Eps. 03 NASI

3.6K 53 2
                                    

Hari ini hujan, gue baru aja masak nasi di magic com. Gue lanjut ke ruang keluarga, baca komik. Terus terdengar dari teras orang ngucapin salam. Adek gue baru aja pulang sekolah. Dia abis ikut ekskul basket. Basah dah tuh seragam putih abu-abu, badannya menggigil. Bunda ngeliat keadaan adek gue dan auto ngomel.

"Tuh kan, tadi pagi udah Bunda bilangin, bawak jaket atau jas hujan. Sekarang kan musim pancaroba, tadinya panas kerontang, mungkin siangnya hujan. Tuh kan kejadian. Feeling Bunda gak pernah salah."

"Bunda gak cocok deh jadi Ibu rumah tangga."

"Eh maksud kau? Terus bunda cocoknya jadi apa?" Bunda nyoba menahan kekesalannya.

"Bunda cocoknya kerja di bagian Hubungan Internasional, kek Kedutaan Luar Negeri gitu. Soalnya Bunda paling pinter soal urusan kritik dan saran. Cocok tu, Bunda bisa kasih kritik dan saran akan perdamaian bumi dan dunia, tanpa di kritik balik. Ya kan Bang?" celoteh Marjori sambil minta pendapat gue. Gue berhmm pelan, pertanda masa bodo.

"Eleh si bungsu, diomelin malah ngomel balik. GANTI BAJU SANA, KERINGIN PAKE HANDUK, TERUS CUCI SENDIRI BAJU-BAJU KAU SAMPAI AKHIR HAYAT!" EMAK GUE NGEGAS NJIR... lah gue ngegas jugak sis.

"Iya Bun, ampun. Jangan kunyah anakmu yang manis dan tinggi semampai ini." Si Jori kabur gitu aja. Ninggalin jejak kaki yang basah. Bunda nyengir kesel, gue udah capek-capek ngepel, ini malah kembali kotor penuh dosa. Ah syaland.. batin Bunda mungkin.

Belum sepuluh menit menit gue merasakan ketenangan yang sunyi, tanpa omelan Bunda tanpa teriakan Jori, si Jori teriak dari dapur. Ya elah, gak bisakah hidup gue tenang barang sehari doang? Capek akutuh.

"Bunda...!" teriak Jori dari dapur.

"Oi...!" Bunda nyaut dari teras. Dia lagi ngerumpi sama tetangga.

"Nasi kok belum mateng?" tanya Jori.

"Iya, baru aja dimasak tadi sama Abang kau. Cuma sihir dan keajaiban dunia yang bisa membuat dia langsung matang pas baru nyolokin ke colokan." Bunda nyaut lagi dari teras. Sumpah demi apa adegan sahut-menyahut kek iklan pilus. Kacaaaang..... Telooooorrr... Kacang telur Gardah.

"Harusnya kan bisa sulap dong."

"Apasih gaje," gue yang udah merasa terganggu bales nyautin si Jori.

"Iyaloh bang, Magic com kan artinya sulap nasi. Jadi pastilah benda ini bisa menyulap beras menjadi nasi. Yeah 100 for me!!" Jori menghampiri gue, sambil loncat selebrasi gak jelas.

"Sukak atimu lah dek." no comment.

"Eh Jor, nasi dingin ada tuh di tudung saji. Itu aja kau makan dulu, ntar kelaparan pulak kau, meninggal. Kan gak lucu jadinya." Bunda nyahut lagi dari teras. Bisa multitasking gitu ya Bunda gue. Potong rumput, ngerumpi, nyahutin si anak kampret-- dilakukan secara bersamaan.

"Gak mau lah aku, Bun. Cukup dia aja yang dingin, kalau nasi jangan." Dih malah baper dia njir.

Setiap beberapa menit, si Jori bolak-balek dari ruang keluarga ke dapur, buat ngecek ntu nasi udah mateng apa belum. Balik dari dapur, dia menghela napas panjang. Ganggu banget sumpah.

"Lu kalau laper makan nasi dingin aja dulu sana, ogeb. Udah kek kucing lu, bolak-balek. Masih enak kok, belum basi."

"Kan udah gue bilang, cukup dia aja ya.."

"Yang dingin, kalau nasi jangan. Yayaya sukak atimu, asal jan gangguin gue." gue memotong omongannya sebal.

"Perasaan, akoh gak merasa gangguin siapa pun makhluk ciptaan tuhan di muka bumi ini." Jawab Jori polos. Kalau bukan adek gue satu-satunya, udah gue suguhin kopi sianida nih anak.

Berpuluh-puluh juta tahun kemudian.. eh gak ding.
Dua puluh menit kemudian.

"Woy, itu nasi keknya udah mateng."

"Oke Bang." keknya si Jori udah laper kali. Dia auto ngebut ke dapur. Lalu beberapa saat kemudian...

"OI BAAANG.... BANG BURUAN KE SINI!" si Jori teriak ngegas, bikin gue panik. Gue auto berlari ke dapur, takut terjadi hal-hal yang (tak) diinginkan. Kebakaran misalnya. Bunda btw kemana? Kok gak nampak tanda-tanda kehidupannya lagi?

"Apaan?" tanya gue sesampainya di dapur. Gak ada apa-apa di sana. Aman.

"Nasinya warnanya kok putih?" satu lagi pertanyaan bego dari adek gue.

"Apa maksud lu? Di mana-mana nasi itu warnanya putih, kan asalnya beras putih. Kecuali beras merah ato hitam." jelas gue sekaligus  kebingungan.

"Di mana-mana ya bang, kalau kenak luka bakar tu yang tadinya putih kan jadi merah lebam. Suhu panas dari teknologi yang bernama magic com ini membuat nasi menjadi terluka, kan kasihan. Kan tangan gue dulu pernah kena luka bakar. Jadi gue belajar dari pengalaman. Gue bijak kan?"

"ITU KULIT, KULIT KALAU DIBAKAR YA MERAH LAH. KASUS KITA SEKARANG NASI, WAHAI ADIKKU YANG SANGAT SMART SEKALI. LU BEGONYA UDAH LEVEL BERAPA SIH?" kesel gue. Doi malah nyengir.

Gue meraih tangannya, gue arahin ke kompor.

"Eh lu mau ngapain bang?" tanya Jori kebingungan.

"Mau gua bakar, gue jadiin sate tangan lu nan mulus ini." jawab gue.

"Ah jangan, Bang!! Bun... Tolong anakmu yang malang ini, Abang Riz mau bunuh adek karena cemburu akan ketampanan adek!" si Jori panik, teriak gak jelas. Tau rasa dia!!

************************************

(Ujung Batu, Riau 16 April 2019)

Adikku Gak WarasTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang