1. Umur 53 tahun
Rasulullah ﷺ berhijrah ke Madinah al-Munawarah, pada hari Senin 8 Rabiulawal dengan ditemani oleh Abu Bakar as-Sidiq dan seorang penunjuk jalan bernama Abdullah bin Uraiqith. Rasulullah ﷺ tinggal sementara waktu dirumah Abu Ayyub al-Ansari sehingga didirikannya masjid Quba, Masjid al-Anwar (masjid baginda sendiri).
* Ummu Anas (ibu Anas bin Malik) menyerahkan anak lelakinya yaitu Anas kepada Rasulullah ﷺ untuk dijadikan pembantu yang mengurus kehidupan Rasulullah sehari-hari, ketika itu Anas masih berumur 10 tahun.
* Rasulullah ﷺ mendirikan sholat Jumaat di Bani Salim ketika perjalanan ke Quba menuju Madinah. Ini adalah sholat Jumaat dan Qutbah pertama Rasulullah ﷺ dalam sejarah islam.
* Adzan disyariatkan.
* Abdullah bin Salam memeluk islam.
* Pada bulan Ramadhan, Rasulullah ﷺ memerintahkan Hamzah bin Abdul Muthalib memimpin 30 orang Muhajirin untuk menghadapi kafilah Quraisy.
* Rasulullah ﷺ melaksanakan puasa Asyura dan menganjurkan orang islam untuk melaksanakannya. Orang Yahudi melakukan puasa itu pada masa Jahiliyah karena sebagai tanda kesyukuran Nabi Musa as yang diselamatkan daripada Firaun. Sebab itulah, Rasulullah ﷺ menganjurkan orang islam untuk melakukannya karena orang islam lebih berhak mengagungkan Nabi Musa sebagai tanda Kesyukuran2. Umur 54 tahun
* Pada 15 bulan Syabaan, kiblat berubah dari Baitul Maqdis (al-Aqsa) menjadi Baitul Haram (Ka'bah).
* Pada bulan tersebut juga diturunkannya perintah untuk berpuasa pada bulan Ramadhan. Diwajibkannya zakat fitrah dan zakat harta, juga disyariatkannya hari raya.
* Terjadinya perang Badr Kubra (perang badar) pada hari jumaat 17 Ramadhan 2 hijriyah yaitu perang penting yang menentukan masa depan umat islam. Rasulullah ﷺ pergi bersama 313 orang tentara perang. Ketika itu tidak ada perbedaan antara panglima perang dengan orang biasa ataupun yang memerintah dengan yang diperintah. Rasulullah ﷺ, Abu Bakar, Umar dan sahabat yang lain juga ikut serta dalam peperangan. Orang kafir Quraisy ketika itu seramai 1000 orang tentara perang atau lebih dengan para pembesarnya. Pada malam hari sebelum perang Allah Taala menurunkan hujan yang menyebabkan kaum musyrikin basah kuyub. Bagi kaum muslimin, hujan adalah rahmat Allah karena tanah menjadi stabil, panah menjadi lembut, kaki menjadi tegap dan hati menjadi teguh.
Allah SWT berfirman:اِذْ يُغَشِّيْكُمُ النُّعَا سَ اَمَنَةً مِّنْهُ وَيُنَزِّلُ عَلَيْكُمْ مِّنَ السَّمَآءِ مَآءً لِّيُطَهِّرَكُمْ بِهٖ وَيُذْهِبَ عَنْكُمْ رِجْزَ الشَّيْطٰنِ وَلِيَرْبِطَ عَلٰى قُلُوْبِكُمْ وَيُثَبِّتَ بِهِ الْاَ قْدَا مَ ۗ
"(Ingatlah), ketika Allah membuat kamu mengantuk untuk memberi ketenteraman dari-Nya, dan Allah menurunkan air (hujan) dari langit kepadamu untuk menyucikan kamu dengan (hujan) itu dan menghilangkan gangguan-gangguan setan dari dirimu dan untuk menguatkan hatimu serta memperteguh telapak kakimu (teguh pendirian)."
(QS. Al-Anfal 8: Ayat 11)
Dan ketika itu Allah Taala menurunkan malaikat sebagai tanda rahmat dan pertolongan daripadaNya. Para malaikat turut berperang menentang tentara musyrikin.
Allah SWT berfirman:اِذْ يُوْحِيْ رَبُّكَ اِلَى الْمَلٰٓئِكَةِ اَنِّيْ مَعَكُمْ فَثَبِّتُوا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا ۗ سَاُ لْقِيْ فِيْ قُلُوْبِ الَّذِيْنَ كَفَرُوا الرُّعْبَ فَا ضْرِبُوْا فَوْقَ الْاَ عْنَا قِ وَا ضْرِبُوْا مِنْهُمْ كُلَّ بَنَا نٍ ۗ
"(Ingatlah), ketika Tuhanmu mewahyukan kepada para malaikat, Sesungguhnya Aku bersama kamu, maka teguhkanlah (pendirian) orang-orang yang telah beriman. Kelak akan Aku berikan rasa ketakutan ke dalam hati orang-orang kafir, maka pukullah di atas leher mereka dan pukullah tiap-tiap ujung jari mereka."
(QS. Al-Anfal 8: Ayat 12)Dan peperangan ini berakhir dengam dimenangi oleh kaum muslimin.
* Ruqqayah binti Muhammad wafat.
* Rasulullah ﷺ mula bersatu dengan Aisyah sebagai pasangan suami istri.
* Pada bulan syawal, Abdullah bin az-Zubair dan Nu'man bin Basyir lahir.
KAMU SEDANG MEMBACA
Biografi Rasulullah ﷺ
Historia CortaBercerita tentang perjalanan kehidupan Nabi Muhammad ﷺ dari lahir sampai wafat. Diambil dari buku biografi lengkap Rasulullah ﷺ oleh DR. Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki