Dalam exo-l ada yang jadi shipper, ada yang biasa aja dengan shipper, ada yang bahkan gak suka sama para shipper.
Waktu baekhyun bikin twitter, fandom heboh karena pengen baekhyun dapet pengalaman yang menyenangkan aja ditwitter.
Nah dari situ muncullah bahasan tentang shipper. Ada beberapa aturan (mungkin lebih ke saran kali ya) untuk gak ngetag akun pribadi.
Hal itu munculkan berbagai argumen dari berbagai golongan exo-l. Dari beberapa shipper yang protes sampe para anti shipper ya komennya menyakitkan sekali.
Menurut saya siapapun boleh jadi shipper, mau yang gxb ataupun bxb, ya itu hak mereka. Sama aja kayak orang orang yang punya hak untuk memilih gak jadi shipper.
Mau ngeship exo sama member girlgrup yang bahkan gak pernah ngelirik exo juga ya silahkan. Mau ngeship sesama member exo silahkan. Bahkan mau ngeship kai sama sepupunya chen juga boleh 😂😂 (kayak saya yg sempet mikir 'kyungsoo jadi ma yoora aja lah biar jadi mantu mamanya chanyeol' 😂😂)
Itu kan cuman pendangan seseorang yang merasa mereka cocok atau cute momentnya. Dan karena bertemu dengan orang yang punya pandangan atau pendapat yang sama, muncullah komunitas shipper mereka. Saya rasa ya gak ada yang salah dengan hal itu, toh itu pun hanya pandangan dan pendapat para shipper, bukan berarti kenyataan juga. Selama gak merugikan dan mengganggu kenyamanan dan hak orang lain ya gak papa dong.
Masalah ada beberapa shipper yang ngeship bxb juga ya itu hak mereka yang ngeship. Gak perlulah sampe bilang jijik atau apa. Kalau mau mengingatkan (sesama muslim misalnya) ya ingatkan dengan kata-kata yang baik. Besar kecilnya dosa sih Allah yang ngatur, manusia gak ada yang tau. Dosa kalian yang mengingatkan dengan cara menyakiti hati orang lain bisa jadi malah lebih besar daripada dosa para shipper ini.
Menurut saya untuk gak mentag akun pribadi dan official exo untuk urusan pershipperan itu bagus kok. Saya setuju banget... Sebagai shipper, kita juga harus menghargai orang lain. Jadi untuk kenyamanan kita bersama (fans dan members exo) ya udah jangan ngetag akun member dan official exo. Kita kan gak tau apa member exo nyaman dengan itu atau tidak. Jadi cari jalan aman aja..
Ada beberapa shipper yang bilang "lah awalnya ada shipper shipper juga kan dari korea, member pasti tau lah. Dikorea kan banyak yg kyk gtu pasti mereka juga udah biasa". Tau sih pasti, tapi nyaman? belum tentu. Masalah udah biasa ini juga belum tentu. Dijepang aja yang komik yaoi nya banyak dan bahkan ada live action nya, orang orang yang gay dan suka yaoi masih jadi kaum minoritas dan dipandang sebelah mata.
Dikorea juga gitu, terlihat banyak mungkin buat kita yang jauh dari korea, tapi belum tentu kenyataannya sebanyak yg kita pikirin. Mungkin buat kita member exo pasti udah biasa, tapi kenyataannya kan kita gak tau. Mungkin sampe batasan tertentu mereka bisa maklum, tapi klo lebih dari itu? bisa aja mereka gak nyaman. Inget prioritas exo-l itu ya exo, yuk mulai saling menghargai.
Ngomong-ngomong saling menghargai, postingan gambar shipper yang berbau dewasa juga ada baiknya diprivate. Kita harus menghargai hak ade ade kpopers yang masih kecil untuk tetap punya pemikiran yang sesuai dgn usianya. Kalau udah diprivate tapi tetep ada anak yang masuk ya udah gpp yang penting kita sudah melakukan pencegahan.
Terakhir dan ini penting banget, tolong bedakan mana fantasi kita sebagai shipper dan real life. Jangan sampai menuntut member exo untuk jadi sama yang kita shipperin, ingat perasaan mereka dan perasaan kita itu beda. Kita gak bisa maksa mereka buat suka sama pasangan yang menurut kita cocok sama mereka. Inget kalau real life itu beda dari fantasi kita. Yang menurut kita real belum tentu emang real beneran.
Suka sama sesuatu itu jangan berlebihan, dalam pershipperan juga gitu. Jangan sampai karna shipper, kita lupa kalau members exo juga manusia yang punya perasaannya sendiri. Berharap boleh tapi jangan memaksa, dan kalau pada akhirnya shipper kita gak jadi kenyataan yuk dukung member exo dengan orang yang mereka pilih, kan yang penting mereka bahagia...
Tolong juga stop membuat postingan dimedia sosial yang bisa membuat rumor yang bisa merugikan exo. Dipikirkan dua tiga kali dulu ya sebelum membuat postingan, jangan sampai merugikan orang lain. Yuk mulai smart bersosial media...
.......
Jangan lupa vote buat kyungsoo, exo, dan member lain juga.. Fighting!!
KAMU SEDANG MEMBACA
MY TWO CENTS OPINION ABOUT THINGS
RandomBerisi opini saya mengenai beberapa hal yang menyangkut Doh Kyungsoo.. Mungkin ada tentang exo.. Mungkin ada tentang chansoo.. Mungkin ada tentang hal lain juga.. Ini cuman kemungkinan, yang pasti sih ada tentang kyungsoo hehe Gak rame karena isinya...