Ditulis oleh Alka_Abiyasa
Halo semua! Aku Alka, salah satu anggota grup 300 days challenge batch 1. Pertama-tama, aku sangat berterima kasih sama kak Ra, sebagai founder grup ini. Karena aku sangat terbantu setelah masuk dan menjadi bagian di dalamnya.
Kemarin, kak Ra sudah bilang masalah konsisten dalam menulis. Jadi kali ini aku akan membicarakan hal lain.
Sedikit perkenalan, sebenarnya aku termasuk--kalau di sini dibilang--newbie. Baru kenal hal-hal tentang kepenulisan. Baru tahu ada hal semacam PUEBI dan tesaurus. Serba 'baru' deh, sebenarnya.
Di grup ini, banyak hal bisa kupelajari. Ada beberapa anggota yang sudah berpengalaman--bahkan ada mau nerbitin buku. Pas banget, malam tadi dia bagi-bagi cerita dan tip tentang pengalamnnya di dunia wattpad. Rasanya seperti ada penyemangat baru.
Kamu tahu, kan, akun di watty (panggilan sayangku buat wattpad) ini enggak sedikit. Bagi yang mau dikenal, harus struggling dengan banyak pengguna watty lain.
Lalu, gimana supaya kita dilirik sama reader?
Kata salah satu sesepuh di sana, yang pasti adalah konsisten. Jangan buat reader-mu menunggu #eeaa.
Iya. Jangan buat dia menunggu ceritamu hingga akhirnya dia pergi karena kamu enggak bisa diharap buat ditunggu. Kan sayang, kalau sudah ada reader setia, tapi karena kitanya suka menunda, kabur tuh reader.
(Di dunia nyata dia sudah digantung doi, ya masa mereka harus digantung juga sama ceritamu :v)
Yang kedua adalah, buat cerita yang rapi dan enak dibaca. Nahh, ini nih. Gimana sih caranya? Belajar, Guys. Inget banget celetukan yang ada di grup kemarin. "Belajar itu enggak ada titiknya."
Paham kan?
Sebenarnya kita sudah sangat dipermudah. PUEBI bisa langsung dibaca online, atau dalam bentuk aplikasi. Tesaurus dan KBBI juga begitu. Dan lagi, di watty ini sangat banyak bertebaran tip menulis. Kalian cuma modal baca, dan niat buat belajar. Cuma itu. Jadi yuk lah, perbaiki ceritamu supaya lebih rapi (duh, cerita sendiri juga belum rapi)
Kemarin juga, ada pembahasan tentang tulis menulis. Bermanfaat banget. Karena grup ini berbasis whatsapp, langsung deh, kubintangin hal-hal yang menurutku penting.
Enggak ada sekat buat orang yang baru di kepenulisan sama yang udah sesepuh. Semua sama dan bisa saling berbagi jika memang lebih berpengalaman. Jadi jangan sampai ada yang ragu ikut cuma karena 'Dia terkenal dan aku hanya hamba sahaya', yaaa :))
Semua orang di sana belajar agar tulisannya menjadi lebih baik. Kita juga bisa mendapat teman baru, yang mungkin satu daerah sama kita. (Aku menemukan satu :3)
Terakhir, kalian bisa kunjungi lapak-lapak kami. List ceritanya ada di postingan sebelumnya, ya. Aku jamin, ceritanya bagus-bagus dan bisalah, jadi penuntun kamu yang baru di dunia kepenulisan.
Itu saja. Jika ada salah pengetikan, atau kata-kata di sini yang menyinggung, aku pribadi meminta maaf :))
Salam hangat,
Alka_Abiyasa
KAMU SEDANG MEMBACA
Diary 300 Days Challenge
SaggisticaHighest rank #6 di non fiction Diary keseruan 300 days challenge. Tantangan menulis minimal satu naskah dalam 300 hari. Angkatan 1 : 1 Februari-27 November 2019. Angkatan 2 : 1 Mei 2019-24 Februari 2020 Angkatan 3 : 17 Juli 2019-12 Mei 2020