Jangan takut, jangan takut, petirnya nggak bakal lama.
Sudah hampir sejam adek menggumamkan kalimat itu sambil bersembunyi dibalik selimut tebalnya. Malam itu diluar sedang hujan sangat deras berteman petir yang menyeramkan. Tahu artinya apa? Artinya Adek ketakutan karena petir adalah musuh utamanya di dunia ini setelah kecoa dan setan. Ini sudah bukan rahasia lagi, adek bisa sampai mengumpat di balik tirai, di bawah meja atau sekedar lari-lari panik nggak mau diam di dalam rumah kalau di luar petir gonjang-ganjing nggak tahu kapan berhentinya.
Dan malam itu adek merasa dua kali lebih apes bin sial, mama lagi lembur, abang juga belum pulang, gue sendirian di rumah dengan sangat malang. Iya, jangan kaget kalau adek sebenernya cemen, kata abang juga adek itu badan doang yang gede, nyalinya mah satu ukuran sama biji kacang ijo. Mending juga abang yang kecil-kecil juga nyalinya kecil. Lho?! Apa bedanya?! Ya jelas beda lah! Kalau abang itu no tipu-tipu club. Kecil ya kecil aja semuanya.
Nggak deh, itunya.
Gajinya, maksudnya.
HAAAAAH anjir kok ya jadi mikirin si abang?! Adek lagi ketakutan sempat-sempatnya memikirkan abang yang bagi dia adalah jagoan (walapaun serba kecil) buat adek abang tetap yang terhebat karena dia nggak takut sama yang namanya petir dan kilat. Masih segar diingatan waktu masih kecil dulu abang sempat keluar balkon rumah terus menantang petir sambil bilang: "Kalo berani maju sini jangan keroyokan sama teriak-teriak gitu!" lengkap dengan kuda-kuda silat dan kelihatan kayak nggak ada takut-takutnya. Semua itu abang lakukan biar adek berhenti nangis dan nggak takut lagi sama petir. Nih sama abang aja petirnya dilawan, masa kamu nggak berani?
Nggak, bang, maaf-maaf aja nih. Kena sekali aja bisa angus adek, bang. Sampai sekarang adek masih nggak habis pikir, abang itu jiwa kepahlawanannya emang nggak ada duanya, deh. Tapi ya nggak gitu-gitu juga ya. Kan kalau kesamber mah yang repot siapa?! Tapi, lagi-lagi, walaupun banyak bingungnya, adek tetap sayang banget sama abang. Ya namanya udah sayang dan cinta, kadang yang bego-bego juga keliatannya keren aja. Apalagi ini abang, sesosok kakak pertama yang berada di garda utama pertahanan KTM alias Keluarga Mamah Tercinta. Abang selalu memastikan semuanya aman terkendali dan bebas hambatan seperti yang dia lakukan malam ini saat petir sedang asik berisik diatas sana.
Sesekali abang mencondongkan badannya ke setir mobil, mengintip dari kaca depan kilatan terang yang menghiasi langit gelap. Adek pasti lagi ngumpet nih dirumah, begitu pikirnya sambil menopang dagu diatas setirnya.
Iya bang, adek lagi ngumpet nih di rumah! Haus lagi. Ini beneran haus pengin minum air putih, bukan haus kasih sayang kepengin diperhatiin seseorang nun jauh di sana. Halah, bisa-bisanya lagi galau ditengah panik begini, dek.
Gue harus memberanikan diri! Semangat adek pada dirinya sendiri sambil keluar dari tempat mengumpatnya dan terperanjak kaget saat hpnya tiba-tiba berdering menampilkan nama Abang di layarnya.
"Halo, dek?"
"Ya, bang?"
"Gimana di rumah?"
Adek nyengir lebar. Sekian tahun telah berlalu, umur udah sama-sama nambah tua, tapi abang sama sekali nggak berubah. Dia tetep kepikiran adek takut petir dan khawatir kalau di rumah adek kenapa-kenapa. Ya walaupun separah-parahnya juga paling tidur di lemari mama kayak waktu umur enam tahun dulu.
"Abang khawatir ya, bang?"
"Menurut looo?!"
Adek ketawa, hahahaha gitu. Abis itu kualat dikagetin petir.
"Nah kan, makanya jangan durhaka sama abang. Orang lagi bener ditanya malah bercanda." Tandas abang yang bersyukur ada petir.
"Nggak bercanda juga, bang. Tadi kan nanya, abang khawatir ya sama adek? Gitu. Tenang aja, nggak usah dijawab. Adek tau kok, abang khawatir."
Abang nggak membalas dengan kata-kata, cukup hmm yang panjang.
"Jadi, apakah abang tau gimana caranya mengusir kekhawatiran?! Beli makanan!" Semangat si adek yang udah lupa sama petir, sekarang ingetnya sama perut. "Abang masih dimana, bang? Beli makanan dong, bang. Mama belum pulang."
"Tadi abang telfon buat nanya kabar doang, takutnya pingsan taunya lapar! Nyesel nelfon kalo gini caranya."
"Jangan gitu bang, ah, sebenernya abang dalem hati lagi bersyukur kan pasti adek baik-baik aja di rumah?"
Ya iya juga sih, kan kalo sampe kenapa-kenapa, nanti siapa yang ramein rumah?!
"Karena lo adek gue, dan kalo ada apa-apa sama lo, dek, abang yang repot. Dan sedih."
HAHAHAHA satu reaksi lagi untuk abang, namanya 'cieh reaction'. Digunakan saat si dingin abang mengungkapkan perasaan yang sebelumnya disimpan di lubuk hati terdalam.
"Nggak usah ngomong cieh, abang batalin nih niat beli makanannya!"
HAHAHAHA lagi. Tau aja abang adek mau cieh-in biar merah mukanya kayak udang asem manis.
"Iya engga. Beli makanannya double ya bang, kan udah jadi adek yang baik nih–"
"Dan merepotkan." Sela abang yang membuat adek cemberut di kamarnya. "Tapi nggak apa-apa. That's what brothers are for, untuk direpotkan dan merepotkan."
"CIEH." Tanggap adek seraya menjauhkan hpnya dari telinga, udah yakin pasti abang ngamuk setelahnya.
"Yeee sengaja lo ya!" Bener kan, nyolot.
Adek malah cengengesan, hehehe gitu. Nggak apa-apa dimarahin yang penting adek tau semarah-marahnya abang, dia bakal tetep sayang. "Ya udah, bang, ati-ati di jalan. Cepet sampe rumah ya. Adek butuh perlindungan abang."
Abang terkekeh di ujung sambungan telfon, "Bahasa lo, dek."
"Karena tanpa abang, adek bukan apa-apa." Lanjut adek yang serius bak pujangga.
"Melainkan..."
"Hanya adik itik yang sebatang kara."
Tanpa buang waktu adek langsung tutup telfonnya, karena di ujung sana ada yang marah-marah:
"JADI MAKSUD LO ABANG KAYAK ITIK, HAH?!"
***
hi aku udah pernah tanya di twitter kl bisa request cerita abang adek mau ttg apaa, trs aku lupa bbrp reqnyaa! yg inget cuma sedikit. jd kalo ada mau lg yg req bole komen disini yaa, utk update abang adek berikutnya, ku penuhin dl req2 dr temen temen semuaa. trimakasyi❤️
KAMU SEDANG MEMBACA
cerita abang adek
Fanfictionkumpulan cerita bebas dari abang dan adik. bebas ya. jadi kalau suatu saat nanti ada yang cerita tentang betapa gemasnya chelsea islan jangan kesal. dan perhatian perhatian, buku ini lagi lagi bebas dalam artian ngga ada jadwal update dan plot yang...