Sebagai anak terakhir. Rasa-rasanya Randy selalu dapet sisa. Entah itu mainan punya abangnya dulu, sampe tinggi badanpun kayaknya dapet sisa. Ya gimana engga. Abangnya punya tinggi yang udah hampir sama kaya Papanya. Kakaknya juga sama. Biarpun ngga beda jauh sama Randy tapi kan lebih tinggi Kakaknya dikit.
Sampe Randy mikir kalo dia itu cuma anak angkat di keluarga Karisma. Oh iya lupa. Satu lagi, kalo diinget-inget nama Randy juga ngga ada unsur bulenya. Sedangkat dua kakaknya ada nama bulenya.
Randy bingung mau tanya siapa lagi tentang jati diri dia yang berbeda sama kedua saudaranya. Kalo tanya Papanya, pasti dijawabnya becanda. Abangnya? Bakalan diledek. Kakaknya? Ngga bakal dapet jawaban yang bener. Mama? Pasti bakalan dijawab
"Randy kan anak terakhir, pastinya ngikut Mama tingginya. Mukanya Randy juga mirip Mama. Soal nama yang ngga ada unsur bulenya? Mama itu malu sama sekolah kamu nanti. Kamu keturunan bule tapi kelakuannya sama kaya 2 kakak kamu. Terlalu desa banget ngga menunjukkan anak bule."
Dan weekend ini, Chandra mau ngajakin anak-anaknya ke Panti Asuhan yang biasa dikunjungi Chandra buat bakti sosial. Kali ini anak-anaknya mau ngikut karena di ancam uang jajannya dikurangin.
"Ih, Papa mahh aturan jangan hari minggu ke pantinya. Abang tuh capek baru pulang malmingan tadi jam 3." lapor Jackson
"Siapa suruh pulang jam 3. Itu kamu malmingan apa ngeronda sih? Heran Mama tuh. Padahal Lucy juga semalem nginep dirumah. Malah kamunya main sama temen-temen kamu." kata Wendy
"Ya gimana atuh Mam. Jackson udah janjian dari hari senin sama temen-temen. Mama juga sih ngga konfirmasi ulang sama Jack kalo Lucy mau nginep." jawab Jackson
"Konfirmasi ulang. Lo kira daftar SNMPTN pake konfirmasi ulang!" celetuk Aurel
"Hih!! Brisik!! Randy ngga bisa tidur!!!" kata Randy
Sepanjang perjalanan. Jackson sama Aurel ngga absen buat ngejahilin Randy. Soalnya sekarang Randy lagi badmood jadinya kalo Randy badmood terus diisengin jadi lucu. Katanya mukanya mirip Papa Chandra kalo ngambek.
Chandra sama Wendy yang liat anak-anaknya ngejahilin si bungsu cuma ikutan ketawa. Ngga tega liatnya sih, tapi Randy sekali-kali harus gentian di bully biar ngerasain gimana rasanya terbully. Soalnya selama ini cuma Randy yang ngebully orang-orang rumah.
***
Sampai di panti asuhan. Keluarga Karisma udah ditunggu-tunggu kedatangannya sama warga panti. Banyak anak-anak kecil yang nunggu kedatangan Jackson sama Aurel buat diajarin bahasa asing. Kira-kira ada yang nunggu Randy ngga? Ya ada jelas... Namanya Nana.
Nana itu sosok gadis cantik yang udah lama jadi penghuni panti asuhan yang sering didatengin sama keluarga Karisma. Awal kenalan, Nana itu sinis banget ke Randy. Menurut Nana, Randy itu ngga tau sopan santun. Kalo ngomong suka ngga di filter dulu. Jadinya awal-awal dia deketnya sama Aurel. Nana juga seumuran sama Randy. Cuma, Nana beda sekolah sama Randy.
Sekarang, Randy sama Nana lagi di halaman depan sambil liatin anak-anak kecil mainan sama kedua kakak Randy. Papa Chandra lagi ngobrol sama pemilik panti. Kalo Mama Wendy lagi gendong-gendong anak bayi yang kurang beruntung ditinggal sama orang tuanya di panti asuhan itu.
"Masih ngerasa beda sama kedua saudara kamu?" tanya Nana tiba-tiba
"Mmm... Ya gitu deh.." jawab Randy
"Kamu beruntung Ran, punya keluarga utuh yang sayang sama kamu. Beda sama aku dan anak-anak panti lainnya. Kita semua pengen kasih sayang dari orang tua. Beruntung ada Pak Chandra sama Bu Wendy yang sukarela bantuin bunda." kata Nana
"Tapi, Na... Gue ngerasa kalo gue bukan dari bagian mereka. Apalagi si Abang sering banget ngeledek kalo gue bukan anak Mama sama Papa.."
"Itu wajar.. Karena kamu sering ngejailin kakak-kakak kamu. Jadi mereka bales dendam. Salah sendiri punya muka imut kalo lagi ngambek.."
KAMU SEDANG MEMBACA
Keluarga Super
Short StoryCuma cerita kesehariannya anak-anak Genk Jaga Mama yang dulu masih imut-imut sekarang amit-amit bikin kesel orang tuanya terus tiap hari