Setidaknya, dunia pernah mengajarkan untuk tidak memberi sekedar harapan, melainkan kepastian.
Sebab harap artinya menggantungkan hati di bibir tebing. Sekali tergelincir maka jatuhlah ia pada rasa sakit di balik ekspektasi selangit.
Sedangkan kepastian adalah cara tertinggi dari sebuah apresiasi. Menjanjikan keikhlasan penerimaan. Bukan melambungkan asa kemudian menghempas, tetapi biarkan segala berjalan sesuai jalurnya.
Tidak ke mana-mana.
__________
Pukul tiga dini hari, baginya jarang untuk terbangun pukul segini. Namun, dentingan notifikasi yang terlampau kencang—sumpah, dia lupa mematikan ponselnya sebelum tidur karena lelah mengejar deadline—berhasil menarik seluruh kesadarannya kembali ke dunia.
Mars mengerjapkan netra. Membiasakan pandangannya terhadap cahaya. Dia terbiasa tidur dengan lampu utama kamar yang menyala. Sekaligus menjaga agar kepala jeniusnya tidak kaget sebab bangun terpaksa mengakibatkan pening menyerang seharian nanti.
Setelah dirasa nyawa miliknya tak tertinggal satu pun di alam mimpi, pemuda itu menggerakkan tangannya mencari benda di atas nakas yang menjadi sepertiga hidupnya.
Venusofidaunteh updated new post!
Pemuda itu tersenyum dalam diam. Hatinya berdesir ringan. Namun, dirinya tak berharap apa pun selepas mengirimkan link lamannya yang ia tulis ditujukan khusus untuk seseorang bernama Venus.
Tak berani berharap bahwa Venus akan membalas untaian sajaknya melalui cara yang sama.
Anggap saja sebuah perwujudan bahagia. Setidaknya, sapaannya tak bertepuk sebelah tangan. Hitung-hitung memiliki teman baru di bidang hobi yang serupa: aksara.
Dan serupa pula otak konyolnya.
Siapa juga yang mau membalas coretan puisi tidak jelas ditulis oleh orang yang tidak dikenal. Kemudian membalas email dengan cara serupa alias hanya mencantumkan link menuju website pribadi.
Mars tidak pernah memahami bagaimana rotasi semesta menyatukan manusia. Ia meraup sedikit lebih banyak oksigen untuk memenuhi rongga paru-parunya. Membuat pertukaran udara pada alveolus terjadi lebih banyak sesaat.
Kemudian, ibu jarinya menyentuh link pada layar ponsel yang langsung menyajikan beberapa bait kata.
.
.
Tbc.__________
Sincerely,
Rara.
KAMU SEDANG MEMBACA
The Universe of Mars&Venus
PoetryMars dan Venus, dua nama pena yang saling berbagi rasa dengan tulisan meski tanpa pernah sekali pun melihat rupa sang pemilik jemari masing-masing. Sesederhana itu. Hingga suatu hari ledakan matahari menyebabkan venus kehilangan cahayanya, membuat M...