14: Drifting Away

1.9K 293 18
                                    


Belakangan ini aku ngerasa ada yang salah dari aku sama Hana. Atau mungkin hanya salah satu dari kami yang bertingkah aneh, aku ga tau. Sejak festival sekolah berakhir aku hampir sama sekali gabisa kontak Hana. Setelah aku perform dia udah gaada di backstage. Asumsiku waktu itu dia cuma ngurusin hal yang lain. Tapi masalahnya, sampai keseluruhan acara selesai aku gabisa nemuin dia dimana pun. Padahal dia udah janji mau nonton guest starnya bareng-bareng. Waktu aku nelpon dia untuk ngajak pulang bareng, dia kedengeran sibuk dan bilang kalo masih ada hal yang harus dia selesein dan dia nyuruh aku pulang duluan.

Sejak saat itu, susah buat aku bisa ngobrol sama Hana. Kami udah gapernah pulang bareng. Selalu ada aja alasannya. Entah Hana tiba-tiba ada rapat, atau dia pulang duluan tanpa ngasih tahu aku.

Sebenernya aku gatau apa yang salah.

Malem itu aku udah berencana untuk nyatain perasaanku ke Hana. I've been keeping it for too long. Tapi dengan sikap Hana yang semakin menjauh kayak gini, aku gabisa berbuat apa-apa.

Udah hampir satu bulan kami ga ngontak satu sama lain. Aku udah tau kalo dia tiba-tiba menjauh aku bakal ngerasa kosong, tapi aku gatau kalo rasanya bakal sehampa ini.

Minggu pertama dia bersikap kayak gitu, aku masih bisa chat dia atau telpon dia. Biasanya dia angkat sebentar lalu beralasan sibuk bantu mama dan lain-lain. Chat ku cuma dibalas singkat. Yang biasanya dia bisa jawab 2 kalimat, itu semakin berkurang jadi 1 kalimat, 1 kata, 1 huruf, dan ga dibales sama sekali.

Aku yang awalnya mau ngejar dia buat nanya apa yang salah jadi ikutan memudar. Yang awalnya aku semangat ngechat in dia tiap hari bahkan ngespam, sekarang aku bahkan gabisa mencet tombol send message ke dia. Kalo mau dibahasakan pake quote mbak-mbak di facebook, kita dulu pernah sedekat nadi sebelum sejauh matahari.

Disinilah aku, di depan gerbang sekolah nungguin cewek yang udah berminggu-minggu bikin aku galau gak karuan. Sekolah udah sepi tapi aku tahu dia masih ada di sekolah. Aku udah ga ada niatan buat nyatain perasaan ke dia. Aku cuma pengen tahu apa yang bikin dia jadi ngejauh dan gamau kontak aku sama sekali.

Dia masih lumayan jauh dari gerbang sekolah waktu aku lihat dia. Aku mengubah posisiku yang tadi bersandar di tembok jadi berdiri. Tanganku ada di saku celanaku, gatau kenapa aku grogi lihat Hana lagi. Apa karena kami udah lama ga ngomong satu sama lain?

Orang yang dari tadi kupandangi pun sadar dan segera memutar arah.

"Hana!"

Aku kejar dia terus tarik tangannya. Dia yang namanya disebut hanya menatapku datar, tanpa mengucapkan sepatah kata.

"Na, kamu kenapa sih?"

"Gapapa Jae. Udah balik sana, aku ada yang ketinggalan," ujar Hana sambil ngelepas genggaman tanganku di pergelangan tangannya.

"Na, aku tahu kamu ga ninggalin apa-apa. Aku bukan orang bodoh yang gatau kalo kamu ngejauhin aku."

Hana terdiam dan menghentikan langkahnya.

"Aku gatahu apa yang salah, Na. At least kasih tahu aku, apa yang salah?"

Cuma ngelihat punggungnya aja aku udah tahu kalau dia nahan tangisnya. Tapi terus kenapa? Apa yang bikin dia ngejauh dari aku?

"Kamu gasalah Jae. Aku yang salah."

Aku gangerti apa yang dia omongin. Entah aku yang bodoh atau emang dia ngasih kode yang gabisa dimengerti. Aku jalan dan memposisikan diriku di depan dia.

"Hana, ngomong Na. Aku gatahu lagi apa yang salah. Kalo pun itu salah kamu, salahmu ada dimana juga aku gatahu. Aku gapaham. Aku tersiksa tahu gak sih kamu giniin. Mau sampe kapan?"

Hana mengusap air matanya dengan tangan. Aku merogoh saku celana dan mengambil satu bungkus tissue yang emang selalu aku bawa just in case alergiku tiba-tiba kambuh. Aku taruh tissue itu di tangannya Hana yang barusan dia pake buat ngelap air matanya.

"Masih mau diem? Kita kan udah janji gamau nyimpen apa-apa lagi. Kita temenan udah lama lho, Naa. Masa-"

"Justru karena kita temenan udah lama Jae."

"Hah?"

"Justru aku takut ngerusak hubungan kita sebagai teman kalo aku terus deket sama kamu Jae."

Aku terdiam, berusaha ngerti apa yang barusan keluar dari mulut Hana.

"Gimana sih? Yang jelas dong kalo ngomong gausah kode-kodeannnn."

"Aku tuh suka sama kamu Jae," ujar Hana setengah berteriak.

No. Ini salah.

"Kok jadi kamu sih yang bilang duluan? Harusnya aku yang bilang duluan."

"Kan yang nyuruh ga kode-kodean kamu! Gimana sih?!"

"Alah bodo!"

Kita berdua diam. Aku ngelirik dia yang sepertinya berusaha menahan tawa dan tangis sekaligus. Dan akhirnya kami sama-sama tertawa kecil, gatau deh ngetawain apaan.

"Kita balikannya kok bego gini sih?" kata Hana sambil menepuk-nepuk tissue di pipinya yang basah.

"Abis kamu sih pake ngejauh gajelas. Udah gitu pake nyatain duluan lagi, aku tuh udah rencanain dari lama mau confess ke kamu."

Hana tertawa kecil.

"Lagian ngapain sih kamu malah ngejauh gitu?"

"Aku itu gamau Jae terus jatuh cinta sama kamu. Iya kalo jadian, kalo enggak? Kalo misalnya jadian, terus kalo putus? Emang bisa balik temenan lagi. You're too good to go, Jae."

"Then be my girlfriend and don't let go. As simple as that."

"Gampang banget ngomongnya."

"Kamu itu mikirnya terlalu ke depan, kejauhan. Jadian aja belum udah mikir putus. Jalanin hari ini aja, Na. Gausah muluk mikir besok gimana, minggu depan gimana, bulan depan, tahun depan. Kalo dipikir entar gaada habisnya, percuma, kasihan otak kamu. Lagian, kita baik-baik aja kan sebelum kamu ngejauh?"

"Maaf, aku bego."

"Kelewat bego kamu mah."

Kita berdua diam, canggung.

"Na, kamu belum jawab pertanyaanku."

"Pertanyaan yang mana ya?"

"Ah udah ah capek. No replay button. Besok aja pengulangannya, mau pulang."

"JAEEEEEE, tungguin begooo. Iya iya aku mau, first day ya first day."

Dan dengan cara sebodoh inilah kami akhirnya jadian.

Fragile [DAY6 - Jae]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang