Sirah Nabawiyah 24; Perang Hunain.
Pada 8 Hijriah, Quraisy Mekah sebagai kekuatan utama berhasil dibebaskan oleh kaum muslimin. Manusia di sekitar Mekah berbondong-bondong masuk ke agama Allah. Di Hunain, yang berdekatan dengan Mekah, kaum Hawazin yang merupakan sekutu dan kekuatan terbesar setelah Quraisy, menyaksikan Qurasy takluk pada Islam. Mereka berupaya untuk memper-tahankan gengsi dan melawan kaum muslimin. Rasulullah kemudian berangkat bersama dua belas ribu pasukan, dua ribu dari mereka adalah kaum Quraisy yang baru masuk Islam. Terjadilah pertempuran di Lembah Hunain pada 10 Syawal tahun 8 Hijriah. Kemenangan diraih kaum muslimin.
Pada akhir Perang Hunain ini, pasukan musyrikin tercerai-berai. Kekuatan mereka hilang. Persatuan mereka terhina. Sebagian dari mereka melarikan diri ke Tha'if, ke Nakhlah, dan ke Authas. Rasulullah saw. mengirimkan pasukan di bawah pimpinan Abu Amir Al Asy'ari untuk melakukan pengejaran ke Authas. Kedua belah pihak terlibat dalam baku peperangan selama beberapa saat hingga akhirnya orang-orang musyrik itu dapat dikalahkan. Dalam pertempuran itu, Abu Amir Al Asy'ary gugur.
Adapun sekelompok penunggang kuda dari pasukan muslimin melakukan pengejaran terhadap pelarian orang-orang musyrik yang menuju arah Nakhlah. Duraid bin Ash Shimmah dapat lainnya ditangkap dan dibunuh oleh Rabi'ah bin Rufai.
Mayoritas pelarian menuju ke arah Tha'if. Nabi saw. sendiri melakukan pengejaran ke sana setelah menghimpun harta rampasan di Hunain.
Harta rampasan yang diperoleh berupa 6.000 orang tawanan, 24.000 unta, 40.000 domba lebih, dan 4.000 uqiyah perak. Rasulullah saw. memerintahkan agar semua tawanan dan harta rampasan itu dikumpul-kan lalu disimpan sementara waktu di ji'ranah. Beliau menunjuk Mas'ud bin Amr Al Ghifari sebagai penanggung jawabnya. Harta rampasan ini tidak dibagikan kecuali sepulang dari Perang Tha'if.
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Analisis Peta 24; Peta Lokasi dan Peristiwa Lembah Hunain.
Hunain adalah nama lembah yang berada di dekat Dzul Majaz, berjarak lebih dari sepuluh mil dari Mekah jika ditempuh melalui Arafah. Kaum muslimin yang baru datang dari Mekah mendapat serangan tiba-tiba dari pasukan musuh Hawazin pimpinan Malik bin Auf yang telah bersiap di Authas, lembah yang terletak dekat Hunain.
Kemudian, kaum muslimin mengejar ke arah utara. Sebagian pasukan muslimin mengejar Hirah hingga ke Lembah Syamiah. Sementara, sebagian yang lain mengejar bani Tsaqif yang lari ke arah Thaif.
🎀🎀🎀🎀
KAMU SEDANG MEMBACA
ATLAS Dakwah Nabi Muhammad SAW (Terbit) ✓
NonfiksiAlhamdulillah, pada kesempatan ini, author berusaha menulis ulang sejarah dari baginda Rasul dalam judul buku : ATLAS Dakwah Rasulullah Muhammad SAW, yang dilengkapi dengan kisah dan analisisnya. Berikut ini materi Pembahasan Secara Umum: ✍ Basmalla...