Oke, kali ini aku bakalan bahas tentang sistem pendidikan. Dan omong-omong, aku lagi pengen.
Menurutku, sistem pendidikan di negeri ini masih kurang apa ya ... kurang efektif gitu.
Menurut aku pribadi loh, ya.
1. Kurikulum
Karena saat ini pake K-13, maka aku akan bahas soal itu.Seperti yang kita tahu bahwa K13 lebih memprioritaskan siswa dan guru hanya sebagai penunjang. Maksudku, siswa dituntut supaya lebih kreatif dan mandiri. Lebih dominan menggunakan internet dalam nyari materi pelajaran.
Nah, disini, aku kurang setuju. Kenapa? Uhm, ya, karena aku kesusahan. Iya, susah. Aku tipikal orang yang males ribet dan berpatokan sama hp. Aku lebih pilih buku timbang hp. Dan yah, buku paket K13 materinya lebih sedikit dari kurikulum sebelumnya. Makanya, aku lebih suka buku buku lama yang materinya lengkap.
Emang, sih, nggak mungkin 'kan kalau hanya karena alasanku nggak mau ribet browsing sana-sini, dan kurikulum bakal diubah gitu aja? So pasti enggak.
Tapi, pikir lagi, deh. Hp nggak akan selalu ngasih dampak positif ke penggunanya, walaupun tentang belajar sekalipun.
Gimana kalo anak Indonesia malah jadi kebiasaan patokan sama hp. Apa-apa pegang hp, males baca buku, tinggal browsing, selesai, deh.
Nggak gitu juga kali. Gimana kalo anak zaman sekarang pada malas baca buku? Kan baca buku lebih aman dan nyaman daripada baca lewat hp. Wawasan juga jadi lebih luas.
Eits, tapi bukan berarti aku bilang K13 negatif semua. Enggak. Banyak positifnya, kok, malah.
Ya, salah satunya biar anak Indonesia nggak gaptek.
2. Fullday School
Hehe, kayaknya topik ini selalu aja anget kalo dikalangan pelajar.Ada yang pro dan ada yang kontra.
Tapi, sayangnya kalo masalah ini, aku termasuk tim kontra.
Iya, soalnya, aku sendiri ngerasain jatuh bangun karena fullday school.
Katanya, fullday gak ada PR. Ha ha. Tapi tolong, enggak ada PR juga kenapa tugasnya seabrek gini, huhu.
Kalo menurutku sih, sama aja. Nggak ada bedanya.
Tugas=PR
Pulang sore, dan di rumah kecapekan, tugas numpuk. Mau ngerjain ngantuk. Akhirnya gitu terus. Numpuk-numpuk tugas. Besok kudu bangun pagi lagi, sekolah. Di rumah seraya kayak ... numpang tidur doang.
Duh, malah curhat. Nggak papa lah ya.
Di sekolah juga karena kecapekan, malah jadi ngantuk. (Ini pengalaman pribadi aku sendiri. Aku pernah tidur pulas di kelas selama kira kira 2 jam. Tapi itu waktu jam kosong loh, ya). Nah, kalo murid udah ngantuk, mana bisa nangkep pelajaran dengan baik? Enggak, kan.
Jadi gini, kalo di Jepang itu (aku pernah liat tv) masuk sekolah sekitar jam sembilan kurang. 08.45. Dan siangnya, ada tidur siang bersama gitu. Mantep, kan? Karena orang sana tau, tidur siang bisa nambah kecerdasan otak, dan bikin otak fresh lagi.
Kayaknya segini dulu, deh, soalnya aku lupa mau nulis apa lagi. Kalo ada lagi, di part selanjutnya aku tambahin, deh.
See you~
KAMU SEDANG MEMBACA
Cuap-Cuap Soal Negeri
Random[Random Book] Berisi uneg-uneg di kepalaku yang tak bisa aku ungkapkan secara lisan.