Kesulitan pasti ada, tapi tak ada salahnya berusaha, 'kan?
****Welcome kelas 12
Gue masih di kelas yang sama. Kelas yang katanya 'unggulan', 12 IPA 1. Gak banyak berubah dari kelas ini. Cuma berganti lima anak.
Vina, yang dulu pas kelas 10 sering vidioin Dani (tengok lagi part 'guru ekonomi'), Sari, temen kelas 10 gue dulu yang duduk di belakang gue dan sering gue tanya-tanyain kalo gak ngerti, dua anak gamers yang dulu sekelas sama gue juga di kelas 10 (Fadhil & Pras), dan Rindi, anak dari kelas 11 IPA 3.
Di kelas 12 ini banyak guru yang 'baru', maksudnya baru ngajar gue gitu. Guru kelas 11 yang ngajar juga di kelas 12 ini cuma guru fisika dan guru biologi yang sekarang malah ngajar PKWU.
Kelas gue juga terpencil, tetangganya cuma BK sama perpustakaan. Alasannya sih, biar kalo belajar gak keganggu kelas lain. Tapi kek gitu malah buat gue kudet abis. Gue bahkan gak tahu persis letak kelas lain kalo gak ngurutin atau liat papan di atas pintunya.
Sistem belajar di kelas 12 ini juga semakin dikejar. Gue gak tahu ya kelas lain kek gini juga apa enggak, tapi rasanya bener-bener dituntut buat belajar banget.
Guru selalu masuk pas waktunya. Kan biasanya guru masuk itu bisa molor-molor dikit tuh, harusnya ganti jam pukul 09.30, dia bisa masuk jam 09.40. Nah, di sini tuh kadang belom ada lima menit guru keluar, udah digantiin guru pelajaran baru lagi. Rasanya mau napas itu susah bener, yaampun!
Apalagi matematika peminatan. Udah mencernanya susah, gurunya ngomong cepet banget lagi. Bapaknya yang ngajar, gue yang ngos-ngosan 🤣
Ternyata eh ternyata, bapaknya emang sengaja ngomong cepet. Katanya biar kita mikirnya bisa cepet juga gitu. Gue kira si bapak emang kalo ngajar ngomongnya cepet. Kira-kira kalo di kelas lain gitu juga gak ya?Guru bahasa Indonesia juga rajin. Terlewat rajin malah. Waktu belom ganti jadwal itu, dia kan jam pertama, masuk ke kelas jam 06.45, padahal bel masuk aja jam 07.15. Terus yang telat suruh ngepel sepulang sekolah. Tapi karena sekarang dia gak jam pertama lagi, jadi masuk normal. Kalo aja jadwal tetep sama, terus tiap pelajaran dia ada yang telat, selalu bersih itu kelas🤣
Beberapa guru bilang kalo masuk kelas gue tuh sepi banget. Padahal kalo di kelas lain bisa akrab gitu, kalo gak ya ngobrol gitulah, bercandaan. Sampe guru matematika wajib ngira kita takut. Bukan takut juga sih Bu, tapi emang dari dulu begini. Kalo lagi serius bisa bener-bener diem kek gini.
Oiya, gara-gara dituntut belajar terus kek gini, ada beberapa temen gue yang stress. Bukan gila loh ya, hanya stress. Bahkan ada yang sampe sakit (termasuk gue😅)
Mungkin kaget kali ya? Yang biasanya masih bisa santai-santai, ini dikejar terus. Kalo udah kebiasaan, gue kira gak kek gini lagi.Pemikiran buat lanjut kuliah atau enggak juga jadi pikiran buat gue dan anak kelas. Gue rasa bukan cuma kelas gue, semua kelas 12 juga mikirin itu.
Beberapa temen gue udah mantap sama jurusan dan universitas yang mereka akan masuki. Tapi gak sedikit juga yang masih bingung mau ke mana, dan jurusan apa.
Banyak sosialisasi dari tempat les. Kalo sosialisasi yang khusus dari universitas sih keknya belom ada.
Gue rasa urusan kek gini emang harus disiapkan lebih awal. Gak bisa kalo nunggu nanti-nanti.
******
KAMU SEDANG MEMBACA
This Is My Class
Non-FictionCerita putih abu-abu dengan semua warna-warninya. This is my class and my school...😊 Nb : bahasa non baku.