Exo-l bukan fandom yang sempurna, bukan juga fandom yang tenang apalagi damai. Kita fandom yang berisik, nyebelin, nyeremin, galak, keras kepala, dan berani berpendapat. Tapi dibalik itu semua Exo-l juga punya banyak kelebihan yang membuat kita jadi salah satu fandom besar dan kuat.
Sekali lagi Exo-l memang bukan fandom yang sempurna. Didalamnya masih ada orang orang yang sering membuat rumor gak jelas, yang sering berantem karena ship, yang lebih cinta biasnya dan gak dukung para member lain. Kita masih sering emosi dengan hal kecil, senggol bacok katanya, kita yang antara korean, chinese, dan internasional fansnya kadang berantem, sirik-sirikan.
Tapi kita juga Exo-l yang selalu cinta dan dukung EXO. Kita bisa melewati dan menghadapi apapun kalau itu bisa bikin para member EXO bahagia. Kita yang dalam hatinya hanya ada niat baik untuk membahagiakan EXO. Dan untuk itu saya selalu bangga jadi seorang Exo-l. Dengan semua kekurangan yang kita punya, kita tetaplah keluarga. Kita selalu kembali bersatu untuk EXO. We are one.
Selalu pengen menghadiahkan piala untuk EXO sampai kadang berantem karena mengingatkan satu sama lain tentang voting. Kita yang menang voting dengan kerja keras akhirnya saling memaafkan dan melupakan pertengkaran itu. Dan kalau tidak menang kita akan saling menguatkan, walau ada juga yang saling menyalahkan, tapi tentu kita gak bisa hanya melihat sedikit hal negative dan melupakan hal positive yang jauh lebih banyak. Semangat kita tetap satu.
Kita yang rela bahu membahu membuat akun, saling membantu menjelaskan pada yang tidak mengerti. Kita juga patungan buat bisa streaming dikorean site, dengan hasil menabung uang jajan untuk yang masih sekolah dan kuliah. Banyak juga yang bermodal pulsa untuk streaming dan voting. Setiap perjuangan yang kita lakukan itu mau kecil ataupun besar, sama sama berarti. Semua orang punya peran penting didalamnya, bahkan buat dia yang bisa menyumbang doa. You work hard 👍👍
Banyak yang mengejek kita karena kita berani melangkah lebih jauh dibandingkan yang lain, tak apa, kita masih punya satu sama lain. Fandom lain menertawakan kita karena kita berniat untuk melaporkan para antis kepihak berwajib. Mereka juga menertawakan kita ketika kita menghubungi pihak SM. Mereka menyepelekan kita yang melakukan aksi protes agar SM melindungi artisnya. Tapi apa yang kita perjuangkan menjadi pelopor dari kebijakan SM yang akan melindungi artisnya dari para antis. (walaupun belum terlihat juga sih usaha SM)
Semua yang kita lakukan tidak hanya menguntungkan EXO, tapi artis SM lain juga. Setelah SM bertindak mungkin jejaknya akan diikuti agensi lainnya. Hal ini akan jadi berita baik untuk para idol dan artist yang ada, karena nantinya mereka akan mendapat perlindungan dari agensinya. Satu langkah lebih yang kita lakukan bisa berdampak lebih pada kehidupan para idol ini loh. Exo-l~~~ berbanggalah..
Sekarang kita menjadi bahan tertawaan fandom lain kembali. Mereka mengatakan kalau kita mempermalukan EXO. Menginterpretasikan niat baik kita dengan salah karena mereka mentranslate dengan salah juga. Mereka memandang kita dengan sebelah mata karena kita Exo-l. Jangan berkecil hati~~ angkatlah dagu kalian tinggi tinggi, karena kita Exo-l. Kita harus bangga karena kita Exo-l.
Selama kita tidak merugikan orang lain dan tidak melakukan hal yang salah, EXO akan selalu bangga sama Exo-l. Saya yakin akan hal itu. Mereka tidak tau bagaimana hubungan kita dengan EXO, mereka tidak punya hak untuk menyatakan hal seperti itu pada kita. Tapi biarkan saja, karena mereka bukan Exo-l, mereka tidak akan pernah tau bagaimana hubungan kita dengan EXO. So they can just shut up! 🙂
Btw, sebagai seorang konsumen Exo-l punya hak untuk bertanya dan protes kepada produsen. Kita punya hak untuk menanyakan kemana uang voting kami mengalir jika vote kami tidak dijadikan acuan untuk mencari pemenang. Hak ini kami pergunakan, apakah salah? Tentu tidak. Jangan takut, kami tidak meminta piala oppa kalian. Kami hanya minta penjelasan pada Soribada. Kami mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk voting, saya rasa wajar jika kami sebagai konsumen mempertanyakannya.
Sekali lagi Exo-l membuat langkah yang lebih jauh dari fandom lain. Hal ini juga bisa menjadikan awal dari Soribada yang lebih baik. Hal ini juga bisa menguntungkan banyak group, artist, dan fandom lain. Dengan Soribada yang dievaluasi, tentu akan meningkatkan kualitas dan kredibilitas dari acara awards tersebut. Jadi Exo-l tidak usah malu, biarkan mereka tertawa, biarkan mereka mencaci. Kita harus tegak gagah berdiri, kita harus kuat. Saya yakin pada akhirnya kita akan berdiri ditempat paling tinggi tak tergoyahkan. Exo-l 짱!!
Exo-l terima kasih sudah bekerja keras dan selalu mendukung EXO. Terima kasih sudah bertahan walaupun saya tau jadi seorang Exo-l bukanlah hal yang mudah. Tapi kita melewati semuanya dengan penuh ketegaran. I'm so proud of Exo-l. Saya bangga juga jadi bagian dari Exo-l. Saya yakin fandom kita berkembang terus tiap harinya, Exo-l juga terus memperbaiki diri untuk jadi fandom yang lebih baik. Bukan perjalanan yang mudah dan singkat memang, tapi kita bisa karena kita bersama dan saling mengingatkan. Semangat!! We are One! EXO 사랑하자!
Bonus uwu Kyungsoo 😂😂
KAMU SEDANG MEMBACA
MY TWO CENTS OPINION ABOUT THINGS
RandomBerisi opini saya mengenai beberapa hal yang menyangkut Doh Kyungsoo.. Mungkin ada tentang exo.. Mungkin ada tentang chansoo.. Mungkin ada tentang hal lain juga.. Ini cuman kemungkinan, yang pasti sih ada tentang kyungsoo hehe Gak rame karena isinya...