Nabi Muhammad ﷺ
8 Dzulhijjah tahun ke 10 H
di lembah Uranah, Gunung ArafahWahai manusia, dengar baik-baik apa yang akan aku sampaikan. Aku tidak mengetahui apakah aku dapat bertemu lagi dengan kamu semua setelah tahun ini. Oleh karena itu dengar dengan teliti dan sampaikan kepada orang yang tidak hadir pada hari ini.
Wahai manusia, sepertimana kamu menggangap bulan ini dan kota ini sebagai suci, maka anggap jiwa dan setiap harta orang muslim sebagai amanah yang suci. Kembalikan harta yang diamanahkan kepada pemiliknya yang berhak.
Jangan kamu sakiti sesiapapun supaya orang lain tidak menyakiti kamu pula. Ingatlah bahwa sesungguhnya kamu akan menemui Allah, dan Dia pasti akan membuat perhitungan atas segala amalanmu. Oleh itu, awasilah supaya jangan sekali-kali kamu terkeluar dari landasan kebenaran setelah ketiadaanku. Allah telah mengharamkan riba. Oleh karena itu, semua yang berhubungan dengan riba, mulai sekarang dibatalkan.Berwaspadalah kepada syaitan demi keselamatan agama kamu. Dia telah berputus asa menyesatkan kamu dalam perkara-perkara yang besar, maka berjaga-jagalah kamu tidak mengikutinya dalam perkara-perkara kecil.
Wahai manusia, sebagaimana kamu punya hak kepada para istri kamu, mereka juga mempunyai hak kepada kamu. Sekiranya mereka telah menyempurnakan hak mereka atas kamu, maka mereka juga berhak untuk di beri makanan, pakaian dalam suasana kasih sayang. Layani istri-istrimu dengan baik dan berlemah lembutlah kepada mereka karrna sesungguhnya mereka adalah teman dan pembantu kamu yang setia. Hak kamu atas mereka adalah mereka tidak boleh memasukkan orang yang tidak kamu suaki kedalam rumah dan dilarang melakukan zina.
Wahai manusia, dengar sungguh-sungguh kata-kataku ini, sembahlah Allah, dirikan sholat lima waktu sehari, berpuasalah pada bulan Ramadhan dan tunaikan zakat daripada harta kekayaan kamu. Kerjakan ibadah haji sekiranya kamu mampu. Kamu semua adalah sama, tidak ada seorang pun yang lebih mulia daripada yang lainnya kecuali dengan sebab takwa dan beramal sholeh.
Wahai manusia, tidak ada Nabi dan Rasul yang akan datang setelah aku dan tidak akan lahir agama baru. Oleh itu, nilailah dengan benar dan pahamilah Kata-kata yang telah aku sampaikan kepada kamu.
Sesungguhnya aku tinggalkan kepada kamu dua perkara, sekiranya kamu berpegang teguh dan mengikuti kedua-duanya, niscaya kamu tidak akan tersesat selama-lamanya yaitu al-Quran dan sunnahku.
Hendaklah orang yang mendengar ucapanku, menyampaikan kepda orang lain dan hendaklah orang lain itu menyampaikan kepda yang lainnya. Semoga yang terakhir lebih memahami kata-kataku daripada mereka yang mendengar langsung daripadaku. Saksikanlah Ya Allah, bahwa aku telah sampaikan risalahMu kepada hamba-hambaMu.
Jazakillah khoir 😊😇
KAMU SEDANG MEMBACA
Biografi Rasulullah ﷺ
Historia CortaBercerita tentang perjalanan kehidupan Nabi Muhammad ﷺ dari lahir sampai wafat. Diambil dari buku biografi lengkap Rasulullah ﷺ oleh DR. Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki