🌹

205 8 0
                                    

WANITA TERBAIK

🌺Allah menjadikan wanita sebagai pendamping laki-laki.
Mereka dijadikan hiasan tapi juga sekaligus ujian.

Firmannya:

زين للناس حب الشهوات من المساء.
"Dijadikan terasa indah dalam pandangan manusia cinta terhadap apa yang diinginkan, berupa wanita-wanita.."(Ali Imron: 14).

Sebaliknya, wanita itu.

يا أيها الذين آمنوا إن من أزواجكم وأوﻻدكم عدوا لكم فاحذروهم.
"Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya diantara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka ..." (At-Taghobun: 14)

Islam telah meletakkan batasan karakter wanita yang sholihah.

فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ
"Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka)."(An-Nisa: 34)

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

“Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita tersebut, “Masuklah ke surga melalui pintu manapun yang engkau suka.” (HR. Ahmad; dishahihkan Al-Albany dalam Al-Jami')

Sabdanya,
نساؤكم من أهل الجنة الودود الولود العؤود على زوجها التي إذا غضب جاءت حتى تضع يدها في يد زوجها ، و تقول : لا أذوق غمضا حتى ترضى

“Istri-istri kalian yang termasuk ahli surga adalah: yang penuh kasih sayang, yang melahirkan keturunan, yang kembali (bersandar) kepada suami; jika suaminya marah, ia datang kepadanya dan meletakkan tangannya di atas tangan suaminya sembari mengatakan, ‘Aku tidak akan tidur sampai engkau meridhaiku.’” (HR. An Nasa’i (5/361); Thabrani (19/14) disohihkan Al-Albany)

Rasulullah صلى الله عليه وسلم- ditanya: "Manakah wanita yang paling baik wahai Rasulullah?"
Kata beliau:
الَّتِي تَسُرُّهُ إِذَا نَظَرَ، وَتُطِيعُهُ إِذَا أَمَرَ، وَلَا تُخَالِفُهُ فِي نَفْسِهَا وَمَالِهَا بِمَا يَكْرَهُ
"Wanita yang paling baik adalah wanita yang jika dipandang menyenangkan hati. Dan jika diperintah oleh suaminya dia patuh. Dan dia tidak menyelisihi suaminya dalam urusan dirinya dan hartanya" (HR. An-Nasa'i disohihkan oleh Al-Abany)

Dengan demikian, wanita yang terbaik diantara wanita sholihah adalah yang mentaati Robbnya, menyenangkan suaminya,mematuhi perintahnya dan menjaga kehormatannya...

🍃Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc

   🇮🇩BARISAN SANTRI🇮🇩

Kutipan AkhwatTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang