pintar, dan efektif sedunia akhirat, Insya Allah.
DIA LANGSUNG MEMBUKA MOBILE LEGEND-NYA.
Beberapa detik kemudian ... "WOI ML-NYA SI ANCA AKTIF!"
Gue dan beberapa temen gue yang ngedenger itu langsung ngakak ga karuan.
BISA-BISANYA LU MAU UNBK MATEMATIKA SEMPET-SEMPETNYA MAIN ML?!
Beruntungnya, kepala sekolah gue nggak tahu tentang hal itu. Semoga aja dia nggak baca wattpad gue, nanti ijazah temen gue ditahan, amit-amit.
Karena si Anca kelamaan, gue dan temen-temen gue UNBK duluan. Apa kabar Siwi? Mungkin dia udah duluan bertemu dengan soal-soal HOTS jahannam.
Gue udah ngerjain soal nomor 7, gue inget banget. Kepala sekolah nanya lagi ke kelas gue, dan saat itu juga, SI ANCA BARU DATENG.
Mungkin sudah takdirnya dia kena marah kepala sekolah. Gue mah bodoamat mau dia dimarahin sampe dipukulin warga pake keyboard bekas juga, TAPI BERISIK ANJIR. GUE NGGAK BISA MIKIR.
Akhirnya gue bisa menghadapi soal HOTS itu dengan mudah, alhamdulillah.
Tapi gue sempet mikir, gue sekolah tiga tahun nggak pernah diajarin ngitung jarak pengamat mercusuar.
Gue nggak pernah dididik ngurusin nahkoda dengan kapalnya yang melaju ke arah timur. Nggak pernah, Bu, Pak. Nggak pernah.
Dan si Anca selesai lebih dulu daripada gue.............
-UNBK Part 1, Tamat-
*****
HALO PEJUANG UNBK DAN ORANG-ORANG GABUT WAKTU LIBURAN! Gue kombek dengan segala keikhlasan gue saat UNBK. Gue ikhlas ngitung pengamat mercusuar, gue juga ikhlas kalau ulang tahun gue PAS UNBK.
Ikhlas. Ridho.
Mungkin part selanjutnya gue lanjutin minggu depan, atau mungkin ... kagak tau dah.
Gue anaknya mudah lelah sekarang, kayaknya kurang darah dan punya turunan diabetes. Muka gue udah manis, sih.
Jangan takut dengan UNBK. Kalian pasti bisa menghadapi cobaan itu.
Readers yang UNBK: "TELAT ANJIRRRR!!!"
KAMU SEDANG MEMBACA
Diary of Suktol People
HumorAda 2 makhluk ciptaan Tuhan yang kelakuannya konyol nan error udah kayak kaset Boboiboy terendam air. Ini lah kisah 'tolol' Macin dan Siwi. Dari minum hand sanitizer sampe mesen grab ke tukang cilor. Mereka ke sekolah bukan hanya untuk tolabul ilmi...