fourth

68 49 21
                                    


"Pa, uang jajan hari ini belum dikasih," ucapku tepat di samping papa sambil berdiri.

"Uang jajan kamu papa hentikan. Papa nggak mau kamu beli ice cream lagi." Jelasnya dengan muka yang serius menatapku.

"Lho? Jadi uang bukuku bagaimana? Kalo aku mau makan siang di kampus? Kalau ada kebutuhan mendadak lainnya gimana?" Kataku tak menerima.

"Tenang, mulai hari ini bunda nyiapin bekal buat kamu." Bunda menyodorkan kotak bekal ke arahku.

"Masalah buku, kamu harus minta langsung ke papa dan beritahu papa berapa nominalnya, kalau kamu masih bohongin papa, yasudah." Ucap papa santai sambil tersenyum ke bunda.

Aku hanya tidak habis pikir kenapa harus sampai seperti ini? Apa tidak ada jalan lain?

"Kamu kalau nggak diginiin, nggak akan pernah bisa berhenti makan ice cream." Sambung papa seolah ia dapat membaca pikiranku.

Aku tidak mau berdebat lagi, mood-ku sudah benar-benar dirusak oleh papa dan bunda pagi ini. Dengan pasrah aku berangkat kuliah tanpa jatah harian, untung saja tadi aku sudah janjian sama teman untuk ngampus bareng.

***

Sudah dua minggu sejak penghentian uang jajan, aku menginap di rumah Maya, tenang saja aku bukannya kabur, aku sudah izin kok. Sudah dua minggu juga aku tidak makan ice cream, jangan tanya gara-gara itu juga aku sempat demam dua hari. Aneh kan?

Karena kesukaanku pada makanan yang berasal dari Cina itu, aku tidak pernah menyerah untuk bisa memakan ice cream. Jika uang untuk membeli ice cream aku tak punya, maka aku bisa meminta pada Maya untuk membantuku membuat ice cream sendiri.

Hari ini aku tidak ada kelas, jadi aku hanya duduk di depan laptop dan terus mencari informasi tentang bagaimana cara pembuatan ice cream yang enak dan benar. Seketika aku mengingat mengenai koloid pelindung yang sempat aku pelajari di bangku SMA.

Aku mulai mengetikkan sebuah kalimat di kolom pencarian. "How to make an Ice cream."

Banyak artikel yang muncul, aku tertarik dengan judul artikel How to make the best Ice Cream at home. Setelah membaca resepnya akupun menuliskannya di buku catatanku. Selanjutnya aku mencari tau mengenai apa itu gelatin, yang merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan ice cream.

Ice cream merupakan salah satu contoh koloid jenis buih dan emulsi. Bahan yang ditambahkan dalam pembuatan ice cream salah satunya adalah gelatin. Gelatin adalah salah satu jenis protein yang diambil dari jaringan kolagen kulit, tilang atau ligamen hewan. Gelatin dalam ice cream berfungsi sebagai koloid pelindung yang bertujuan agar ice cream tidak cepat memisah sehingga tetap kenyal dan tidak kaku atau menjaga kestabilan ice cream. Selain itu, gelatin dapat menambah nilai gizi pada ice cream karena kadar asam aminonya tinggi dan rendah asam lemak.

Ah aku mengerti, lalu di mana aku bisa mendapatkan gelatin? Karena penasaran, aku kembali mencarinya di internet. Ternyata gelatin mudah untuk ditemukan, menurut informasi yang kudapat gelatin bisa dibeli di supermarket atau bahkan pasar tradisional.

Setelah mendapat semua informasi mengenai pembuatan ice cream, aku menelepon Maya dan memintanya untuk menemaniku ke supermarket.

***

Aku dan Maya sekarang berada di supermarket, langsung saja aku mencarinya di bagian bahan-bahan kue. Tidak butuh waktu yang lama, aku sudah mendapatkannya. Aku kemudian lanjut mencari bahan-bahan lainnya yang akan digunanakan.

Aku mengantri di kasir dan tibalah giliranku. Aku meminjam uang pada Maya, tabunganku sudah habis, dan peraturan papa waktu itu berlaku dengan ketat. Kalau aku minta uang ke papa dan bilang kalau aku mau buat ice cream, itu adalah hal yang mustahil untuk diizinkan.

Setelah kudapatkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan, aku kembali ke rumah dengan hati yang berbunga-bunga.

Setibanya aku di rumah, tanpa banyak basa-basi lagi, aku dengan segera ngambil catatanku tadi dan mempersiapkan alat dan bahannya. Dengan sabar Maya membantuku jika aku memintanya. Raut wajah Maya kelihatan senang dengan aktifitasku ini.

***

.

******************************

******************************

******************************

HAI GUYS!

DON'T FORGET TO VOTE AND COMMENTS IN THIS PART!

DON'T FORGET TO FOLLOW ME AND nadeyshfr


[COMPLETED] FALL IN ICE CREAM- ONE-SHOTTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang