٨

224 44 1
                                    

"Wa'alaa alihi washoh bihi ajma'in. Al fatihah."

Akhirnya sholat tarawih sudah berada di penghujung acara. Para jamaah beramai-ramai saling bersalaman satu sama lain guna mengikat tali silaturrahim.

Tak lupa juga Juyeon dan anggota remas lainnya membagikan takjil yang tersisa tadi untuk para jamaah tarawih.

Hari ini gantian Younghoon dan Haknyeon untuk tadarus. Bismillah aja Haknyeon ga kegoda yang namanya makanan buat tadarus nanti. Soalnya kalo tadarus habis tarawih pasti ada takjil sisa meskipun udah dibagiin jamaah. Ramadhan memang bulan
penuh berkah.

"Sampe mana ya?" kata Younghoon membolak-balikkan lembaran Al-Qur'an mencari surat yang terakhir dibaca tadi sore.

Haknyeon mengintip Younghoon, "Coba liat yang ada tandanya, Bang."

"Lu juga ikutan nyari dong, Dul." cibir Younghoon.

Haknyeon mendengus, "Biasa aja kalo manggil."

"Emang nama lu kan Abdullah," ucap Younghoon membela dirinya.

Padahal yah lebih tua Younghoon ketimbang Haknyeon. Tapi kelakuan sama persis jadi heran.

Sunwoo yang ga sengaja kedalam bingung melihat Younghoon dan Haknyeon yang terus membolak-balikkan lembaran Al-Qur'an. Ia pun menghampiri mereka berdua. Penasaran juga, udah 15 menit tadarusnya belum mulai sama sekali. Takut kalo mikrofonnya mati lagi makannya disamperin.

"Ngapain kagak mulai-mulai! Udah seperempat menit juga." Kata Sunwoo.

"Eh, ini sampai mana sih tadarusnya? Kagak ada tanda disini beneran," kata Haknyeon frustasi sambil terus bolak-balik lembaran gregetan.

Younghoon bertanya, "Tadi sore yang tadarus siapa sih?"

"Ih tadi gue, Bang."

Younghoon dan Haknyeon terlanjur capek nyari. Sunwoo dateng-dateng udah hujat tapi ngakunya di ujung. Haknyeon cuma memegang ujung kepala pusing melihat temannya satu ini.

"Juz 27 sekarang. Baca sampe habis kalo bisa," sahut Chanhee yang tiba-tiba nongol sambil mengambil gorengan yang berada di dekat Haknyeon.

"Yeu! Bisanya ngomong aja, ngga bantuin." Omel Younghoon.

Mulai sudah sensitifnya keluar. Sifat Younghoon mudah berubah, kadang jahat terus semuanya dihujat. Kadang juga baik pake banget sampai dipeluk-peluk. Jadi kalo di deketnya coba ngga terlalu baper sama sifatnya itu. Yang pasti bukan bipolar.

Haknyeon pun memulai lebih dahulu tadarusnya. Younghoon yang menyimak bacaanya. Di samping itu, para anggota yang lain sedang berbincang-bincang di luar masjid sambil mengopi. Iya mereka ada yang bawa kopi.

"Eh kalian tadi ngga denger apa ada anak kecil main petasan," kata Hyunjae yang masih kesel sama anak kecil tadi.

"Oh itu anak kecil, Bang? Kukira yang bikin rusuh di tempat wudhu elu, Bang" celetuk Hwall.

Hyunjae menghela nafas panjang, nih anak sukanya replay mulu, "Kan gue udah bilang tadi, Lan. Diulang terus heran deh."

"Iya sih tadi gua denger. Emang tadi mainnya di tempat wudhu, Bang?" Tanya Eric seraya menyeruput kopi miliknya.

Hyunjae menjawab, "Heh ya. Tadi gue sempet batalin sholat, kurang empat rokaat pula. Denger-denger ada suara mercon di deket tempat wudhu. Eh, ada komplotan anak kecil yang main mercon disitu. Yaudah deh gue bubarin tuh anak-anak."

Sangyeon melongo menyimak ucapan Hyunjae. "Terus tadi sempet jewer anak kecil."

Hyunjae terkejut kok Sangyeon bisa tahu. Padahal tadi dirinya sholat di belakang sendiri terus di sampingnya juga orang lain bukan anggota Remas pula. Apa tadi Sangyeon ngintip? Atau mau wudhu ga jadi?

"Lah iya, Bang. Kok bisa tau kalo gue abis jewer anak kecil?"

"Eh itu keponakan gue."

Hyunjae terkejut beserta para anggota yang berkumpul disana. Sangyeon cuma ketawa kecil ga kaya ketawanya Chanhee yang sampe njungkel. Kok bisa ponakannya Sangyeon yang dijewer.

Hyunjae merasa bersalah cuma nyengir.

"Bang gue ngga tau beneran deh. Sori ya, Bang. Beneran sumpah demi Allah ngga tau beneran. Gue kira ya anaknya orang, gue juga dasarannya emosian."

"Nah loh nyadar juga," cibir Sunwoo di sampingnya. Padahal dia juga sama.

Sangyeon tertawa kecil, "Iya-iya tenang kok dimaafin. Makannya tadi kupingnya merah pas ngadu ke gue sampe curhat kalo abis dijewer abang-abang."

"Eh ternyata Hyunjae wkwk," sahut Juyeon sambil tertawa lepas. Lucu sama kelakuan temannya yang konyol itu.

Tiba-tiba Jacob ngomong heboh. Entah apa itu dia ngucap sambil melihat layar handphone miliknya.

"Liat nih Younghoon tadarus dibikin jadi status. Apa dia teh teu nyimak?"

Eric yang ada disampingnya mengintip layar handphone Jacob. "Biar famous itu, Bang. Gua juga bikin snap ah."

"Ah elu mesti ngikutan," seru Hyunjae.

Memang betul sih kata Hyunjae. Eric itu sukanya njiplak kelakuan orang. Tapi dia itu pinter serta kreatif untuk mengekspresikan diri. Ga kaget kalo dia berguru kepada Kevin Sang Seniman dan Sunwoo Sang Nyerocos.

"Biarin deh yang penting dia ikut tadarus terus kagak ada yang salah pas baca," kata Sunwoo bijak.

Chanhee berdehem, "Bijak lu kaya kancil."

"PADE ZAMAN DAHULUU." Sahut Eric secara tiba-tiba.

Semuanya pada heran melihat Eric. Kemudian suasana kembali pada diri mereka masing-masing. Tak terasa mereka berbincang lama, tadarus sudah sampai pada surat Al-Ghasiyah. Mereka semua pun berkumpul di dalam masjid untuk ikut khataman Al-Qur'an.

sider = mens
vomment = pahala

Remaja Masjid +theboyzTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang