Fisika

420 23 3
                                    

Terkadang berusaha memahami walau kita tak mengerti itu menyiksa

****

Fisika.

Salah satu pelajaran yang enggak terlalu gue suka, atau malah emang gak pernah gue suka.

Entah kenapa dari SMP gue gak pernah ngerti sama itu pelajaran. Kadang gue ngerti sih, tapi habis itu gak inget lagi.

Ini rumusnya mana, ini mana dulu yang dihitung, dan ini yang harus dicari apa. Sering banget pertanyaan itu terlintas pas pelajaran fisika dimulai.

Kadang gue suka nganggep pelajaran fisika tuh gak jelas. Ngapa coba kita disuruh menghitung kecepatan bola? Pernah main bola aja kagak, dan kenapa itu ada rumusnya? Emang rumus itu 100% bener ya? Kenapa penemu rumus itu bisa nyimpulin kalo rumusnya kek gitu???

Haduh bodolah. Pusing sendiri gue nulisnya. Abaikan saja pertanyaan barusan. Anggap aja angin lewat.

Lanjut ....

Entah kenapa selama kelas sebelas ini gue lumayan susah nangkep materi dari guru fisika.

Ini masalahnya di gue apa gurunya? Mungkin gue kali ya. Masak gurunya, aneh banget gue nanyanya 😅

Kalo masalah masukin angka ke rumusnya sih mungkin gue bisa, tapi kalo nemuin rumus yang pas tuh kadang gue pusing sendiri.

Entah kenapa gue sering banget gak fokus pas pelajaran fisika. Jadi gue sering gak ngerti.

Sebulan yang lalu (kalo gak salah) pas gue pelajaran fisika dan si Lia (temen sebangku) gak berangkat, gue duduk sendiri.

Nah waktu pelajaran fisika itu gue blank banget, yang dijelasin guru itu gak masuk di otak gue sama sekali. Padahal gue udah berusaha ngerti sampe kepala gue pusing.

Ini itu singkatan apa? Ini yang mana? Kenapa jadi gini? Ini cara ngitungnya gimana? Rumus yang di pakek apa? Ini kenapa gue ngitung gak ketemu-ketemu???

Pertanyaan-pertanyaan itu yang bikin gue pusing. Pokoknya gue sama sekali gak ngerti hari itu. Gue berusaha tanya sama Dewi yang duduk di depan gue, tapi dia sibuk sama jawaban dia. Tanya ke Rosa, katanya dia sama gak ngertinya.

Sampe gue nangis sambil coret-coret buku gak jelas😅, tapi nangisnya gak kek bocah yang kedengeran suaranya, gue nangisnya cuma diem. Air mata gue gak sampek netes, soalnya sebelum terjun udah gue lap langsung.

"Ini gimana sih? Kenapa gak ngerti-ngerti dari tadi!!!" Kira-kira begitulah umpatan gue.

Sampe akhirnya si Dewi selesai sama jawabannya dan mau ngajarin gue. Tapi gue tetep gak ngerti! Heran juga gue sama diri gue sendiri.

Aneh ya? Harusnya gue nanya ke guru 'kan?? Tapi sayangnya gue gak ngelakuin itu. Alasannya?? Ada dehh😆

Gue ini anak IPA, tapi anehnya gue gak suka fisika. Bahkan gue gak ahli yang namanya fisika.

Waktu kelas sepuluh dulu juga pas pelajaran fisika gue liat si Putri sama Sari. Gue selalu tanya mereka soal rumus mana yang digunain. Bahkan gue juga nyocokin jawaban gue ke mereka.

Parahnya waktu ulangan harian kelas sepuluh, gue udah belajar dan berusaha memahami tuh pelajaran fisika, tapi pas ulangan yang gue pelajarin gak ada yang keluar 😑 Kesel gak sih?

Bahkan dari lima soal, gue cuma bisa jawab satu! Itu pun jawabannya salah lagi!

Yang empat nomor gue kemanain? Ya gue isi juga. Cuma ya gue isi 'Diketahui' sama 'Ditanya' doang. Gak gue jawab.

Sumpah gue gak ngerti banget ini harus digimanain. Gue sempet mikir buat lebih belajar di fisika, soalnya 'kan itu termasuk inti di jurusan IPA. Masa gue gak ngerti mulu.

Jadi setiap pelajaran fisika itu gue sering berharap gurunya gak masuk, tapi itu cuma kemungkinan kecil. Kadang gue takut tiba-tiba ulangan dadakan gitu, soalnya si guru udah pernah bilang kalau dia mau ngasih ulangan sesuka hati dia. Kapan pun dan materi apapun. Jadi ulangannya itu gak pasti materi yang dipelajari hari ini. Kan bikin takut ya?

Percaya atau gak, setiap pelajaran fisika gue selalu berdoa "Semoga ulangan gak hari ini" berulang-ulang 😅, dan gue juga selalu nanya dalam hati "Ini selesainya kapan sih? Lama bener perasan."

Bagi gue fisika tuh kek hantu, serem. Makannya gue pengen buang jauh-jauh pemikiran itu sekarang. Karena kalau gue takut, gue malah gak bisa. Gue pengen bisa tahu, pengen ngerti, dan pengen gak takut lagi.

*****

Siapa disini yang satu pemikiran sama gue?? Gak ada ya?? Ya jelas gak ada lah, cuma gue doang yang mikir kek gini yak😅

Aneh emang gue tuh.

Segitu aja lah ya, yang udah baca jangan lupa...

Vote dan comment.

Gue tunggu loh...

See you😄😊

This Is My ClassTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang