007 - mengenal alita

1.3K 322 9
                                    

Abang Egi

Judulnya: Mengenal Alita Imani dari sudut pandang Egi.

Percaya nggak kalau gue melakukan mediasi sampe delapan kali sama Alita karena gue nggak nyangka dia mau-mauan jadi pacar si adek. Alita sampe bosen kali setiap lagi main ke rumah dan yang selalu gue tanyain adalah "Dek, nggak mau cari yang lain aja?"

Adek gue itu cakep, banget malah untuk ukuran laki-laki seumuran dia yang biasanya dekil banget abis main futsal juga nggak pernah mandi. Tetra nggak gitu. Walaupun ya anaknya sama-sama males mandi apalagi kalo hari libur, tapi ya dia tetap adek yang cakep. Dia tetep Tetra yang di Line nya banyak chat-chat basa-basi dari adek tingkat atau seangkatan dia yang lagi nyoba deketin. Kadang gue pengen bales chatnya dan bongkar aja kelakuan busuk adek sehari-hari. Isengnya, pemalasnya dan kadang kebodohannya juga.

Kemudian gue dapet kabar, "Bang, adek udah jadian dong sama Alit."

Kaget iya, mengasihani Alita juga iya. Sekarang gue sadar letak salahnya dimana, ternyata bukan adek gue. Kalo dia emang udah salah terus. Yang salah itu ternyata selera Alita yang mentok di Tetra. Gue sempet ngobrol sama Alit, apa sih yang bikin dia mau sama adek dan jawabannya sederhana banget.

"Soalnya Tetra nggak pernah nuntut apapun dari aku, bang."

Lalu gue dapet cerita kalo adek nggak pernah berharap jawaban ya dari Alita. Ditambah "Yang penting adek udah ada buat dia bang, kapan pun kalo dia butuh ya adek ada. Kan action speaks volume katanya. Jadi diterima atau nggak, adek tulus mau ada buat dia aja. Nah kan akhirnya jodoh emang nggak kemana."

Segitu aja jawaban dari adek-adek ini yang cukup menyentil diri gue sendiri. Tapi ya udah lah, urusan perasaan gue ntar lagi aja. Nggak penting juga.

Kembali lagi aja ke Alita. Anaknya cantik. Tapi apa lah fisik ya kalo pada akhirnya yang membuat kita nyaman itu kepribadian dia. Gue suka Alita karena dia sabar ngadepin adek yang seringnya nggak jelas. Alita juga baik, ramah sama orang, sopan sama orang tua. Gila, gue ngomong begini udah bapak-bapak banget belum, ya? Rasanya kayak lagi ngecek bibit bebet bobot pasangan anak gue sendiri.

"Abang jangan suka mengagung-agungkan Alit. Dia juga banyak kurangnya."

"Apaan contohnya?"

"Kurang berdoa kalo mau makan, bang. Gila itu anak makannya banyak banget. Abang liat pipinya udah kayak balon angin begitu. Nggak seimbang sama badannya yang kayak tiang upacara bendera."

Alita emang sedikit tembem, tapi lucu aja. Apalagi kalo si adek lagi nyubit pipi Alit terus digiring. Lo tau kan tuh cubitan yang sampe ditarik terus gitu sambil jalan. Kadang gue kasian, tapi kalo lagi bales-balesan gue seneng liatnya. Mereka kadang nggak akur kaya kucing sama anjing, semakin sering ribut dan nyiksa satu sama lain malah semakin gemesin. Ntar tiba-tiba salah satunya ngambek, musuhan, nggak ngobrol dua hari. Tapi walau hubungan mereka kesannya kayak bercanda, mereka kalo ditanya serius apa nggak ya jawabannya serius. Bukan serius yang mau nikah bulan depan juga, tapi serius untuk nggak saling nyakitin, serius untuk terbuka kalo ada masalah dan serius untuk nggak mainin perasaan. Lucu ya, yang nggak lucu itu gue kadang ada aja sirik-siriknya sama mereka. Gemes gitu. Kangen gue sama yang gemes-gemes.

Balik lagi ke Alita deh, tadi gue udah jelasin apa aja sampe lupa. Pokoknya, kalau pun dia bukan pacar adek, gue mau kok punya adek lagi, cewek kaya Alita ini. Sebenernya dari dulu gue emang pengen punya adek cewek, apalagi setelah ada Tetra. Pusing ternyata punya adek cowok. Gue pengen rasain aja gimana rasanya punya adek cewek yang katanya perhatian dan manja itu. Tapi bagian manja sih nggak usah adek cewek, si adek aja manjanya minta ampun apalagi sama mama. Apalagi kalo lagi ada yang dipengen. Satu lagi, kalo lagi sakit. Tapi sekarang udah agak berkurang, soalnya mama punya senjata andalan setiap adek mulai ngeluh ini itu. Begini ancamannya: "Gimana mau jadi suami Alit kalo masuk angin aja laganya udah kayak sakit perlu opname." Selesai udah, sehat lagi si adek.

Kalo ikut bahasa jaman sekarang, adek itu bucin banget ke Alit. Tampangnya sih kayak biasa-biasa aja, tapi dalemnya lembek bener. Sama sih kayak gue ke...

"Abang, kemarin Alit ketemu ka Acit loh."

Siang ini gue, adek dan Alit lagi mau makan bareng. Kitanya udah sampe, si adek masih nggak tau dimana. Tadi sih di WhatsApp bilangnya: "Ban adek bocor. Mau benerin dulu. Titip Alit." Nggak usah dia titipin juga gue pasti jaga Alit. Mendingan jaga Alit daripada jaga si adek. Banyak mau dia.

"Di mana dek?"

"Di mall, Acit lagi sama temennya. Katanya nanti kita sekali-kali mesti double date."

Gue ketawa. Gila kali si Acit. "Double date kan buat yang sama-sama pacaran, dek."

"Loh emang abang sama kak Acit nggak pacaran?"

"Enggak. Cuma temenan."

"Masa sih, bang? Orang kemaren Alit denger temennya kak Acit becandain dia tentang abang."

Begini mungkin rasanya punya adik perempuan. Bawel tapi mau marahin juga nggak punya hati. Kalau sama si adek beda lagi, dia kepo dikit gue sleding. Kalau Alita, gue malah jadi nggak enak liat wajahnya yang tiba-tiba cemberut. Benar kata si adek, Alita ini akan jauh lebih menggemaskan ketika dia bete. Pantes si adek hobi banget bikin ini Alit bete.

"Abang, abang serius dong emang nggak pacaran?" Katanya lagi.

"Enggak dek, temenan."

Alit mengangguk-angguk, "Kalo gitu, Alit comblangin mau ya?"

Satu lagi yang benar tentang Alita. Kata adek, Alit itu peka. "Abang sebenernya suka kan sama kak Acit?"

cerita abang adekTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang