fake or not?

341 45 6
                                    

Ada teori yang bikin dandanie bete yaitu kyungsoo ngebuat buat suaranya jadi lebih deep biar lebih manly. Yang bikin teori ini katanya shipper gitu (aku gak tau shipper mana dan benar apa enggak).

Haaaah lelah ade bang..
Aduh shipper ini udah banyak yang gak suka loh, please jangan cari masalah..
Shipper yang lain yang gak tau apa apa (termasuk diriku) jadi kebagian jeleknya juga soalnya...
Tolong yang mau berteori dan beropini tolong dipikirkan lagi ya kalau mau ngepost dimedia sosial. Inget media sosial itu bisa diakses siapa aja, jadi klo mau post yg aneh aneh ya private aja kek akunnya. biar aman dan dirimu bebas gituloh..

Btw suara kyungsoo emang begitu deh perasaan, emang ngebass. Waktu jamannya dia masih remaja tanggung juga suara kyungsoo udah rada besar, walau gak se deep sekarang.. Tapi inget dong kyungsoo itu cowok, makin dewasa suara mereka pasti akan berubah.

Loh suara cowok berubah kan pas masa puber, kyungsoo kan udah lewat kok bisa masih berubah?

Sini belajar yuk..

Seiring pertambah usia, suara kita akan berubah. Yang paling kelihatan adalah pada masa childhood dan adolescence. Kenapa bisa berubah gitu?  Itu karena larynx (or voice box) dan vocal cord tissues belum sempurna sampe usia remaja akhir. Perubahan ukuran dan karakter dari larynx ini yang bikin pitch suara berubah-ubah. Terus perubahan hormon yg signifikan pada masa adolescence juga berpengaruh.

Nah sekarang kita liat usianya. Berdasarkan standard yang ditetapkan sama WHO (World Health Organization, just in case you don't know) adolescence itu dari usia 10-19 tahun. Bahkan beberapa scientists ada yang bilang sampai usia 24 tahun.

Kita semua cewek maupun cowok mengalami perubahan tiap detiknya. Dan musti diingat kalau setiap individu yang hidup itu punya keadaan yang berbeda beda. Contoh kecil aja kayak masa puber, ada cewek yang udah mens dari kelas 4 SD ada juga yang baru mens kelas 2 SMP, berhentinya masa pubertas mereka otomatis akan berbeda juga.

Selain hormon dan keadaan tubuh, gaya hidup juga mempengaruhi. Perubahan pada orang yang suka olahraga akan beda sama orang yang gk suka. Ingat, olahraga itu mempengaruhi hormon. Orang yang ngerokok atau sering minum minuman keras juga tentu akan berbeda. Rokok dan minuman keras kan bisa mempengaruhi jaringan tubuh, bisa merubah bahkan merusak larynx kita juga.

Dan jangan dikira perubahan suara berhenti di adolescence aja ya, perubahan itu terus terjadi selama kamu masih hidup. Lansia juga mengalami perubahan loh namanya the aging voice, biasanya suaranya jadi tinggi dan tipis karena otot ototnya yang mulai kendor. Jadi selama masih bernafas, ya perubahan kayak gitu terus terjadi.

Kemungkinan suara kyungsoo berubah itu sangat besar. Apalagi dia juga pasti melatih otot otot suara dia buat nyanyi. Latihan pernafasan kan juga kan bisa untuk melatih otot suara. Coba bandingin pas kita nyanyi dan ngomong, suara pasti berubah, metode pernafasan yang digunakan juga diubah ubah.

Jadi apakah suara kyungsoo yang deep itu bisa dibilang fake? Jawabannya pasti enggak lah, itu perubahan alamiah yang dilakukan tubuh karna ada rangsangan tertentu (contoh hormon dll).

Capek tau ngubah suara tuh, kamu harus terus fokus buat bikin suara kayak gitu. Aku rasa kyungsoo udah capek sama kegiatannya dia yang seabreg, ya ngapain juga nambah kecapeannya dia dengan ngubah suara kayak gitu.

So, stop spreading rumors..

Jangan nyebarin sesuatu yang gak benar please.. Kalau mau berteori jangan lupa dicari dulu kebenarannya, sekarang jaman modern website WHO juga gratis, beberapa jurnal kesehatan juga banyak yang bisa dibuka umum.

Be smart dalam bersosial media yaaa

Jangan lupa vote buat kyungsoo, mumpung masih ada waktu.. gap nya gede bgt ini hmm

Btw kok ini jd kyk presentasi ya bukan curhat 😂😂

MY TWO CENTS OPINION ABOUT THINGSTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang