empat : hati yang berbicara

1.7K 410 35
                                    

Nino POV

Gua sama Sabina ga bisa ketemu minggu ini karena kerjaan gua. Untungnya gua masih mampir dulu ke Tasik. Soalnya Jakarta - Pangandaran kalau lewat jalur normal lewatin Tasik. Jadilah ada kesempatan kangen - kangenan sama mamake. Begitu sampai Tasik, Mama gua heboh karena tahu partner gua cewek. Jadilah gua dapet segudang ceramah dan interogasi.

"Nino kamu kok ga bilang temen kamu teh cewek." Kata Mama

"Ya kan Nino minta siapin kamar beda Ma."

"Sabina gimana? Cemburu ngga? Mana Ayu geulis gitu."

"Sabin tau kok, kita bukan bocah Ma. Tenang aja menantu mama aman."  Timpal gua.

Iya aman, karena mama belum tahu perbedaan antara gua sama Sabin.

"Pokoknya kamu jangan mainin perasaan cewek ya. Kudu inget nganyenyeri hate awewe teh sarua jeung nganyeyeri Mamah."

Kalau Mama serius pasti pake bahasa sunda. Barusan beliau bilang harus inget kalau nyakitin hati cewek sama kaya nyakitin Mama.

"Siaaap Ma. Nino mandi dulu ya."

"Iya, mama mau nyamperin neng Ayu dulu." Katanya.

Gua yakin mama pasti nanya - nanya ke Ayu. Mama kan kepo banget sama kaya anaknya Selgiana. Gua sih slow aja toh Ayu Kinanti udah tau kalau orang tua gua ga boleh tau soal masalah gua sama Sabina.

Ayu POV

Gua agak kaget si Nino gelo itu ngajakin gua ke rumahnya. Mana pake nginep segala. Ini pertama kalinya gua nginep di rumah temen cowok. Untungya orang tua dia ramah. Apalagi Mama nya, sejak tadi ngajak gua ngomong terus.

"Jadi Ayu baru kenal Nino?" Tanya Mamanya.

"Iya Tante, karena satu tim project."

"Oooh orang mana Ayu teh? Kayaknya ngerti basa sunda ya?" Tanya Mama Nino.

"Ayu asal Cianjur Tante. Makanya ngerti." Jawab gua.

"Yaudah panggilnya Mama aja ya. Kan temennya Nino." Ujarnya.

Awkward? Pasti sih. Apalagi emaknya Nino pengen dipanggil mama.

"Kamu kenal Sabina kan Yu?" Tanya Mama Nino.

"Cuma tahu aja tante ga pernah ketemu. Kan penempatan Bandung Bina nya." Jawab gua.

Jawaban gua memang cari aman biar ga ditanya. Gua paham sih feeling seorang Ibu itu kuat. Pasti Mama Nino merasakan ada yang disembunyikan Nino. Disini bukan hak gua untuk berbicara. Masalah Nino harus Nino yang sampaikan.

Nino POV

Gua ga kaget denger mama nanya - nanya Ayu soal Sabin. Sesuai prediksi gua sebelumnya. Kondisi ini bikin gua semakin takut. Reaksi Mama akan seperti apa kalau tahu gua sama Sabina berbeda keyakinan. Belum gimana penerimaan Sabinanya. Gua ga mau dia sakit hati. Jikalau harus sakit biarlah gua aja. Sabina jangan.

Hari ini gua sama Ayu berangkat ke Pangandaran. Kita bawa mobil kantor sih jadi fleksibel. Dijalan si Ayu molor terus. Makinlah gua banyak ngelamun, mana nyalain radio keputer peri cintaku. Inget Sabina lagi.  Sebucin itukah gua sampai apa - apa ingetnya Sabina? Gua inget hari ini kita belum teleponan. Mungkin gua rindu. Lagi apa ya Bina di Bandung?

Sabina POV

Gelisah? Itu pasti. Kesel? Banget. Bayangin cowok sendiri ajak cewek lain ke rumahnya, sedangkan lo ceweknya ga pernah diajak. Ini memang urusan kerjaan sih. Namun, gua tetep nyesek. Apalagi inget Ayu sama Nino itu seiman. Ayu juga cantik. Gimana kalau akhirnya Nino malah sama Ayu? Terus ninggalin gua.

"Lo kenapa Sab? Tumbenan manyun mulu." Kata Jane temen seapartemen gua.

"Ga apa Kak Jan. Gua cuma kepikiran Nino." Timpal gua.

"Yailah Sabina tinggal telepon bisa kali. Weekend juga kan."

"Dia lagi lembur gitu ke Pangandaran takut ganggu." Kata gua.

"Kalau nada lo udah ketus, itu berarti ada masalah." Ujar Jane.

"Iyasih, Kak apa hubungan beda agama penyelesaiannya cuma pisah aja?" Tanya gua.

"Berat bener pertanyaan lo. Gua ga tau mesti jawab apa." Jawab Jane.

"Kak jawab sesuai opini lo aja."

"Nanti malah bikin lo down kan gua yang berabe." Kata Jane.

"Gua tau kok lo setujunya pisah ya." Tebak gua.

"Ya kalau gua pribadi sih mendingan pisah. Gimana ya Sab, cinta emang ga bisa dipaksain buat siapa. Itu alamiah. Selama ini juga gua liat lo nyaman sama Nino. Hanya saja rumah ga bisa dibangun kokoh kalau pondasinya ngga kokoh. Kepercayaan itu hal mendasar. Mungkin lo bisa nikah di luar negeri. Tapi ga kasian anak lo nanti bingung mau ikut ibu atau ayahnya?" Tanya Jane.

Gua yakin air muka gua udah berubah. Gua tertegun. Bener sih kita bisa nekat nikah di luar negeri supaya legal. Tapi anak gua nanti gimana? Kalau mereka ikut Nino, gua ga bisa ajarin mereka apapun. Kalau mereka ikut gua? Nino gimana? Terkadang gua lelah memikirkan semua ini.

"Omongan gua ga enak ya?" Tanya Jane.

"Ngga kok, emang bener gitu Kak." Jawab gua.

"Sab jalan aja yuk. Kesel gua liat lo murung terus. Toh kalau Nino jodoh lo. Tuhan pasti memberi jalan." Kata Jane.

Gua hanya tersenyum menanggapinya. Memang benar jodoh sudah digariskan Yang Maha Kuasa. Kenapa gua harus pusing? Ini pemikiran Sabina kalau lagi bener.

Nino POV

Sampai malam Sabina masih ga ngasih kabar. Gua telepon handphone nya mati. Gua bingung dia kenapa? Apa gua berbuat salah? Apa dia ngambek karena gua ga mampir Bandung?

"Nino lo gelisah bener? Sabina belum ngabarin?" Tanya Ayu.

"Belum Yu. Apa gua ke Bandung aja ya besok." Jawab gua.

"Menurut gua kalau survey udah selesai daripada kerjaan lo jelek temuin aja Sabina dulu." Katanya.

"Iyasih, buncin ya gua?"

"Alhamdulillah. Nino sadar." Jawabnya.

"Yu, makasih ya ga bilang apa - apa pas Mama nanya."

"Ya bukan hak gua kali No. Sebagai tanda terima kasih traktir gua seafood kek."

"Yailah Zahra Ayu Kinanti banyak mau emang." Kata gua.

"Ya ga apa Rafli El Nino. Untung gua belain juga." Kata Ayu.

"Ayo deh. Tapi jangan rakus ya. Gua ga bawa uang banyak."

"Paling duit lo abis." Katanya.

Gua sama Ayu lagi duduk di pinggir pantai. Baru selesai survey. Rasanya ini bakalan romantis kalau sama Sabina. Soalnya pas banget sunset. Tapi takdir membawa gua menikmati indahnya sunset sama Zahra Ayu Kinanti, seseorang yang bukan siapa - siapa gua.

Sabina POV

Gua pergi sama Jane malah jadi nyamuk dia pacaran. Bukan refreshing malah makin kesel. Akhirnya gua nelepon kak Nico. Untungnya dia lagi free juga.

"Jadi ajak gua jalan ga karena ga mau jadi nyamuknya Jane. Laki lo ga ngapel apa?" Tanya Nico.

"Ngga dia ada kerja ninjau lokasi di Pangandaran."

"Ooh pantesan inget gua. Lagi sibuk pacarnya." Ujar Nico.

"Lo ngerasa gua gitu ya Kak?" Tanya gua.

"Nggasih. Santai aja Sab. Canda gua."

"Kirain beneran kan gua jadi ga enak." Timpal gua.

"Terus lo mau ngapain? Ini cuma keliling mall aja?" Tanya Nico.

"Nonton aja yuk."

Nico? Cowok yang selalu ada buat gua. Seiman? Iya. Kenal keluarga juga. Kenapa gua ga naksir lo aja sih Kak? Biar ga perlu stress. Tapi, mau gimana lagi hati gua milihnya Nino dan nyamannya sama dia. Dunia memang sulit ditebak.

Untuk Sabina dari Nino ✔️Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang