siang ini gue dan teh lisa bakal ke bandara nganterin mama dan oma yang berangkat liburan ke jepang.
gak deng, mama doang yang liburan, oma malah pindah kesana katanya. sombong banget emang nenek gue.
semenjak tau kak hoshi udah netap di jepang karena pekerjaannya, oma ngotot mau pindah. makanya mama gue sibuk banget ngurus perpindahan oma berujung rapat orang tua kadang mama minta wakilin ke mamanya lucas.
iya, lucas yang demen teriak-teriak gak jelas, yang tiba-tiba kesurupan kalo disuruh ngerjain ekonomi akuntansi didepan.
singkatnya, lucas itu temen sd gue, ketemu lagi pas smp, dan ketemu lagi lagi disma.
eneg gak lo kalo jadi gue?
gak sih, b aja. lonya aja yang berlebihanㅡ fansnya lucas.
karena terlalu asyik ngegibahin lucas, gue baru sadar ternyata mama sama oma udah siap pake banget dengan koper dan juga tasnya. raut wajah mereka bahagia banget, sedangkan gue dan teh lisa dari tadi cemberut mulu gak diajak ke jepang.
gue paham sih kenapa mama sampe segitu senengnya, karena papa ada disana dan selama ini papa jarang pulang karena pekerjaan. mama emang ldran sama papa.
kalo oma, itu emang negara kelahirannya. dari kecil tinggal disana, lalu papa dan mama nikah, oma ikut tinggal disini. meskipun setahun sekali kudu wajib harus banget pulkam, tapi tetep aja yang namanya rumah sendiri pasti bakalan kangen lagi.
"curang amat sih. kan bisa nunggu teteh sama adek libur, ma" keluh teh lisa, mukanya ditekuk-tekuk.
"ya, gakpapa dong, sayang. kamu gak seneng banget sih ngeliat mamanya bahagia"
"iya, bahagia, iya" ledek teh lisa sambil naik ke lantai atas lagi.
"loh ngapain neng ke atas lagi?"
"konci mobil ketinggalan"
mama geleng-gelengin kepala, "hedeh, untung aja itu hidungnya nempel. kalo enggak, hidung juga ketinggalan tuh"
gue sendiri masih makanin salad buah yang teh lisa buat kemaren sore. entah ini efek lapar, doyan, atau gue yang kesel gak diajak ke jepang sama mama dan juga oma, jadi gue udah nambah hampir 4 kali.
"ASSALAMULAIKUM!"
mama berdiri dari sofa, ngeliat siapa tamunya. "waalaikumsalam. eh, si ganteng. ada apa nih?"
"loh, tante rapi banget mau kemana?"
"mau liburan dong"
"lilyana ikut?"
mama menggeleng, "kan udah kelas 12, dirumah aja. kalo pengen liat jepang nanti tante ajak video call"
"HAHAHA, tante bisa aja"
"bisa dong"
jarak dapur dan pintu depan gak jauh-jauh amat mengingat rumah gue gak besar-besar amat, jadi bisa denger mama ngobrol dengan jelas bareng mark lee depan pintu.
"pamali kali, ma, ngobrol depan pintu" tegur gue.
mama senyum jail, "bilang aja mau ngeliat mukanya mark lee"
"UHUKㅡ"
BHABIK
GUE KESELEK!
"ayo, ganteng, masuk masuk!"
setelah mempersilahkan mark masuk, mereka berdua kembali ngobrol yang intinya mark nanya berapa lama mama berada di jepang.
"mau mark anterin gak, tan? mark bawa mobil kok"
"ah, gak usah. ada lisㅡ"
"IYA, BAGUS. LU AJA YANG ANTERIN YA, MARK!" teriak teh lisa yang ternyata udah ada didepan dispenser.
gue agak sedikit tersentak, "bangsat jangan teriak, hobi banget ngagetin adeknya"
"gua lagi kesel ya!"
cih, alay banget heran.
akhirnya mama setuju dengan tawaran mark. setelahnya cowok itu angkatin barang bawaan mama dan oma ke bagasi mobilnya.
dimobil, gue duduk ditengah bareng mama dan juga teteh. mark sendiri dikursi pengemudi dan oma disebelahnya. posisi gue ada dikanan, tepat belakangnya mark lee.
"mark punya kampung halaman juga?"
"punya, tante. biasanya tiap libur sekolah, mark sama abang bakalan balik ke kanada"
"loh, mark bule?"
"ya... begitulah" katanya sambil terkekeh, "tapi untuk sekarang mama sama papa sih yang paling sering main kesini"
"oh, jadi gak tinggal bareng mama dan papanya ya, mark?"
cowok itu ngangguk, "disini berdua aja, tante, sama abang."
"abangnya kerja atau kuliah?"
"kerja, tante, punya studio gitu. studio foto, studio dance, studio musikㅡ hampir lengkap pokoknya"
"ih, enak dong??" mark nyengir, "emang setelah lulus mark mau kerja atau kuliah?"
"kerja juga, tante, kaya abang. jadi kalo mau kemana-mana gak mikirin uangnya dari siapa, gak merasa bersalah juga ngehamburin duitnya orang tua. kan udah kerja sendiri"
mama malah nepuk pundak gue dan teh lisa secara bergantian, "bagus tuh si mark! dicontoh!" teh lisa mendecak, gue sendiri cuma hm doang kaya nisa sabyan. "kerjanya dimana nih kalo tante boleh tau?"
"ditempat yang sama kaya abang, tante. kan yang punya studionya abangnya mark sendiri"
HIH SOMBONG
"ih, enak tuh!" mama nepuk-nepuk lengan mark, "bangga ya punya anak kaya mark lee ya, oma. udah ada gitu gambaran untuk masa depannya"
"jadi mama gak bangga nih punya anak kaya teteh sama adek?"
"dikit, dikit aja. kalian kalo disuruh-suruh sih jawabnya ENTAR YA, MAH! kesel tau"
yEeeeU.
"eh eh, mark"
"iya, tante?"
"kantor kakak kamu butuh office girl gak?"
teh lisa nengok cepet, "mama mau kerja?" yang kemudian dijawab gelengan cepet juga oleh mama.
"mama apaan sih, nanya-nanyain mark mulu" kata gue akhirnya.
"ih, biarin. mark juga gak protes tuh ditanya-tanyain mamaㅡ yakan, mark?" mark nyengir doang, takut ngejawab.
karena sampe dia ngejawab, gue tabok nih. gue kan ada dibelakangnya pas.
"emangnya kenapa, tante?"
"nih, ini nih, tante mau suruh kerja anak tante yang masih bingung lanjut kemana setelah lulus"
MAKSUD MAMA, GUE????
ㅡㅡㅡㅡ
percayalah guys, apa yang gua tulis disini beneran. mama gua emang seperti ituㅡ jail, suka ngeledekin, mojokin gua juga iyaㅡ kaya temen sendiri pokoknya.
KAMU SEDANG MEMBACA
look, mark lee. ✔️
Fanfiction[bahasa ㅡ au] eyes tell more than words could ever say. ©jeno-ly, 2019.