notes.

19.1K 948 47
                                    

Aku meminta waktu kalian sejenak untuk membaca ini.

Tidak jarang sewaktu kita membaca fanfiksi dengan penulisan yang bagus dapat membuat kita masuk ke dalam cerita. Tapi di sisi itu ada hal yang harus kita garis bawahi adalah idol yang terdapat dalam sebuah fanfiksi tidak lebih dari visualisasi karakter, nama dan karakter yang diperankan juga hanya terdapat pada cerita tersebut, tidak pada realitanya.

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Selepas dari fanfiksi tersebut, idol tetaplah dirinya sendiri

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.


Selepas dari fanfiksi tersebut, idol tetaplah dirinya sendiri. Sempat melihat beberapa oknum yang begitu terbawa dengan sebuah fanfiksi dan dirinya bahkan memanggil nama dari cerita tersebut hingga menyebutkan karakternya di saat idol tersebut melakukan live, itu benar-benar buruk. Mungkin dia tidak memahami bahasa yang kita gunakan, tapi itu tetaplah buruk.

Saat ini begitu ramai menjadi perbincangan atas banyaknya komentar-komentar annoying dari beberapa fans Indonesia di siaran live idol dan membuat inter fans geram. Menurutku tidak masalah berkomentar dengan bahasa kita saat idol melakukan live, dengan catatan :

1. Walaupun mereka tidak memahami bahasanya, gunakan bahasa yang baik untuk berkomentar. Jika bisa beri artiannya minimal dalam bahasa inggris agar idol mengerti yang kalian ingin katakan.

2. Berikan kalimat-kalimat positif yang mendukung mereka. Kalau saat menonton live dengan tidak adanya subtitle dan kalian tidak paham, ya sudah lihat saja mereka, mereka senyum kita ikut senyum tanpa perlu banyak berkomentar "aku tidak paham" dan sebagainya.

You're handsome/beautiful
Kamu tampan/cantik

How are you?
Bagaimana kabarmu?

What are you doing right now?
Apa yang sedang kamu lakukan sekarang?

I hope you always be happy
Aku harap kamu selalu bahagia

You're the best singer/dancer/rapper/leader
Kamu penyanyi/penari/rapper/pemimpin terbaik

Thankyou for working hard💚
Terimakasih telah bekerja keras

Sekiranya seperti itu, jika kalian ingin memberikan komentar. Kalau kalian bisa menggunakan bahasa sehari-hari mereka entah korean/chinese/thai/japanese or anything else, itu lebih baik. Kalian juga bisa mengapresiasi lagu mereka dan sebagainya.

3. Jangan meminta mereka mengucapkan umpatan-umpatan Indonesian, terlebih beberapa oknum memberikan artian yang salah. An example "please say jan*** that means you're handsome" or anything else. Meminta mereka mengucapkan kalimat/kata-kata yang sedang 'viral' di Indonesia dan terlebih itu memiliki artian buruk, menyinggung, dan direspectful, itu tidak pantas dilakukan. Sedikit out of topic, beberapa masyarakat Indonesia masih sering mengajarkan orang asing bahasa kita dengan umpatan dan memberikan artian yang salah pada mereka. Mengajarkan orang tentang bahasa kita tidak seharusnya melalui umpatan, banyak kata-kata indah yang lebih baik untuk diajarkan dan memperkenalkan Indonesia.

4. Panggil Idol sesuai nama mereka. Mereka memiliki nama yang bagus, jadi panggillah dengan nama mereka atau panggilan yang memang sudah melekat pada mereka daripada panggilan-panggilan yang mereka sendiri tidak tahu.

5. Jangan berkomentar dengan konten 'bulan hitam'. Banyak dari kalian tahu apa artian 'bulan hitam' itu. Itu benar-benar annoying. Silahkan halu pada tempat yang tepat.

Dengan penuh harap kalian yang membaca ini untuk menjadi lebih bijak setelahnya. Emosi kita bisa dibuat naik dan turun saat membaca fanfiksi, namun setelah selesai ya sudah selesai. Jangan membawa karakter fanfiksi yang diperankan idol kepada real life mereka dan mari terus dukung karya-karya dan kerja keras mereka.

Terimakasih telah menyempatkan sejenak membaca hal ini, jika ada hal penting yang belum aku tambahkan, kalian bisa menuliskan dikolom komentar. Jika ada salah kata, tolong dikoreksi ya...

imchinxny.

EXO X NCT ✓ (REV.)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang