004 - waktu abang ngenes

2.6K 415 19
                                    

Tipikal malam minggu adek itu ya dirumah kalau Alit, pacarnya, lagi nggak bisa diajak jalan atau diapelin kerumah. Abang udah pasti nggak ada. Pacaran? Bukan. Biasanya nongkrong, atau udah paling ngenes ya kalau ketemu sahabatnya, panggil saja dia Acit. Nama aslinya sih Astrid. Nama panggil Acit itu pemberian abang seorang, yang akhirnya dipakai juga sama mama dan adek.

Mama udah menganggap Acit kayak anak sendiri. Begitupula Acit yang sayang keluarga Egi udah kayak ke keluarga sendiri. Kata Acit, pokoknya keluarga lo Gi yang bakal gue beliin oleh-oleh kalo gue lagi jalan-jalan. Keluarga lo juga yang gue doain kalau gue umroh.

Kalau ditanya sejak kapan Egi mulai menyimpan rasa ke Acit, jawabannya nggak tau. Semuanya mengalir begitu saja kaya air dari hulu ke hilir kalau kata adek. Lucunya, dulu sebelum Egi sadar sendiri kalau dia naksir Acit, adek duluan yang sadar akan hal yang terbukti dan terpampang nyata tersebut.

"Sok tau lo. Gue nggak naksir Acit kok."

"Alah, terus kenapa abang bahagia banget pas Acit putus sama cowoknya?"

Skakmat.

"Bahagia gimana? Gue biasa aja."

"Bang, duh, adek tuh tau kali mana biasa aja mana senyum-senyum pas Acit chat abang dan bilang 'Harusnya gue dengerin kata lo, Gi.'"

"Lo baca chat gue?!"

Adek cengengesan sambil pasang badan karena tau sebentar lagi pasti ditimpuk bantal, "Ada perbedaan antara baca dan kebaca, bang. Yang satu sengaja, yang satu nggak sengaja alias keliatan selewat. Nah adek yang kedua. Sumpeh ane jujur."

Walau ada pembelaan, tapi bantal tetap melayang.

Malam minggu ini damai. Setidaknya untuk adek yang lagi ngedit bab empat ditemani iringan music Payung Teduh yang plis jangan ada Akad diantara kita. Ditambah barusan banget Alit telfon, adem hati adek.

Ditengah-tengah kerinduan akan neng Alit ini, adek kaget pas denger abang udah dirumah. Si anak pertama itu udah ada dibawah lagi ngobrol sama mama. Adek udah hampir nanya bawa martabak nggak?! Tapi keburu dijawab duluan, kang martabak udah pada tutup!

Tapi gue tau itu bohong sih, pasalnya ini masih jam sepuluh malam masih ada tukang martabak yang buka. Inimah abang aja lagi nggak enak hatinya...

Oh sebentar, abang lagi galau!

Buru-buru adek kebawah, dan menemukan abang lagi duduk senderan ke sofa, sama mama disampingnya lagi makan mi goreng.

Oke jadi untuk adek malam ini ada dua misi. Satu, nanya abang kenapa. Dua, ngambil piring mi goreng dari tangan sekutu. Lumayan.

"Bang kok udah pulang jam segini?"

"Gue bukan anak malam."

Adek mengangguk, lalu duduk disamping mama. Jadi yang tercantik dirumah itu duduk diapit kedua putranya yang super.

"Mah, itu apa?"

"Mi goreng lah, enak tau dek mama tambahin bumbunya. Cobain deh."

Yah, sekutu menyerah begini mah gampang banget adek menguasainya.

"Boleh!" Jawab si adek girang. Lalu mama balik fokus ke abang.

"Acit dimana, bang?"

Nama Acit disebut, abang langsung tegang sedikit. Bukan tegang gimana ya ini maksudnya dia langsung panik. Benar kan dugaanku pasti dia lagi galau gara-gara Acit.

cerita abang adekTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang