1. Baginda selalu diam.
2. Berbicara ketika perlu.
3. Perkataanya fasih, ringkas dan padat.
4. Menghadapkan seluruh tubuhnya jika berbicara dengan seseorang.
5. Hatinya selalu sedih (inginkan umat selalu dalam kebaikan dan terlepas dari azab Allah).
6. Selalu menundukkan pandangan karena tawaduk.
7. Berpikir terus-menerus.
8. Menghargai nikmat sekecil apapun tanpa mencemohnya.
9. Tidak pernah mencela makanan. Apabila suka Baginda akan makan. Jika tidak, ditinggalkan tanpa mencelanya.
10. Tidak pernah marah yang ada kaitan dengan urusan dunia.
11. Marah bukan karena nafsu.
12. Apabila kebenaran dipermainkan, Baginda akan bangkit mempertahankannya.
13. Apabila marah, Baginda akan memalingkan mukanya.
14. Apabila suka, Baginda akan memejamkan matanya.
15. Tidak pernah berkata kotor, berbuat keji dan melampaui batas.
16. Tidak pernah berteriak-teriak di pasar.
17. Tidak pernah membalas kejahatan dengan kejahatan, malah Baginda memaafkan dan berlapang dada.
18. Tangan Baginda tidak pernah memukul selain untuk berjihad dijalan Allah.
19. Apabila menghadapi dua perkara, Baginda memilih yang paling mudah selagi ia bukan dalan perkara maksiat.
20. Dirumah, Baginda adalah manusia biasa yang membasuh pakaian, memerah susu dan membuat sendiri segala keperluan diri.
21. Ketika duduk ataupun berdiri, Baginda selalu berdzikir.
22. Raut wajahnya selalu ceria, kepribadiannya dapat dicontoh dengan mudah, lemah lembut dan ramah.
23. Tidak pernah bersikap keras dan bertindak kasar, berteriak-teriak maupun mencela orang lain.
24. Tiga perkara yang dijauhi: perselisihan, bongkak dan segala yang tidak diperlukan.
25. Tidak pernah mengorek rahasia orang lain.
26. Tidak pernah berbicara kecuali sesuatu yang menjanjikan pahala.
27. Perkataannya memukau siapa pun yang mendengarnya lalu terkagum seolah-olah ada burung melintas diatas kepala mereka.
28. Siapa saja yang melihat Baginda sepintas akan merasa malu dan hormat.
29. Siapa saja yang selalu bergaul dan telah dekat mengenali Baginda, akan menyayanginya sepenuh jiwa raga.
30. Baginda pasti memberi tempat kepada orang lain yang ingin duduk dan tidak membedakan dikalangan meraka.
31. Siapa saja yang meminta sesuatu, pasti akan dipenuhinya atau jika sebaliknya, ditolak dengan tutur kata yang lemah lembut.
32. Tangan Baginda selalu terbuka untuk siapa saja tanpa pilih kasih. Baginda adalah Ayah bagi mereka semuanya.
33. Dimanapun Baginda berada, disitula terpancar cahaya ilmu, sikap malu dan sabar serta amanah.
34. Tidak ada yang berani meninggikan suara di hadapan Baginda karena kewibawaannya.
35. Semua mengakui keutamaannya karena ketakwaannya: menghormati orang tua, menyayangi anak kecil, mengutamakan orang yang ada hajat, menjaga keperluan dan kebaikan orang asing.
36. Tidak memotong percakapan orang lain. Jika ingin memotong, Baginda hentikan dahulu ataupun berdiri.
37. Paling berlapang dada.
38. Paling tepat dalam berbicara.
39. Paling baik kepribadiannya.
40. Paling ramah dan beradab dalam pergaulan dan muamalahnya.
KAMU SEDANG MEMBACA
Biografi Rasulullah ﷺ
Historia CortaBercerita tentang perjalanan kehidupan Nabi Muhammad ﷺ dari lahir sampai wafat. Diambil dari buku biografi lengkap Rasulullah ﷺ oleh DR. Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki