Gue sama sekali gak nafsu buat makan. Entah ada apa hari ini?
"Eh Lel, ga baek lo makanan digituin!" Celetuk Reki pada gue.
"Paan sih Ki, panas tau!" Alibi gue. Gue makan sedikit-sedikit, sampe akhirnya mereka udah selesai dan gue belom juga. Gue memilih buat gak ngabisin, gue merasa gak nafsu banget.
Kita ngelanjutin perjalanan. Jam udah nunjukin pukul 6.46 sore, gak lama keliatan lampu-lampu terang kelap-kelip. Mood gue jadi agak mendingan. Btw kita masih di parkiran. Belom sempet gue nyopot helm gue. Mereka udah pergi duluan termasuk cowok gue. Dia udah duluan bareng sama Cici. Gue jadi pengen pulang, tapi gue harus kuat ngadepin semuanya. Gue taro helm gue sembarang. Dan lari kecil nyusul mereka.
Udara sedikit dingin dan untungnya gue selalu pake jaket kesayangan gue. Gue jalan nikmatin suasana festival. Gue ngerasa kayak sendirian disini. Gue celingak-celinguk tanpa ada yg ngajak gue ngobrol, mereka pada asik sendiri.
Gue ngeliat raut wajah cowok gue, dia kayak bahagia banget bareng Cici. Mereka berdua saling foto. Gue jadi inget waktu itu, kita jalan berdua dan saling foto. Tapi kali ini beda, kayak bukan gue ceweknya. Gue masih diem sampe akhirnya kaki gue udah gak sanggup melangkah. Gue stop dan narik nafas panjang, tanpa sadar air mata gue netes. Mereka udah jauh dari pandangan gue. Gue natap langit kayaknya mau hujan. Gue jalan mundur ngilang di keramaian.
Gue duduk di tangga kelenteng yg penuh dengan lampu kelap-kelip. Gak banyak orang disini. Mereka cuma keluar masuk buat berdo'a aja. Sisanya ke tempat festival yg jelas asiklah. Apapun ada di sana.
Hujan mulai turun dan gue masih duduk di tangga sambil nangis. Gue ngerasa sakit banget. Gue gak tau mereka sadar gak kalo gue ngilang. Atau mungkin mereka gak sadar sama sekali.
"Dek, ngapain kamu disini? Hujan," gue menoleh sama koko-koko yg negor gue.
"Ah iya ko, lagi nunggu ojol!" Jawab gue sambil senyum.
"Oohh, yaudah saya duluan ya!" Koko itu pun pergi masuk ke kelenteng. Gak ada orang lagi disini. Cuma ada gue dan lampu kelap-kelip.
*******
"Wah anjay, perasaan tadi cerah banget deh!" Teriak Reynald, mereka lari-lari kecil buat neduh."Iya ni tiba-tiba ujan. Ga asik banget!" Timpal Nila, "Eh yang, Leli kemana?" Tanya Nila pada Reynald.
"Oh iya ya, kemana tu anak!" Reynald tampak bingung, melihat kanan-kiri mencari Leli.
"Tan!" Panggil Reynald dengan nada rendah, Reynald maju selangkah untuk menyeimbangi Natan. Natan menolehkan wajahnya pada Reynald.
"Leli kemana?"
Natan melihat ke sekeliling seperti mencari Leli.
"Paling beli permen atau gak mainan lucu!" Ucap natan santai, dia tau pacarnya itu pasti membeli dua hal itu setiap pergi ke festival.
"Tapi ini ujan," Jawab Reynald. Raut wajah natan berubah kebingungan. "Gue gak nyangka sama lo!" Tambahnya.
"Maksut lo?"
"Iya gue gak nyangka, elo sama sekali enggak perhatiin cewek lo dan lo malah asik sama Cici."
"Emang kenapa sih, gue kan cuma temenan sama Cici!" Balas Natan agak emosi.
"Iya, tapi apa lo gak ngerasa kalo Leli bakal sakit hati? Lo kira cewek gak bakal sedih liat cowoknya malah pantengin cewek laen. Walaupun itu temen." Jelas Reynald, "Dan lo sama sekali gak peduli Leli ngilang pun. Ujan deres pula. Salah gue gak perhatiin sekitar, sampe dia ngilang."
"Yang cowok nya gue apa elu sih?" Ucap Natan jengkel.
"Lo kenapa sih? Lo gak inget dulu lo minta bantuin gue buat cariin dia tempat nginep? Tanda lo sayang sama dia? Gue perhatiin elo dari tadi sibuk sama si Cici! Lo gak sadar kalo Leli nahan. Buat ngabisin makan nya pun dia gak bisa."
"Kok lo perhatian banget sama Leli? Lo suka?" Celetuk Natan jengkel.
"Kita temenan udah lama Tan. Gue gak pernah liat lo gini. Gak pernah gue liat elo nyakitin cewek."
"Kalian ngomongin apasih? Kok bisik-bisik?" Celetuk Cici.
"Gak." Ucap reynald langsung mundur mendekat ke Nila.
"Ehh Tan, nanti foto disana Yuk. Bagus deh kayaknya" Ucap Cici, Natan hanya tersenyum masam sambil mencerna semua ucapan Reynald.