Secara harfiah, Botol Manci merupakan makhluk halus bertubuh pendek atau seukuran bayi yang memakai topi bayi seperti santa claus, serta tangannya memegang botol susu. Mungkin karena penampakannya itulah, ia disebut sebagai Botol Manci. Seperti halnya manusia, Botol Manci juga ada yang berjenis kelamin laki laki serta perempuan. Berdasar kisah yang dituturkan orang-orang tua di Maluku, keberadaan Botol Manci bisa dijumpai di bawah pohon bambu hias. Kemunculannya ditandai dengan cahaya kelap-kelip layaknya cahaya bintang di langit atau cahaya kunang-kunang. Selain itu, Botol Manci juga ada yang baik serta ada yang jahat. Ia suka berbuat usil dengan bermain atau menyembunyikan bayi dan balita yang disukainya.
Untuk memanggil Botol Manci, bisa dilakukan dengan cara memain-mainkan lidi yang ujungnya dibakar dan baranya masih menyala di tempat yang gelap atau angker. Akan lebih baik lagi jika dilakukan di bawah pohon bambu hias. Bagi yang beruntung akan bisa bertemu dengan Botol Manci.
Menurut kisah para orang tua di Maluku, jika bertemu dengan Botol Manci dan berhasil mengambil topinya, permintaan kita akan dapat terpenuhi. Syaratnya, kita harus sesegera mungkin mengembalikan topinya sebelum pagi atau sebelum matahari terbit. Meski bertubuh kecil, Botol Manci amat kuat bila bergumul dengan manusia yang berniat mengambil topinya untuk meminta harta dan lain sebagainya. Apabila manusia tersebut kalah atau tak kuat dalam perebutan topi Botol Manci, maka ia akan digeliki hingga meninggal.
Bagi beberapa orang, Botol Manci bukan cuma dongeng namun kisah nyata. Botol Manci bisa dilihat oleh orang-orang yang terlahir dengan sarong atau selaput yang membungkus bayi ketika dilahirkan. Mereka yang terlahir dengan sarong, mempunyai mata yang terang serta bisa menatap hal hal ghaib. Bukan cuma bisa melihat Botol Manci, namun juga makhluk-makhluk ghaib lainnya.
Bedasarkan cerita, banyak hal aneh yang terjadi di Maluku terkait Botol Manci. Contohnya, ada anak yang kedapatan sedang bermain-main dengan Botol Manci. Ada juga yang menemukan piring emas karena memperoleh petunjuk dari Botol Manci. Tetapi, yang sering terjadi adalah anak yang lenyap berhari-hari karena disembunyikan oleh Botol Manci. Walaupun sudah dicari hingga sampai ke dalam hutan, tetap saja tidak bisa ditemukan. Namun, ada dukun kampung yang terlahir dengan sarong dan memilliki kekuatan magis, ia bisa melihat keberadaan anak yang lenyap tersebut. Dukun kampung tersebut mengatakan kepada orang tua kalau anaknya yang lenyap ada di balik pintu kamar.
Anak-anak yang disembunyikan oleh Botol Manci akan memiliki badan yang pendek dan kerdil. Bahkan badannya tidak akan pernah tinggi layaknya anak-anak biasa lainnya sejak dirinya disembunyikan oleh Botol Manci.
Botol Manci merupakan legenda nyata masyarakat Maluku, bahkan para orang tua yang pernah bertemu dengan makhluk ghaib ini masih hidup sampai sekarang. Walaupun begitu, belum ada studi mengenai makhluk ghaib ini, sehingga Botol Manci tetap menjadi misteri yang belum terpecahkan.
KAMU SEDANG MEMBACA
A Nightmare Story
HorrorKuntilanak. Pocong. Noni Belanda. Prajurit Jepang tanpa kepala. Hantu. Ada atau tidak? "A Nightmare Story" akan membawamu menikmati malam-malam penuh teror. These stories are based on true story. Believe or not? That's your own business. Nb: cerita...